iden

Siswa Dipinjami Sepeda Agar Tidak Telat

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

UMK Teori dan praktek tentu berbeda. Bila ilmu tidak diaplikasikan maka tidak akan memiliki pengalaman. Inilah salah satu alasan mahasiswa FKIP Universitas Muria Kudus (UMK) mengikuti Praktek Pengajaran Lapangan (PPL) di SMPN 4 Kudus, Selasa (20/10).


Kegiatan PPL tersebut diikuti oleh 14 mahasiswa dengan dosen Pembimbing Rismiyanto, SS, MPd. Rombongan diterima oleh Parijiono, MPd, Kepala sekolah SMPN 4 Kudus yang berlokasi di Ddesa Singocandi Kecamatan Kota, Kudus.

Selama PPL, mahasiswa diberi kesempatan belajar dan mencari pengalaman tentang praktek menjadi guru. Mahasiswa pun dapat melihat kegiatan Belajar dan Mengajar (KBM) dari dekat.

 

Bangunan SMPN 4 Kudus berdiri di atas lahan seluas 1200 m2. Sekolah ini memiliki 880 siswa, terdiri dari 8 kelas untuk tingkat 7 dan 8 dan 7 kelas untuk tingkat 9. Fasilitas KBM sebagian besar sudah terpenuhi dengan baik.


Umi RN, salah satu mahasiswa PPL, merasa gembira, tapi sekaligus khawatir. Saya gembira karena dapat ngangsu ilmu dan kenal sama guru-gurunya, dan khawatir kalau tidak diterima siswa-siswa sekolah ini,jelas Umi.


Di tempat terpisah, Kaprogdi Bahasa Inggris FKIP Fitri Budi Suryani, SS, MPd menjelaskan, bahwa mahasiswa yang mengikuti PPL harus sudah mengambil matakuliah micro teahing, TEFL 1 dan 2, Aplied Teaching Method.


Menurut Zfitri, kegiatan PPL selama 1,5 bulan yang dilaksanakan pada tahun ini dalam rangka menyelesaikan kurikulum lama. Pada kurikulum baru, mahasiswa wajib mengikuti PPL selama 3 bulan penuh.


Faktor Ekonomi

Kamal Anshori, salah seorang guru SMP 4 Kudus, berbagi cerita pada mahasiswa PPL UMK bahwa banyak siswa yang terlambat bahkan sampai bolos karena minimnya alat transportasi. Setelah dilakukan survei kondisi siswa, guru SMPN 4 ini berinisiatif meminjami sepeda untuk siswa sering telat.


Kemudian, pada 2009 ini, sekolah mengadakan sepeda sebanyak 5 buah yang dianggarkan dari dana BOS. ernyata dengan pola peminjaman sepedakini siswa jarang terlambat masuk sekolah, jelas Anshori. (Ulin, Portal)