iden

Workshop Hipnoterapi untuk Konseling

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

UMK- Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (Progdi BK FKIP) Universitas Muria Kudus (UMK) akan menggelar workshop Aplikasi Hipnoterapi Dalam Konseling pada Kamis (23/06) di Ruang Seminar lantai 4 Gedung Rektorat UMK.
Acara yang akan dilaksanakan mulai pukul 07.30 WIB ini akan menghadirkan Anton Achmad Syukri Prihanto, S.Psi, CI, MCH (Instruktur hypnosis dan hypnotherapy pendiri Club Hipnotis), Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd. (Dosen Progdi BK FKIP UMK), Drs. Aswotono, M.Pd. (Pengawas SMP Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kudus), dan Drs. Ahmad Rifa’i. Kons. (Konselor SMP 1 Dawe Kudus) sebagai narasumber.
Menurut ketua panitia workshop, Drs. Sucipto, M.Pd, kegiatan workshop rencananya akan lebih banyak dilakukan secara praktik. “ Dasar teori hipnoterapi hanya sekitar 40 persen, selanjutnya 60 persen lainnya akan dilakukan praktik dengan dipandu instruktur dan asisten,” katanya.
Workshop dilakukan agar layanan konselor memenuhi kaidah dan kualifikasi secara profesional. Pasalnya, dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang diterapkan pada sistem persekolahan terkini, peranan konselor sangat penting untuk mengembangkan diri peserta didik.
Melalui workshop ini, panitia berharap kompetensi konselor akan meningkat, sehingga mereka benar-benar siap menghadapi berbagai perubahan yang terjadi di sekolah dan luar sekolah. Pasalnya, setelah memperoleh sertifikasi pendidik, banyak konselor merasa purna dan enggan melakukan peningkatan kapasitas diri. “Seharusnya tidak seperti itu. Profesionalitas, kualitas dan martabat sebagai konselor harus selalu ditingkatkan,” katanya.
Hipnoterapi, lanjut Sucipto, merupakan ilmu praktis yang akhir-akhir ini banyak dikembangkan dalam berbagai disiplin ilmu, termasuk konseling,  di mana konselor dapat mengembangkan keterampilan hipnoterapi untuk memberikan layanan konseling yang bertujuan membantu mengatasi masalah konseling. (Farih/Hoery-Portal).