iden

Berburu Berkah di Bulan Suci

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Kudus- Bulan suci Ramadhan ini, dimanfaatkan banyak orang untuk berbru berkah. Tidak hanya dalam hal ibadah, tapi juga dalam berburu berkah mencari rizki di bulan suci ini.

Hal itu terlihat, setiap kali menjelang berbuka puasa, banyak para pedagang dadakan yang menjajakan dagangannya. Beragam es buah, dijual di pinggir-pinggir jalan. Penganan kecil ala kadarnya, tak lupa ditawarkan bagi para pejalan kaki, yang dipastikan terlambat pulang untuk berbuka bersama keluarga.

Simpang tujuh, menjadi salah satu tempat favorit masyarakat untuk ngabuburit bersama keluarga maupun teman, menunggu saat Bedug dan azan maghrib terdengar.

Keramaian tersebut, tak urung menjadi daya tarik masyarakat untuk berjualan dan mencari rizki sampingan di bulan suci ini. Sebagaimana dilakukan oleh Noor Qosim (32) dan teman-temannya, yang menjual aneka masakan dari Jamur.

Kita kenal pas ada pelatihan yang diselenggarakan Balai Pelatihan Kerja (BLK) oleh Dinsosnakertrans Kabupaten. Ilmu yang kami dapat dari situlah, yang kami gunakan untuk mencoba membuka usaha, yang kami awali di bulan suci ini, terang Qosim.

Hal serupa juga dilakukan oleh Rizka Amalia (16). Remaja putri yang masih belia ini, tak ketinggalan pula ikut dalam berburu berkah di bulan suci ini. Ia menjual aneka macam es, yang ditawarkan di depan rumahnya, tak jauh dari GOR Kudus. Kebetulan rumah kami strategis, di pinggir jalan dan dekat dengan keramaian.

Rizka, saat ini masih duduk di bangku kelas 2 SMA. Namun begitu, ia tak malu membantu ibunya menjual es buah dan aneka macam minuman lain, serta penganan ala kadarnya pada ramadhan ini. Lumayan, itung-itung menunggu buka puasa sembari membantu ibu mencari rikzi, katanya.

Ya, Ramadhan, tak hanya dijadikan seseorang untuk melakukan amal ibadah dengan lebih giat. Tetapi ramadhan juga menjadi inspirasi banyak orang untuk lebih giat mencari rizki. Qosim dan Rizka, hanyalah sedikit contoh dari banyaknya orang yang berusaha, berburu rizki dan berkah di bulan suci ini. [hoery/rosidi-PortalRamadhan]