iden

UPT Perpustakaan UMK Siapkan Akses Ribuan Jurnal Internasional Ke Mahasiswa

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

UMK – Mahasiswa Universitas Muria Kudus (UMK) bisa mengakses ribuan e-journal dan e-book dan karya lain di beberapa lembaga internasional. Untuk memaksimalkannya, UPT perpustakaan UMK melakukan pelatihan agar mahasiswa bisa memanfaatkan secara maksimal fasilitas tersebut.

Kepala UPT Perpustakaan UMK Atiyah Haromain mengatakan, pelatihan dilakukan kepada laboran, baik kepala maupun petugasnya yang mengurusi perpustakaan setiap jurusan. ”Kami harap pelatihan ini bisa meningkatkan pelayanan kepada mahasiswa lebih maksimal lagi, karena memang terus diupdate,” katanya Selasa (12/02/2019).

Dengan pelayanan yang semakin baik tentunya mahasiswa akan lebih mudah mendapatkan apa yang dibutuhkan, terutama mereka yang akan menyelesaikan tugas akhir. Banyak materi yang disampaikan untuk peningkatan pelayanan tersebut.

Materinya antara lain pertama prosedur pelayanan, sirkulasi, anggota, ruang baca, fotoopidan pergerakan. Materi kedua tentang prosedur pelayanan, ruang skripsi, multimedia, repositori, e-journal, dan turnitin.

Materi ketiga tentang pelatihan penelusuran informasi melalui OPAC, e-journal UMK dan e-journal sesuai program studi yang ada di UMK. Materi keempat tentang penelusuran informasi melalui database yang sudah bekerjasama dengan UPT Perpustakaan UMK dan repositori UMK.

Materi kelima tentang pelatihan penelusuran informasi tmelalui database yang sudah bekerjasama dengan Kemenristekdikti dan Perpusnas. ”Jadi kami maksimalkan pelatihan ini agar pelayanan semakin baik,” terangnya.

Untuk e-journal , e-book dan karya lain yang bekerjasama dengan Upt Peprustakaan yakni Gale Virtual Reference Library, Emerald Insight, Ebsco, Cengage Learning, dan Proquest. Setiap fakultas sudah diberikan username dan password agar bisa melakukan akses ke database online tersebut.

Selain itu ada juga e-library USA dan e-resources dari Perpusnas. Untuk internal UMK sendiri juga ada jurnal yang sudah dipublis di website umk.ac.id. ”Harapannya dengan pelatihan ini, pelayanan bisa semakin membaik sesuai kebutuhan mahasiswa,” imbuhnya.(linfokom)