iden

Bencana Sering Melanda, Racana UMK Gelar Pelatihan PRB

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

UMK – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Racana Muria Whira Shima Universitas Muria Kudus (UMK) menyelenggarakan kegiatan. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan Latihan Rutin Pengabdian Masyarakat 2019.

Kegiatan berlangsung selama sekitar satu bulan dengan setidaknya empat kegiatan. Untuk peserta berasal dari Pramuka Penegak ke- Kwarscab Kudus, satuan karya (Saka) Se-Kwarcab Kudus dan Pramuka Penegak Umum di luar Kwarcab Kudus. ”Untuk atas nama pribadi juga dipersilahkan jika memang berminat,” kata Salah Satu Panitia Kegiatan Risma Amaliya Fitriani.

Untuk tema, pihaknya mengambil tema ‘Pramuka Sadar Bencana, Siap untuk Selamat’. Dalam pelaksanaannya, pihaknya menggandeng intruktur dari instansi yang memang sangat profesional dalam kebencanaan.

 Empat kegiatan tersebut pertama pengurangan risiko bencana (PRB) Sabtu, 09 februari 2019. Kegiatan kedua masih sama dengan kegiatan pertama, karena memang penyamapiannya butuh waktu lebih lama, namun dilaksanakan pada Sabtu, 16 Februari 2019.

Untuk kegiatan ketiga yakni pelatihan penanganan kebakaran yang akan dilakukan Sabtu, 23 Februari 2019. Terakhir atau keempat yakni pelatihan Dapur Umum yang dilaksanakan pada sabtu, 2 Maret 2019. ”Jika dihitung waktu kegiatan memang ada satu bulan,” terangnya.

Kegiatan ini memang dilaksanakan untuk memberikan pengetahuan pengurangan risiko bencana, terutama bagi pramuka penegak. Apalagi di Kudus memang sering terjadi bencana, terutama saat musim penghujan tiba, bencana banjir dan longsor.

Selain itu, tujuan kegiatan ini juga untuk meningkatkan skill kerelawanan bagi pramuka penegak, memberikan wadah pengembangan minat dan bakat dalam bidang search and rescue. ”Selain itu juga sebagai wadah silaturrahim antara SMA/SMK/MA,” imbuhnya.

Untuk kegiatan tersebut, pihaknya melakukan kerjasama dengan beberapa pihak terkait, seperti Badan Penanggulangan bencana Daerah (BPBD) Kudus, Dinas Sosial Kudus hingga UPT Pemadam Kebakaran Pemkab Kudus dan lainnya.

Sedangkan bagi peserta, selain mendapatkan materi dari narasumber yang kompeten, juga mendapatkan sertifikat. Pihaknya sudah melakukan semua persiapan tersebut dan sudah siap dilaksanakan sesuai jadwal yang sudah ditentukan.(linfokom)