iden

Frequently Asked Question

Informasi terkait menu dan layanan yang paling sering ditanyakan oleh pengguna website dapat diperoleh pada halaman ini.
Mahasiswa wajib tahu menu UMK Ku
Untuk apakah menu ini?
Ini adalah menu UMK Ku yang di inisiasi oleh BEM Universitas untuk memudahkan mahasiswa menemukan layanan yang ada untuk mereka. Di dalam menu tersebut berisi berbagai layanan yang biasa digunakan oleh mahasiswa. Jadi kalian tidak perlu mengingat ingat lagi alamat websitenya. Cukup ingat UMK Ku saja.
Ada berapa sih layanan bagi mahasiswa?
Ada berapa sih layanan bagi mahasiswa?
  1. Portal Akademik
  2. Portal KAWE
  3. Portal KKN
  4. Hotspot
  5. Email Civitas
Kemana harus lapor terkait layanan mahasiswa?
Mahasiswa lupa password Portal Akademik, Portal KAWE, Portal KKN, Hotspot?
Kirim email ke itsupport@umk.ac.id dengan menggunakan email civitas (nim@std.umk.ac.id), petugas kami akan segera membantu anda.
atau
Datang langsung ke UPT PSI Gedung V-Perpustakaan Pusat LT1 dengan WAJIB membawa KTM.
Lupa password SUNAN?
Datang langsung ke kantor LEMDIK Gedung A-Rektorat LT1.
KTM rusak/hilang?
Datang langsung ke kantor BAAK Gedung V-Perpustakaan Pusat LT1.
Cetak transkrip nilai mahasiswa?
Datang langsung ke kantor BAAK Gedung V-Perpustakaan Pusat LT1.
Belum punya akun email civitas (nim@std.umk.ac.id)?
Datang langsung ke UPT PSI Gedung V-Perpustakaan Pusat LT1 dengan WAJIB membawa KTM.
Cara memasang akun email civitas mahasiswa pada ponsel android?
Cek video tutorial yang ada di http://mail.umk.ac.id
aa
Jadwal bentrok atau kelas penuh?
Mahasiswa mencari kelas lain, agar jadwal yang diambil yang tidak bentrok. Apabila sudah dicoba semua kelas, namun masih bentrok, konsultasikan dengan Dosen Wali / Ka Prodi. Kewenangan pembuatan jadwal kelas dan kuota kelas ada pada Ka Prodi.
Pindah kelas atau ganti mata kuliah?
Mahasiswa dapat melakukan pindah kelas, ganti/batalkan mata kuliah sendiri dalam masa entri KRS SEBELUM disetujui oleh Dosen Wali / Pembimbing Akademik.
Apabila KRS SUDAH DISETUJUI dosen wali, maka pada masa entri KRS:
  1. Mahasiswa berkonsultasikan dengan dosen wali perihal keinginan pindah kelas/ganti/batal mata kuliah,
  2. Jika dosen wali menyetujui, maka dosen wali akan melakukan pembatalan persetujuan KRS,
  3. Apabila sudah dilakukan pembatalan persetujuan KRS oleh dosen wali, mahasiswa melakukan perpindahan kelas, atau ganti/pembatalan mata kuliah sesuai dengan hasil konsultasi dosen wali
  4. Jika sudah selesai, kemudian mahasiswa menghubungi dosen wali melakukan persetujuan KRS lagi.
Masa berlaku KRS mata kuliah Skripsi?
KRS mata kuliah skripsi berlaku selama 2 semester sejak pengambilan KRS Skripsi pertama kali.
Apabila masa berlaku skripsi sudah habis, maka mahasiswa diwajibkan untuk mengambil/entri mata kuliah skripsi lagi.
Pada semester ke-2 mahasiswa tetap entry mata kuliah Skripsi namun jumlah yang ditagihkan IDR 0,-
Riwayat pembayaran tidak tampil di portal akademik?
  • Mahasiswa dapat memantau histori/riwayat pembayaran di portal.umk.ac.id, klik disini.
  • Histori/Riwayat pembayaran tidak tampil di portal.umk.ac.id, berakibat pembayaran mahasiswa masih berstatus "Belum Bayar".
  • Mahasiswa yang entri KRS, namun status pembayaran masih berstatus "Belum Bayar", akan di-cleansing (dihapus) mata kuliahnya, yang akan dilaksanakan pada 1 minggu setelah periode pembayaran selesai.
  • Mata kuliah yang terhapus, akan mengakibatkan nama mahasiswa tidak tampil pada daftar hadir kuliah.
  • Apabila mahasiswa sudah melakukan pembayaran, namun tidak tampil histori pembayarannya, maka:
  1. Tunggu 2 x 24 jam setelah melakukan pembayaran di bank.
  2. Apabila lebih dari 2 x 24 jam histori pembayaran tidak tampil di portal.umk.ac.id, SEGERA konfirmasi pembayaran ke BAU dengan menunjukkan asli bukti pembayaran dari bank.
Cara memasang akun email civitas di ponsel android?
Cek video tutorial yang ada di http://mail.umk.ac.id