iden

Mengenal Bob Sadino Lebih Dekat

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Belajar dari Saran dan Keluhan Pelanggan

 

24 Oktober 2009 ini, pengusaha sukses Bob Sadino bakal menyambangi Universitas Muria Kudus (UMK) untuk berbagi pengalaman seputar kesuksesannya menjadi pengusaha. Siapakah Bob Sadino?

Bob Sadino, dilahirkan di Tanjungkarang, Lampung, 9 Maret 1933. menempuh pendidikan dasar (SD) di Yogyakarta (1947). SMP lulus tahu 1950, sementara pendidikan SMA diselesaikannya pada 1953, semuanya di Jakarta. Pada tahun 1954, ia mengawali perjalanannya. Saat itu, ia menjadi karyawan di Unilever. Ia pernah bekerja di Amsterdam (Belanda) dan Hamburg (Jerman).

Namun, bekerja sebagai karyawan, ternyata tidak memberi kepuasan baginya, karena selalu diperintah oleh atasan. Ia ingin menjadi seorang pengusaha, dan titik balik perjalanannya itu justru muncul setelah ia terkena musibah.

 

Sepulang dari Amsterdam dan Hamburg, ia harus hidup serba sederhana, karena tidak memiliki sebanyak ketika di luar negeri. Ia pun menjadi sopir taksi. Namun nasib naas menimpanya. Mobilnya mengalami kecelakaan dan hancur. Ia pun lantas beralih profesi menjadi kuli bangunan.

 

Suatu hari, seorang kawannya menyarankan untuk beternak ayam. Ia tertarik mencobanya. Dan ternyata, ia mempunya inspirasi untuk terus berjuang dalam hidup, setelah melihat kehidupan ayam ternaknya.

Bob dan istrinya, setiap hari menjual beberapa kilogram telor ayamnya. Ia memiliki pelanggan yang cukup banyak, dalam waktu yang tidak lama. Satu setengah tahun dari usaha ternaknya itu, pelanggannya semakin bertambah, terutama orang asing.

Bob Sadino dan istrinya, diuntungkan pernah tinggal di luar negeri sehingga fasih berbahasa Inggris. Ini juga yang menjadi penyebab ia mempunyai banyak pelanggan warga asing, karena ia tinggal di kawasan Kemang, Jakarta, yang banyak menetap orang asing.

Meski begitu, usahanya juga tidak semulus yang dibayangkan. Ia kerapkali mendapat keluhan dari pelanggannya. Namun ada juga pelanggan yang tidak hanya mengeluarkan keluhan, juga memberi saran.

Dari keluhan dan saran itulah, Bob Sadino dan istrinya menjadikannya sebagai pelajaran berharga dan memperbaiki kesalahan sehingga pelanggannya mengeluh. Keluhan dan saran para pelanggannya itu, justru memberikan arah positif bagi jiwa wirausaha Bob. Ia kini sukses mengelola beberapa usaha. Di antaranya Kem Chicks (supermarket), yang berdiri pada 1969. Ia juga menjadi Direktur Utama PT Boga Catur Rata, PT Kem Foods dan PT Kem Farms.

Meski telah sukses, namun ada ciri khas yang menjadikan pengusaha yang satu ini gampang dikenali, yaitu karena ia selalu mengenakan celana pendek Jeans dan kemeja lengan pendek. Pengusaha kaya tak selalu harus tampil glamour, khan? [hoey/rosidi-Portal]