iden

User Rating: 1 / 5

Star ActiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

Berikut tata cara membuat twibbon : 

  1. Klik link twibonnize.com yang berikut ini ya!

https://twb.nz/diestanalis41umk

  1. Klik "Browse Image" dan pilihlah foto yang kamu ingin pasang di twibbon
  2. Jika sudah, klik "Ok/ Lanjut"
  3. Atur posisi foto (bisa melihat preview foto twibbonnya di bagian bawah ya)
  4. Jika dirasa sudah pas, klik upload image atau tahan pada twibbon untuk mengunduh

Selamat mencoba Terima kasih

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

UMK - Universitas Muria Kudus (UMK) dan Nueva Ecija University of Science and Technology (NEUST) Filipina melakukan tindaklanjut kerjasama dengan penandatanganan perjanjian kerjasama fakultas-fakultas  di UMK dan NEUST. Nantinya kerjasama bisa langsung dilakukan antar fakultas di UMK dengan fakultas di NEUST, sehingga akan lebih detail lagi sesuai kepentingan masing-masing.
Rektor UMK, Prof. Dr. Ir. Darsono, M.Si mengatakan, saat ini dunia pendidikan memiliki tantangan besar, mulai dari kualitas pendidikan, pengembangan ilmu pengetahuan hingga teknologi. Selain itu juga beberapa isu pendidikan yang membutuhkan repon cepat. "Untuk itu, kami harus melakukan sinergi dan kolaborasi," katanya saat penandatanganan perjanjian kerjasama via zoom beberapa waktu lalu.
Guna meningkatkan kualitas pendidikan, UMK meningkatkan kolaborasi dengan beberapa mitra untuk beberapa program, seperti program pertukaran pelajar. Salahs atunya yakni credit transfer program.
kegiatan semacam itu sesuai dengan kurikulum yang dipakai di Indonesia yakni Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Dengan program ini, siswa memiliki kesempatan untuk belajar dan mendapatkan pengalaman akademik di perguruan tinggi luar negeri yang bermitra dengan UMK. Sehingga bisa berkolaborasi dalam dunia akademik dengan skala internasional.
Tentu banyak program yang diharapkan bisa berjalan, apalagi sudah ada tindaklanjut kerjasama awal dengan fakultas masing-masing perguruan tinggi. Tak hanya kerjasama pertukaran pelajar saja, melainkan juga penelitian dan program lain yang diharapkan bisa berjalan kedepannya.
Sementara itu, President NEUST Filipina Dr. Feliciana P. Jacoba mengatakan, saya sangat bangga bisa menjalin kerjasama dengan UMK. Kerjasama ini bagian dari pengembangan pendidikan dimana pandemi merubah banyak hal, teramsuk pendidikan. "Kita harus bertahan dan berkembang, karena generasi kita ingin masa depan yang baik," terangnya.
Untuk tetap berkembang, tentu membutuhkan partnet, sehingga memunculkan kerjasama, kesamaan pemahaman untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Sehingga butuh belajar satu sama lain, sehingga dirinya berharap tujuan kerjasama ini bisa tercapai, yakni kesuksesan pendidikan.
 Wakil Rektor IV UMK Dr. Drs. Achmad Hilal Madjdi, M.Pd menambahkan, kerjasama yang sudah ditandatangani ini diharapkan bisa langsung dilakukan tindaklanjut oleh masing-masing dekan. Karena program ini bisa untuk meningkatkan kualiats pendidikan, baik dalam pembelajaran maupun penelitian. "Harapannya tentu UMK dan NEUST bisa mendapatkan manfaat dan membuat dunia lebih baik lagi," jelasnya.(Humas-Linfokom).

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

Hari lahir Pancasila jatuh pada tanggal 1 Juni yang ditandai oleh pidato yang dilakukan oleh Presiden pertama Indonesia, Soekarno pada 1 Juni 1945 dalam sidang Dokuritsu Junbi Cosakai (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan). Pidatonya pertama kali mengemukakan konsep awal Pancasila yang menjadi dasar negara Indonesia.

Adapun sejarahnya berawal dari kekalahan Jepang pada perang pasifik, mereka kemudian berusaha mendapatkan hati masyarakat dengan menjanjikan kemerdekaan kepada Indonesia dan membentuk sebuah Lembaga yang tugasnya untuk mempersiapkan hal tersebut. Lembaga ini dinamai Dokuritsu Junbi Cosakai. Pada sidang pertamanya di tanggal 29 Mei 1945 yang diadakan di Gedung Chuo Sangi In (sekarang Gedung Pancasila), para anggota membahas mengenai tema dasar negara.

 

Kronologi dan Sejarah Hari Lahir Pancasila

 Sidang berjalan sekitar hampir 5 hari, kemudian pada tanggal 1 Juni 1945, Soekarno menyampaikan ide serta gagasannya terkait dasar negara Indonesia, yang dinamai “Pancasila”. Panca artinya lima, sedangkan sila artinya prinsip atau asas. Pada saat itu Bung Karno menyebutkan lima dasar untuk negara Indonesia, yakni Sila pertama “Kebangsaan”, sila kedua “Internasionalisme atau Perikemanusiaan”, sila ketiga “Demokrasi”, sila keempat “Keadilan sosial”, dan sila kelima “Ketuhanan yang Maha Esa”. 

Untuk menyempurnakan rumusan Pancasila dan membuat Undang-Undang Dasar yang berlandaskan kelima asas tersebut, maka Dokuritsu Junbi Cosakai membentuk sebuah panitia yang disebut sebagai panitia Sembilan. Berisi Ir. Soekarno, Mohammad Hatta, Abikoesno Tjokroseojoso, Agus Salim, Wahid Hasjim, Mohammad Yamin, Abdul Kahar Muzakir, Mr. AA Maramis, dan Achmad Soebardjo.

 Setelah melalui beberapa proses persidangan, Pancasila akhirnya dapat disahkan pada Sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945. Pada siding tersebut, disetujui bahwa Pancasila dicantumkan dalam Mukadimah Undang-Undang Dasar 1945 sebagai dasar negara Indonesia yang sah.(bpip.go.id)

 

Berikut tata cara membuat twibbon : 

  1. Klik link twibonnize.com yang berikut ini ya!

https://twb.nz/harilahirpancasila-umk

  1. Klik "Browse Image" dan pilihlah foto yang kamu ingin pasang di twibbon
  2. Jika sudah, klik "Ok/ Lanjut"
  3. Atur posisi foto (bisa melihat preview foto twibbonnya di bagian bawah ya)
  4. Jika dirasa sudah pas, klik upload image atau tahan pada twibbon untuk mengunduh

Selamat mencoba Terima kasih

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

UMK – Universitas Muria Kudus (UMK) melakukan kerjasama dengan Universitas Negeri Semarang (Unnes). Kerjasama yang dilakukan nantinya meliputi banyak hal, termasuk pertukaran mahasiswa yang bisa mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan juga studi lanjut dosen UMK ke Unnes.

Rektor UMK Prof. Dr. Ir Darsono, M.Si mengatakan, UMK dan Unnes bisa saling mendukung dalam memajukan kualitas mahasiswa. Salah satunya diawali dengan penandatanganan kerjasama. ”Selain itu kita juga bisa bersama-sama menciptakan dan membangun inovasi dalam mewujudkan kampus merdeka,” katanya Selasa (25/5/2021).

Dirinya berharap, dengan kerjasama yang dilakukan bisa memberikan kontribusi nyata kepada bangsa. Salah satunya mencetak generasi yang inovatif dan unggul.

Sementara itu, Wakil Rektor IV Unnes Dr. Hendi Pratama, M.A mengatakan, sebagai lembaga pendidikan tinggi, pihaknya terus menciptakan dan membangun inovasi untuk mewujudkan kampus merdeka. ”Inovasi sangat kita butuhkan untuk menjawab berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat,” terangnya.

Dia menambahkan, baginya UMK seperti saudara seperguruan, sehingga wajib hukumnya untuk slaing mendukung dalam berbagai hal. Sehingga akan muncul sinergi dalam mencapai berbagai hal yang bermanfaat bagi Unnes maupun UMK.(Humas-Linfokom)

 

Page 1 of 401