iden

Mapala UMK Tanam Pohon di Pinggir Dua Ruas Jalan

UMK – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mapala Arga Dahana Universitas Muria Kudus (UMK) melakukan penanaman pohon di dua ruas jalan yang dianggap kurang hijau. Tujuannya tak lain untuk penghijauan dan membantu menyerap polusi asap kendaraan.

Ketua UKM Mapala Arga Dahana UMK Lutfi Aditya mengatakan, penanaman pohon yang dilakukan memang untuk penghijauan, tapi memilih menanam di pinggir ruas jalan. ”Karena berfungsi mengurangi polusi juga,” katanya kemarin.

Ada empat jenis tanaman yang ditanam, yakni pohon kupu-kupu, trembesi, saga, dan randu. Untuk trembesi dan randu memang sudah banyak ditemukan dipinggir-pinggir jalan yang ada di Kudus.

Dengan langkah tersebut, pihaknya berharap bisa membantu dalam upaya penghijauan dan pengurangan dampak polusi. ”Kami ingin berkontribusi, tentunya sesuai dengan kapasitas dan kemampuan kami,” terangnya.

Dengan kegiatan tersebut, pihaknya juga berharap agar penghijauan bisa meningkatkan kepedulian masyarakat akan lingkungan, terutama di internal organisasinya. Karena penghijauan harus terus dilakukan.

Selain itu, pihaknya juga melakukan perawatan lubang biopori yang ada di kampus UMK. Lubang biopori yang ada beberapa ada yang kemasukan sampah dan lainnya sehingga fungsinya tidak optimal.

Sehingga perlu dilakukan perawatan lubang biopori agar fungsinya bisa maksimal. Lubang biopori sendiri berfungsi sebagai resapan air ketika terjadi genangan.(linfokom)