iden

UMK Meriahkan Gebyar Ulang Tahun ke-31

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

UMK- Civitas akademika Universitas Muria Kudus (UMK) menggelar beragam acara dalam rangka memeriahkan gebyar ulang tahun UMK ke-31. Rangkaian kegiatan dihelat sejak akhir Mei hingga pertengahan Juli 2011.

Pada Minggu (12 Juni) nanti, perguruan tinggi yang embrionya bernama Sekolah Tinggi Ekonomi (STE) ini, akan menginjak ulang tahun ke-31 sejak berubah menjadi Universitas Muria Kudus. Universitas yang dalam rintisan pendiriaannya dimotori oleh Prof. Soehardjo, SS, SH dan Drs. Wuryanto ini dikukuhkan dengan SK Nomor 029/K/22/Kop/VI/1980 dan disempurnakan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 125/01982.

Sebagai wujud rasa syukur, pada hari jadi (Minggu) akan digelar tasyakuran di Aula Masjid Darul ‘Ilmi UMK. “Sebelumnya, jalan sehat bersama mitra dan masyarakat juga akan digelar. Panitia menyediakan banyak doorprize sepeda gunung sebanyak 31 buah, sesuai usia UMK,” kata Drs. RM. Hendy Hendro HS, MSi, selaku ketua panitia.

Meriah
“Bukan hanya ritual dan acara yang bersifat akademik, non-akademik, bahkan acara jenis hiburan juga disertakan,” tambah Hendy menjelaskan jenis acara yang digelar.
Kemasan acara, lanjut Hendy, oleh panitia memang sengaja tidak menghilangkan kesan edukatif, misalnya workshop dan seminar. Pada acara Pekan Teknologi dan Festival Pendidikan, di samping diisi seminar juga  dimeriahkan oleh lomba dan berbagai pameran-pameran, baik buku ataupun teknologi. Parade musik pun diikutsertakan.

Pada salah satu seminar yang sudah terlaksana, ujar Pembantu Rektor III ini, panitia mengundang Kepala Polisi Daerah  Jawa Tengah, Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol) Edward Aritonang.

“Beberapa acara seminar dan workshop juga masih ada dalam daftar untuk digelar. Berbagai pembicara berkualitas pun akan didatangkan,” terang Hendy.

Menurut rencana, seminar yang masih akan diselenggarakan di antaranya bertema, Penyelesaian Tipiring dan ADR (11 Juni), dan Antisipasi Perubahan Iklim Global (14 Juli). Tema Industri Kreatif dan Kompetitif sebagai Motor Perekonomian Baru juga dilaksanakan dalam kemasan seminar, bazar, lomba, dan pentas seni (14-18 Juni). Sementara workshop akan mengangkat tema Menumbuhkembangkan Potensi Anak (12 Juni 2011). Juga bedah buku "Cara Mendongkrak IPK" (23 Juni).

Sedangkan lomba, tambahnya, panitia akan mengemasnya dalam acara Lomba Lukis “Mengisi Ruang” (25 Juni), Racana Award dan Lomba Pramuka (23-28 Juni), dan Climbing Competition tingkat Jawa Tengah (16-18 Juli).
"Khusus bagi insan media massa, kami adakan lomba penulisan artikel atau berita features," katanya. Salah satu ketentuannya, tulisan telah dimuat di media massa dalam rentang waktu antara 1 Mei hingga 31 Juli 2011.

Prestasi
Menurut Hendy, pada  tahun ajaran 2010-2011 ini, UMK telah banyak meraih prestasi penghargaan, baik tingkat mahasiswa maupun dosen. “Pantas untuk dibanggakan, tahun ini UMK meraih PHKI B,” katanya.(Farih/Hoery-Portal)