iden

Lulus Langsung Bisa Daftar CPNS

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

UMK-Wajah-wajah ceria tampak pada para wisudawan-wisudawati Universitas Muria Kudus (UMK) ke-43, yang dikukuhkan Rabu (28/10) kemarin. Para orang tua dan kerabat yang mendampingi pengukuhan wisuda mereka juga tak kalah cerianya.

Keceriaan mereka kini semakin lengkap. Karena mereka tak perlu menunggu terlalu lama untuk menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS) di lingkungan pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Pasalnya, mulai tanggal 30 Oktober 9 November 2009, secara resmi pendaftaran CPNS dibuka. Mereka pun bebas memilih formasi yang sesuai dengan bidang ilmu yang ditekuni dengan memilih daerah yang dikehendaki, termasuk di sekitar daerah pantura, seperti Kabupaten Kudus, Demak, Jepara, Pati, dan Rembang. Sebab, di daerah tersebut juga membutuhkan ratusan tenaga. (lebih lengkapnya bisa buka cpns.jatengprov.go.id).

Di Kabupaten Kudus sendiri membuka penerimaan CPNS dari pelamar umum berjumlah 244 orang. Jumlah tersebut terbagi atas tenaga guru sebanyak 128 orang, tenaga kesehatan sebanyak 74 orang, dan tenaga teknis sebanyak 42 orang
Sementara di Kabupaten Jepara total membutuhkan 401 CPNS. Jumlah ini terbagi untuk formasi pendidikan/guru sebanyak 221, formasi kesehatan 221 dan formasi teknis administrasi 76.

 

Bagi para lulusan UMK yang ingin mendaftar CPNS, bisa langsung mendaftar lewat online di website di atas dan juga lewat Kantor Pos untuk pengiriman berkas-berkas lamarannya. Pelamar juga mesti berhati-hati. Karena salah sedikit bisa dicoret. Seluruh data maupun persyaratan mesti disertakan dengan lengkap tanpa kecuali. Misalnya untuk urusan stempel, harus basah. Bila diverifikasi diketahui tidak lengkap, maka tidak ada kesempatan mengulang lagi. Tahun lalu masih ada kesempatan karena berkas dikembalikan dan disuruh memperbaiki. Untuk tahun ini hanya ada dua pilihan, memenuhi persyaratan atau tidak memenuhi persyaratan. Pelamar juga mesti berhati-hati dalam mengisi formulir lewat internet karena salah mengisi bisa dicoret dan dianggap gagal.

Selain itu, yang mesti diingat adalah, pelamar tidak boleh memaksakan diri melamar lebih dari satu. Pasalnya, secara otomotis begitu data dan berkas dimasukkan ke sistem komputer yang terpasang, akan ketahuan jika melamar lebih dari satu.

Yang tak kalah pentingnya para pelamar mesti waspada. Karena tak menutup kemungkinan praktik tipu muslihat dari orang-orang yang tak bertanggungjawab yang mengiming-imingi bisa memasukkan secara mudah, juga pasti banyak. Bila menemui hal tersebut jangan mudah percaya. Lebih-lebih dengan meminta imbalan sejumlah uang. Selamat mendaftar, semoga sukses! (Hoery/Miun-Portal)