iden

Sebanyak 270 Penegak Ikuti Pelatihan Kebencanaan di UMK

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

UMK – Sebanyak 270 siswa mengikuti pelatihan penanggulangan bencana yang diadakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Racana Muria Whira Shima Universitas Muria Kudus (UMK). Ratusan peserta tersebut nantinya akan mengikuti kegiatan selama empat kali yang diadakan setiap sabtu.

Pada 9 Februari 2019 merupakan awal pelatihan digelar, mereka nantinya akan mendapatkan materi tentang kebencanaan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kudus. Selanjutnya baru dilakukan praktek dengan menggandeng beberapa pihak terkait.

Pembina UKM Racana Wira Shima Sucipto mengatakan,  kegiatan ini diikuti sekitar 270 penggalang dari 31 pangkalan yang ada di Kabupaten Kudus. Dengan pelatihan ini tentunya akan menambah wawasan peserta dalam hal kebencaanaan. ”Kita akan berlatih mengurangi risiko bencana,” katanya saat pembukaan pelatihan di Lapangan Basket UMK kemarin.

Peserta tentu diminta untuks erius dalam mengikuti pelatihan kali ini, karena akan banyak ilmu yang akan didapat. Tidak hanya soal pertolongan saat terajdi bencana, melainkan juga melatih diri untuk penyiapan logistik bagi korban bencana.

Selain belajar tentang faktor bencana dan penangaannya, mereka juga akan mendapatakan materi tentang penyiapan logistik atau makanan. Karena ketika terjadi bencana pasti ada pengungsi, sehingga kebutuhan pengungsi juga harus disiapkan, yakni dengan melatih membuat dan menjalankan dapur umum.

Jangan sampai pengungsi justru terkena kelaparan saat di pengungsian. ”Sehingga banyak hal yang akan dipelajari, semua siswa akan mendapatkan ilmu dan pengalaman baru,” terangnya.

Pihaknya juga meminta agar menikmati semua fasilitas yang sudah disiapkan oleh panitia. Dirinya juga meminta untuk menyampaikan salam dari pimpinan UMK ketika kembali lagi ke sekolah usai pelatihan tersebut.

Ketua UKM Racana Whira Shima UMK Fatkhurrohman mengatakan, untuk kegiatan memang berlangsung seminggu satu kali atau tiap sabtu. Nantinya dalam setiap pertemuan akan membahas hal yang bebeda namun masih terkait.

pertama pengurangan risiko bencana (PRB) Sabtu, 09 februari 2019. Kegiatan kedua masih sama dengan kegiatan pertama, karena memang penyamapiannya butuh waktu lebih lama, namun dilaksanakan pada Sabtu, 16 Februari 2019.

Untuk kegiatan ketiga yakni pelatihan penanganan kebakaran yang akan dilakukan Sabtu, 23 Februari 2019. Terakhir atau keempat yakni pelatihan Dapur Umum yang dilaksanakan pada sabtu, 2 Maret 2019.(linfokom)