iden

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

UMK- Rekrutmen dosen dan tenaga kependidikan Universitas Muria Kudus 2022, telah memasuki tahapan orientasi dan penandatanganan kontrak kerja. Sebanyak 25 pegawai baru terdiri dari 19 dosen dan 6 tendik, melakukan orientasi dan penandatanganan kontrak pada Senin , (04/07/2022) yang bertempat di Ruang Seminar Lt.4 Gedung Rektorat UMK. Pada kesempatan ini, para pegawai baru yang telah dinyatakan diterima akan dikenalkan profil dan lingkup kerja dari Universitas Muria Kudus. Selain itu, para dosen dan tendik baru ini juga dijelaskan mengenai peraturan dan benefit ketika telah menjadi bagian dari Universitas Muria Kudus.

Ketua rekrutmen UMK, Anis Aminudin S.E., mengucapkan selamat bergabung kepada 25 dosen dan tendik yang telah dinyatakan diterima. Tidak hanya itu, harapan kedepan agar para dosen dan tendik baru nantinya dapat berkontribusi positif bagi Universitas Muria Kudus. "Harapannya para dosen dan tendik baru ini dapat berkontribusi lebih, yakni kontribusi yang bisa memajukan nama UMK", tuturnya. UMK yang telah meginjak usia cukup dewasa 42 tahun masih harus berlari untuk menuju universitas dengan predikat unggul. "Kontribusi dan ide-ide kreatif akan kita tunggu untuk bersama-sama kita maju menuju prestasi UMK Unggul", terangnya. Anis juga berharap sumbangsih para tendik dan dosen nantinya akan membawa UMK Unggul tidak hanya di Pantura Jawa Tengah, namun juga bisa di kancah nasional bahkan internasional.

Disisi lain, Wakil Rektor II bidang SDM UMK, Dr. Solekhan, S.T., M.T menjelaskan sejarah dan profil dari Universitas Muria Kudus. Dirinya menjelaskan, para dosen dan tendik baru harus mengetahui profil dari UMK mulai dari sejarah, jajaran pimpinan, hingga visi misi dari UMK. "Perkembangan dari UMK dimulai dari step by step, semoga dengan bergabungnya dosen dan tendik baru akan melanjutkan perjuangan para pendahulu pendiri UMK demi kemajuan bersama", jelasnya. Setelah mengikuti orientasi , para dosen dan tendik baru ini diajak berkeliling kampus untuk dikenalkan kepada unit, lembaga dan lingkungan kerja yang akan mereka ikuti dan berkontribusi didalamnya. Terakhir, setelah penandatanganan kontrak kerja, besar harapan bagi 25 dosen dan tenaga kependidikan baru agar dapat bekerja sepenuh hati, berkontribusi positif serta bahu membahu mewujudkan Universitas Muria Kudus Unggul dan Berprestasi. (Humas Linfokom)

Previous Next

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

UMK- Program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas Muria Kudus menggelar pentas teatrikal yang bertema Parade Teater Jiwa. Berlangsung di gedung Auditorium UMK, teater jiwa PBSI UMK ini diselenggarakan selama tiga hari dari tanggal 30 Juni - 2 Juli 2022. Pentas parade teater jiwa merupakan rangkaian tugas akhir prodi PBSI UMK dari mata kuliah Seni Pertunjukan Drama.

Berlangsung meriah, pementasan tersebut mendapatkan perhatian khusus dari penonton yang hadir diantaranya dari mahasiswa UMK , dosen, para seniman, budayawan, duta bahasa serta para sutradara di bidang kebudayaan.

Selain menampilkan bentuk pemetasan teatrikal, pada kesempatan ini mahasiswa PBSI UMK juga menampilkan pembacaan puisi hasil karya dari Mohammad Kanzunnudin salah seorang dosen PBSI UMK. Ketua panitia acara teater PBSI UMK, Silvia Saifatul Husnia mengatakan dari ketiga pementasan semuanya berlangsung dengan lancar dan banyak dinikmati serta diminati para penonton yang hadir.  "Alhamdulillah semuanya sukses, pesan dan nilai-nilai yang terkandung pada naskah juga berhasil tersampaikan kepada penonton dengan baik", ucapnya. Peserta dan aktor dalam parade teater jiwa merupakan mahasiswa prodi PBSI UMK angkatan 2020 yang terbagi menjadi 3 kelompok. Mereka telah mempersiapkan dan berlatih sebelum pementasan selama tiga bulan sebelumnya.

Kegiatan pentas teater ini sudah berlangsung  secara rutin dari 7 tahun yang lalu, namun dikarenakan masa pandemic covid-19 memakasakan teater tersebut harus ditiadakan. Pementasan Teater Jiwa ini melatih para mahasiswa khususnya prodi PBSI UMK untuk menambah wawasan, pengalaman, dan keterampilan praktis, serta mendapatkan keluarga baru usai pagelaran yang sudah mereka tampilkan dengan semangat "Kita Teater Jiwa, Jiwa Teater Kita, Salam Budaya". (Humas-Linfokom)

 

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

UMK- Program studi Magister Pendidikan Dasar (MPD) Universitas Muria Kudus gelar The 2022 InSPiro “International Symposium and Publication Workshop” yang berlangsung selama dua hari. Dalam rangka menunjang visi-misi Universitas Muria Kudus kedepan yakni Go International, prodi MPD UMK berupaya menyelenggarakan kegiatan ilmiah secara praktis dalam acara Symposium International guna mendiskusikan persoalan dan alternatif solusi dari isu dalam pembelajaran literasi dan numerasi pendidikan di masa digitalisasai serta krisis ruang sosial. Perkembangan era society dan kemajuan teknologi sekarang ini, mengharuskan pelaksana perguruan tinggi seperti UMK untuk mewujudkan milestone dalam menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan berdaya saing global.

Mengusung tema “Learning Development of Numerical Literacy and Technology Adaption in The Disruption Era”, Symposium International dilaksanakan pada Selasa, 28 Juni 2022 di Hotel Griptha Kudus dengan menghadirkan sebanyak 250 partisipan dan presenter yang berasal dari nasional maupun internasional. Pada acara ini, sebanyak 99 poster hasil luaran (output) tesis dari mahasiswa MPD UMK juga dipamerkan dalam acara dan siap untuk di daftarkan pada Hak Kekayaan Intelektual (HAKI).

Dialektika akademik tentang pendidikan saat ini akan diulas dan dianalisis dari berbagai narasumber dengan sudut pandang keilmuan secara plural melalui workshop Symposium International. Menghadirkan tiga keynote speaker international, diantaranya  Assoc. Prof. Dr. Mohamed Nor Azhari Azman, Lecturer in University Pendidikan Sultan Idris, lalu narasumber selanjutnya Dr. Glenn E. Redecilla Lecturer in CBSUA Philippines, kemudian  Dr. S. Kanageswari Suppiah Shanmugam Lecturer in University Utara Malaysia. Sementara tiga pembicara lainnya berasal dari Indonesia, yakni Dr. Sri Marmoah, M.Pd. dosen dari Universitas Sebelas Maret, Dr. Erik Aditia Ismaya, M.A. dan Dr. Nur Fajrie, M.Pd. dosen dari Universitas Muria Kudus.

Dibuka secara resmi oleh Rektor UMK Prof. Dr. Ir Darsono, M.Si,penyelenggaraan acara ini juga didukung dengan Workshop Penulisan Artikel dengan kegiatan review dan sharing strategi yang akan disiapkan di jurnal-jurnal internasional. Keikutsertaan dan peran aktif pihak prodi MPD UMK adalah wujud dari realita yang nyata dari eksistensi lembaga keilmuan pendidikan yang logis, kritis dan demokratis dalam dunia akademis.

Disisi lain, ketua Panitia The 2022 InSPiro, Dr. Nur Fajrie, M.Pd menyampaikan, “Dengan adanya The 2022 InSPiro diharapkan mampu menjalin kerja sama di bidang publikasi ilmiah dengan akademisi luar negeri dan menjadi wadah para peneliti bertukar informasi. Dengan begitu, MPD UMK dapat menambah peluang publikasi ilmiah pada jurnal Internasional yang memiliki reputasi baik,” ucapnya. Tujuan pokok acara ini merupakan kewajiban institusi untuk membantu para mahasiswa MPD UMK dan para dosen maupun peneliti  dalam melakukan desiminasi dan diskusi yang menghasilkan ide maupun gagasan khususnya pada jurnal dan proceding scopus, jurnal internasional dan proceding ISBN.

Selanjutnya, Kaprodi MPD UMK Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd. mengatakan, tujuan dasar diadakannya The 2022 InSPiro adalah dalam rangka menunjang UMK berakreditasi unggul dan untuk meningkatkan publikasi internasional mahasiswa dan dosen. The 2022 InSPiro Symposium International ini difokuskan pada kajian pendidikan dasar, teknologi pendidikan dan model pendidikan inovasi. Dukungan publikasi juga telah disiapkan pada berbagai jurnal-jurnal dan open acess internasional dari berbagai negara yang telah bekerjasama dengan Program Studi Magister Pendidikan S2 Universitas Muria Kudus. Terakhir, acara ini nantinya dilanjutkan dengan acara Iconnect yang akan diselenggarakan pada akhir tahun nanti. (Humas-Linfokom)

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

UMK- Universitas Muria Kudus (UMK) saat ini membuka jalur beasiswa Kartu Indonesia Pintar - Kuliah (KIP-K). Beasiswa KIP-Kuliah tersebut memberikan kesempatan bagi pemegang KIP Kuliah untuk mendapatkan beasiswa dan ingin melanjutkan kuliah di Universitas Muria Kudus.

Berikut merupakan persyaratan dan tata cara pendaftaran Beasiswa KIP-K UMK:

Persyaratan Pendaftaran Umum  :

  1. Fotocopy ijazah dan transkip nilai SMA/SMK/MA sebanyak 1 (satu) lembar dilegalisir.
  2. Fotocopy rapor semester I, II, III, IV sebanyak 1 (satu) lembar dilegalisir (bagi pendaftar yang masih duduk di kelas XII)
  3. Menyerahkan pas foto berwarna ukuran 3×4 sebanyak 2 (dua) lembar.

Persyaratan Beasiswa KIP Kuliah :

  1. Kartu Peserta dan Formulir Pendaftaran Beasiswa KIP Kuliah yang dicetak di laman website KIP Kuliah.
  2. Surat Keterangan Lulus dari Kepala Sekolah dilegalisir.
  3. Surat Keterangan Prestasi/ Peringkat siswa di kelas dan bukti pendukung prestasi lain yang disahkan oleh Kepala Sekolah.
  4. Fotocopy Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), atau sejenisnya (jika ada).
  5. Surat Keterangan Tidak Mampu yang dikeluarkan oleh Kepala Desa.
  6. Fotocopy Kartu Keluarga (KK).
  7. Fotocopy rekening listrik 3 (tiga) bulan terakhir.
  8. Fotocopy bukti pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Langkah-langkah Pendaftaran KIP Kuliah di Universitas Muria Kudus :

  1. Mendaftar di Website KIP Kuliah (https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/) rekomendasi dari asal sekolah.
  2. Mendaftar di kantor PMB UMK dengan membawa persyaratan pendaftaran beasiswa KIP Kuliah (dari UMK) (bisa diakses https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/).
  3. Menyerahkan kartu tes pendaftaran beasiswa KIP Kuliah 2022 dengan pilihan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang dipilih adalah Universitas Muria Kudus.

Pendaftaran Beasiswa KIP Kuliah di Perguruan Tinggi Swasta dibuka mulai tanggal 8 Juni – 26 Juli 2022. Universitas Muria Kudus memprioritaskan penerima utama beasiswa KIP-K kepada pemegang KIP Pelajar, penerima Kartu Keluarga Sejahtera (KKS),dan calon mahasiswa yang kurang mampu namun berprestasi. (Humas-Linfokom)

Page 1 of 435