Previous Next

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

UMK – Rangkaian kegiatan Dies Natalis UMK yang ke-44 sejatinya sudah dimulai dari Dekan Cup, tepatnya pada gelaran Olimpiade Matematika yang diselenggarakan program studi Pendidikan Matematika, Sabtu (04/05/2024) lalu.

Dekan Cup sendiri merupakan rangkaian kegiatan lomba yang diinisiasi oleh masing-masing Fakultas yang ada di UMK, yang diselenggarakan dalam waktu yang berdekatan dengan pelaksanaan Dies Natalis ke-44 UMK. Adapun pelaksanaan Dekan Cup sendiri dimulai dari tanggal 04 Mei hingga 22 Juni 2024.

Selain itu, ada pula Seminar Nasional yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) pada Senin, 10 Juni lalu. Kemudian, dilanjutkan dengan Sidang Terbuka Senat pada Rabu (12/06/2024).

Selanjutnya, terdapat pula lomba-lomba menarik yang diselenggarakan oleh panitia Dies Natalis UMK ke-44, yang diperuntukkan baik itu untuk dose, tendik (tenaga kependidikan), mahasiswa, hingga untuk umum, mulai tanggal 13-30 Juni 2024.

Menariknya, pada perayaan Dies Natalis tahun ini juga terdapat pertunjukan seni yang dibalut dalam “Kethoprak Reborn”. Acara ini diperuntukkan unutuk masyarakat umum secara gratis.

Kethoprak Reborn kali ini mengangkat naskah “Cari Apa Lagi”, yang diperankan oleh sejumlah dosen, tendik, serta mahasiswa. Tak hanya itu, Kethoprak Reborn juga menggandeng komunitas teater dari luar kampus untuk turut memeriahkan pertunjukan tersebut.

Tak mau ketinggalan, layaknya perayaan Dies Natalis tahun-tahun sebelumnya, dalam Dies Natalis tahun ini juga dimeriahkan dengan adanya Expo Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), yang dilaksanakan pada 20-23 Juni 2024.

Seluruh rangkaian kegiatan tersebut ditutup dengan kegiatan Jalan Sehat oleh segenap civitas akademika UMK dengan berbagai doorprize menarik, serta hiburan yang seru. (Humas-UMK)

 

Rangkaian Kegiatan Dies Natalis ke-44 UMK

04 Mei – Olimpiade Matematika (Dekan Cup - FKIP)

28 Mei – Story Telling (Dekan Cup - FKIP)

04 Juni – Lomba Membaca Puisi (Dekan Cup - FKIP)

06 Juni – Lomba Dance SMA Sederajat (Dekan Cup - FEB)

06 Juni – Lomba Menyanyi Solo (Dekan Cup - FEB)

10 Juni – Seminar Nasional (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat)

11 Juni – UMK Master Chef (Untuk Dosen dan Tendik)

12 Juni – Sidang Terbuka Senat Dies Natalis Universitas Muria Kudus

12 Juni – Lomba Debat (Dekan Cup - FH)

13 Juni – UMK Group Voice (Untuk Dosen dan Tendik)

13 Juni – Lomba E-Sport Mobile Legend (Dekan Cup - FPsi)

13 Juni – Lomba Motivator SMA Sederajat (Dekan Cup - FPsi)

13 Juni – Lomba Gerak & Tari Jinggel Psikologi SMA Sederajat (Dekan Cup - FPsi)

13 Juni – Lomba Tebak Kata (Untuk Dosen dan Tendik)

14 Juni – Festival Musik Fakultas Hukum (Dekan Cup - FH)

15 Juni – Lomba Reels Potensi Pertanian (Dekan Cup - FP)

15 Juni – Lomba Jinggel “Pertanian Keren” (Dekan Cup - FP)

20 Juni – Lomba Cerdas Cermat Pertanian (Dekan Cup - FP)

20 Juni – UMK Poetry Competition (Untuk Mahasiswa UMK)

20 Juni – Lomba Short Movie (Dekan Cup - FKIP)

20 Juni – Lomba Geguritan (Dekan Cup - FKIP)

21 Juni – Kethoprak Reborn (Terbuka Untuk Umum)

22 Juni – Lomba E-Sport PUBG Mobile (Dekan Cup - FT)

22 Juni – Lomba PLC (Dekan Cup - FT)

22 Juni – Lomba CAD (Dekan Cup - FT)

22 Juni – Lomba Web Design (Dekan Cup - FT)

22 Juni – Lomba Network Configuration (Dekan Cup - FT)

19-22 Juni – Lomba E-Sport Mobile Legends (Untuk Mahasiswa UMK)

22 Juni – Lomba Product Design (Dekan Cup - FT)

22 Juni – UMK Solo Voice (Untuk Mahasiswa UMK)

22 Juni – UMK Fun Colouring Competition (Tingkat TK)

23 Juni – Jalan Sehat (Civitas Akademika UMK)

20-23 Juni – Expo UMKM (Terbuka Untuk Umum)

24 Juni – Lomba Essay SMA Sederajat (Dekan Cup - FP)

20-30 Juni – Lomba Reels Keseruan Expo Dies Natalis UMK – (Untuk Pelajar & Umum)

Previous Next

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

UMK – Universitas Muria Kudus (UMK) merayakan Dies Natalisnya yang ke-44 dengan tajuk “Merajut Kualitas Berlandas Integritas” yang ditandai dengan Sidang Terbuka Senat Dies Natalis yang ke-44 Universitas Muria Kudus di Gedung Auditorium UMK, Rabu (12/06/2024).

Dalam sambutannya, Rektor UMK, Prof. Dr. Ir. Darsono, M.Si. menyampaikan komitmennya dalam meraih UMK Unggul. Menurutnya, UMK Unggul tidak dapat diraih dengan persiapan singkat, tetapi perlu ada desain yang harus tersistem.

Sehingga, semua pejabat struktural, dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa harus mengimplementasikan budaya mutu dalam menjalankan tugasnya. Atara lain, memahami tujuan mutu sebagai bagian yang melekat, bukan tugas tambahan.

Menjalankan tupoksi sesuai dengan acuan (standar mutu) dan juga menjalankan siklus PPEPP (Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, dan Peningkatan standar),” tegas Rektor.

Selain itu, semua pejabat struktural, dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa juga harus menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab.

“Bersedia dievaluasi dan bersedia melakukan tindak lanjut, serta bersedia merekam bukti pendukung pelaksanaan mutu,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Biro Kerja Sama dan Humas Kemdikbud Ristekdikti RI, Dr. Muhammad Hasan Chabibie, S.T., M.Si. mengungkapkan, di momen Dies Natalis UMK yang ke-44 ini besar harapan kami UMK kedepan akan menghasilkan sumber daya mausia yang berkualitas, mengingat lamanya lembaga pendidikan (UMK) ini berdiri.

“Tentu untuk melakukan itu semua kita harus melakukan restopektif, melihat kondisi hari ini dilapangan seperti apa, perkembangan teknologi, pemanfaatan artificial intelligence (AI), dan bahkan terhadap banyaknya fenomena-fenomena yang hari ini sudah bergeser (seperti tugas-tugas manusia yang diambil alih oleh kecerdasan buatan, Red),” jelasmya.

Lebih lanjut, pria yang juga menjabat sebagai Pj. Bupati Kudus tersebut menambahkan, di era sekarang ini juga akan memungkinkan semua perguruan tinggi untuk bisa bersinergi dan membangun jejaring.

“Sekarang sudah ada sister school, sister city, sehingga  mungkin juga kita membuat sister university, antara UMK dengan kampus yang lain yang tentunya memiliki komitmen yang sama. Ditambah, skema pentahelix sebagai pola berjejaring secara maksimal, seperti misalnya antara pemerintah, perguruan tinggi, industri, kemudian masyarakat, serta media,” urainya.

Menutup statemennya, Hasan Chabibie mengingatkan, diusia UMK yang sudah sematang ini hendaknya terus melakukan learning organization.  

“Dan hal ini haruslah dilakukan oleh semua komponen, mulai dari pihak rektorat, dosen, mahasiswa, serta semua stakeholder yang terkelola di Universitas Muria Kudus,” pungkasnya. (Humas-UMK)

Previous Next

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

UMK – Universitas Muria Kudus (UMK) menerjunkan secara simbolis total 178 mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Tahun 2024 di Pendopo Kabupaten Kudus, Selasa (11/06/2024). Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus pun menyambut hangat mahasiswa KKN Tematik UMK Tahun 2024 tersebut, yang nantinya akan disebar ke 38 Desa di 9 Kecamatan yang ada di Kabupaten Kudus.

Dalam sambutannya, Rektor UMK, Prof. Dr. Ir. Darsono, M.Si. berharap, dengan pelepasan mahasiswa ini akan memeberi warna yang semakin kaya, terutama dalam pendidikan luar kampus. Rektor juga berpesan agar menjadikan pengalaman selama KKN untuk lebih membuka fikiran dan wawasan guna menyerap pembelajaran, khususnya dari luar kampus.

“Pesan saya, jaga nama baik universitas, komunikasikan segala hal yang berkenaan yang sekiranya anda butuh konsultasi, serta mohon jaga jatidiri UMK sebaik-baiknya, sehingga anda semua menyelesaikan KKN ini dengan baik,” tutur Rektor.

Sementara itu, Pj Bupati Kudus, M. Hasan Chabibie menegaskan, KKN tematik yang digagas UMK kali ini memiliki kaitan erat dengan persoalan-persoalan yang tengah dihadapi pemerintah daerah. Mulai dari data stunting, persoalan angka kemiskinan ekstrem, dan persoalan-persoalan desa lain yang diharapkan akan ada campur tangan mahasiswa UMK dalam memecahkan masalah tersebut.

Lebih lanjut, orang nomor satu di Kabupaten Kudus tersebut mengungkapkan, pihaknya maupun Rektor UMK dalam hal ini hanya bisa bercerita tentang tentang masa lalu, mengingat usia mereka yang tidak lagi produktif.

“Akan tetapi adek-adek di sini semua masih muda, masih dalam  usia produktif, oleh sebab itu, adek-adek semua bisa menawarkan masa depan yang lebih baik lagi. Maka manfaatkanlah kesempatan masa muda ini dengan sebaik-baiknya,” tutupnya. (Humas-UMK)

User Rating: 1 / 5

Star ActiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

TWIBBON HARI DIES NATALIS UNIVERSITAS MURIA KUDUS KE - 44

Tanggal 12 Juni menjadi momen bahagia bagi Universitas Muria Kudus karena telah memasuki usia ke-44 tahun. Usia matang menjadi bekal bagi Universitas Muria Kudus untuk menorehkan prestasi demi prestasi kedepannya seperti tema Dies Natalis kali ini yakni "Sinergi Dalam Prestasi, Membangun Negeri".

Mari kita meriahkan DIES NATALIS UMK KE - 44 dengan memasang Twibbon, Berikut tata cara membuat twibbon : 

  1. Klik link twibonnize.com yang berikut ini ya!

https://twb.nz/diesnatalisumk44

  1. Klik "Browse Image" dan pilihlah foto yang kamu ingin pasang di twibbon
  2. Jika sudah, klik "Ok/ Lanjut"
  3. Atur posisi foto (bisa melihat preview foto twibbonnya di bagian bawah ya)
  4. Jika dirasa sudah pas, klik upload image atau tahan pada twibbon untuk mengunduh

Selamat mencoba Terima kasih

Page 1 of 529