iden

Jenang, Hidangan Tepat untuk Takjil

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Kudus - Setelah seharian menahan lapar saat puasa, seseorang kadang kurang kontrol saat berbuka. Apa saja hidangan yang dihidangkan, seakan ingin dilahapnya. Perilaku berbuka puasa seperti inilah, yang akan membuat perut tidak stabil. Perilaku berbuka yang kurang kontrol ini, bisa membuat perut sakit.

Berbuka puasa, sebenarnya disarankan untuk makan makanan yang ringan dulu dan minum minuman yang manis, agar tubuh tidak kaget. Pada zaman Rasulullah, takjil, itu dengan memakan kurma. Sementara di Indonesia, kolak menjadi menu yang seakan wajib saat berbuka puasa.

Tetapi jangan salah. Ada satu makanan hasil karya anak bangsa, yang sebenarnya sangat cocok untuk takjil; Jenang. Ya, makanan khas Kudus yang berbahan adonan dari campuran santan, gula dan tepung ketan, ini sebenarnya sangat pas untuk takjil.

Nama jenang sendiri, kini telah menjadi ikon lain selain Kota Kretek. Di Garut, Jawa Barat, makanan jenis ini lebih dikenal dengan Dodol sebagaimana juga Malaysia.

Jenang dikemas secara ringan dan disetting sebagai cemilan, sehingga pada saat Puasa seperti ini, sangat pas sebagai menu takjil, sebagaimana di Arab Saudi ada Kurma.

Di Kudus, untuk mendapatkan atau membeli Jenang sangatlah mudah. Selain banyaknya outlet di tempat-tempat strategis, seperti di perbatasan Kudus-Demak maupun Kudus-Pati, menjamurnya pabrikan jenang juga membuat pasar jenang menjadi semarak.

Namun begitu, salah satu gerai pusat jenang yang sangat populer adalah Mubarokfood, yang lebih dikenal dengan jenang tiga-tiga oleh masyarakat Kudus. Gerai Mubarokfood ini terletak di Jalan Sunan Muria. Selain itu, ada juga toko Asia Aminah, yang tak jauh dari Simpang Tujuh. Dan masih banyak lagi.

Atau, kalau tidak ingin kesulitan muter-muter mencari di mana gerai atau toko jenang berada, anda cukup pergi ke Menara Kudus. Di sepanjang jalan tersebut, puluhan pedagang berjajar-jajar menjajakan jenang dengan berbagai merk dan kemasan.

Penasaran? Silakan dicoba. Dan satu lagi, pada saat puasa, makanan ini memang sangat cocok untuk takjil. Karena legitnya, sangat menggugah selera. Penasaran, khan? Hoery/Rosidi PortalRamadhan