Menu

Informasi, Inspirasi dan Penumbuh Harapan

Oleh Dr. Suparnyo SH. MS.

9 Februari, diperingati sebagai Hari Pers Nasional (HPN). Untuk itu, secara pribadi maupun institusi, Saya mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional, semoga pers kita akan semakin baik secara kualitas, sehingga benar-benar bisa mengambil peran maksimal sebagai pilar keempat demokrasi.

Pasca reformasi 1998, pers (media massa) mengalami perkembangan yang luar biasa banyaknya. Dan pada 2017 ini, Dewan Pers melakukan verifikasi terhadap perusahaan pers), yang hasilnya sebanyak 74 perusahaan pers terlah terverifikasi. Salah satunya adalah Harian Suara Merdeka.

Suara Merdeka dengan Suara Muria sebagai halaman lokalnya di wilayah Eks Karesidenan Pati, merupakan salah satu ruang publik (public sphere) bagi masyarakat ‘di wilayahnya’. Beragam informasi dan inspirasi disajikan setiap hari melalui beragam konten yang dipublikasikannya.

Beragam informasi yang tersaji, tentu mendapatkan apresiasi yang berbeda pula di masyarakat, dan bisa menjadi salah satu masukan (input) bagi pemerintah dalam mengambil berbagai kebijakan.

Sedang inspirasi didapat, melalui berbagai profil inspiratif yang dimuat dengan latar belakang profesi yang berbeda-beda. Juga melalui penayangan prestasi lembaga (institusi) dan pemerintah.

Contoh kecil, yakni pemuatan berita mengenai kiprah Kabupaten Kudus dalam ajang Indonesian Fashion Week (IFW) yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC) pada Minggu, 5 Februari lalu. (Suara Muria, 8/2/2017)

Event bergengsi yang juga dihadiri para tokoh seperti Menteri Sri Mulyani, Duta  Besar Lebanon dan Palestina, ini tentu tidak sekadar menjadi ruang mengenalkan dan mempromosikan dunia fashion Kota Keretek, khususnya bordir dan batik, namun pada saat bersamaan juga akan meningkatkan citra dan penerimaan pasar akan produk fashion dari para pelaku usaha di Kudus.

Dengan begitu, perkembangan dunia fashion, utamanya bordir dan batik, yang mendapatkan perhatian dari Bupati H. Musthofa, pun menjadi angin segar bagi tumbuh dan berkembangnya industri ini di waktu-waktu selanjutnya, yang tentunya akan berdampak positif bagi perekonomian masyarakat.

Penumbuh Harapan

Bagi institusi pendidikan di wilayah Eks Karesidenan Pati, tak terkecuali Universitas Muria Kudus (UMK), keberadaan Suara Merdeka dan juga halaman daerah Suara Muria, sangat penting artinya. Ia menjadi salah satu mitra yang tidak bisa dinafikan perannya dalam menyebarkan informasi terkait berbagai hal yang telah dilakukan berikut prestasi sivitas akademikanya, yang pada gilirannya menaikkan citra positif institusi di masyarakat.

Dengan kata lain, halaman daerah Suara Muria merupakan salah satu media bagi UMK dan institusi pendidikan lain untuk berkomunikasi dengan publik, dengan terpublikasikannya berbagai informasi terkait aktivitas kampus yang bisa dibaca masyarakat luas.

Saat UMK menggelar Muria Cultural Program (MCP) yang diikuti 61 mahasiswa dari 14 Negara yang dilaksanakan pada 27-29 Oktober 2016 lalu, misalnya, tidak mungkin masyarakat luas mengetahuinya tanpa bantuan publikasi dari media massa, salah satunya dari Suara Merdeka (Suara Muria).

Saat hasil penelitian Kacamata Super Transparan (Kamasutra) karya mahasiswa UMK berhasil lolos sebagai finalis dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) 2015, masyarakat juga tidak akan pernah tahu jika media massa, khususnya Suara Merdeka, tidak memberitakannya. Juga berbagai karya dosen maupun mahasiswa.

Berbagai publikasi di Suara Merdeka berikut halaman daerah (Suara Muria) dan media lain tersebut, diakui atau tidak, turut menjadi penyemangat bagi sivitas akademika, dalam melaksanakan aktivitas Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dari semangat itu, pada gilirannya menumbuhkan harapan untuk selalu meningkatkan prestasi di berbagai bidang.

Ke depan, semoga Suara Muria tetap menjadi ‘media lokal’ yang mampu menumbuhkan inspirasi publik, khususnya institusi pendidikan, dengan menjadi mitra penting dalam mempublikasikan informasi, hasil karya dan prestasi publik, khususnya generasi muda, sehingga akan semakin meningkatkan motivasi publik dalam menatap masa depan di era global ini. Wallahu a’lam. (*)

 

Dr. Suparnyo SH. MS.,

Penulis adalah Rektor Universitas Muria Kudus (UMK)

Tulisan ini dimuat di Suara Muria Harian Suara Merdeka, Sabtu, 11 Februari 2017

Info Kopertis Wilayah VI

Info RISTEKDIKTI

Tajug

Informasi, Inspirasi dan Penumbuh Harapan

Oleh Dr. Suparnyo SH. MS.

9 Februari, diperingati sebagai Hari Pers Nasional (HPN). Untuk itu, secara pribadi maupun institusi, Saya mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional, semoga pers kita akan semakin baik secara kualitas, sehingga benar-benar bisa mengambil peran maksimal sebagai pilar keempat demokrasi.


Kepedulian Sosial Pasca Ramadhan

Oleh H. Suparnyo

Tak terasa, Ramadhan 1437 H / 2016 M akan segera berlalu dan Idul Fitri sudah di depan mata. Selama Ramadhan, umat Islam berlomba-lomba memperbanyak amal ibadahnya, salah satunya ditandainya dengan tumbuhnya rasa kepedulian sosial atau kedermawanan.


Ramadhan dan Etos Keilmuan Santri

Oleh H. Suparnyo

Mengawali tulisan ini, atas nama pimpinan Universitas Muria Kudus (UMK), saya ucapkan selamat menunaikan puasa Rama-dhan 1347 H. / 2016 M. kepada segenap sivitas akademika UMK secara khusus dan umat Islam sedunia umumnya.


Read More

Pengunjung

06805702
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Total
192
248
2026
6800280
5422
15138
6805702

IP: 192.168.1.34
Jam Server: 2019-12-14 04:38:56

Kami memiliki 26 tamu online

UMK DI GOOGLE MAP

Polling

Menurut Anda tampilan apa saja yang perlu dibenahi dari Website UMK ?

Desain - 43.1%
Warna - 16.5%
Menu - 11.8%
Tata Letak - 23.3%
Tidak Ada - 5.3%

Total votes: 399

Fakultas

Ekonomi
Hukum
FKIP
Pertanian
Teknik
Psikologi

Pascasarjana

Ilmu Hukum

Manajemen

Pendidikan Dasar

Fasilitas

Webmail
Portal Akademik
Repository UMK
Perpustakaan
E-learning
Jurnal
Jurnal Internasional
Portal Ketrampilan Wajib
Pengabdian Masyarakat

Pusat Studi

Pusat Studi Kawasan Muria
Pusat Studi Kretek Indonesia

Pusat Studi Wanita/Gender
Pusat Studi Lingkungan
Pusat Studi Pemerintah Daerah
Pusat Studi Saint,Teknologi dan HAKI

Kemahasiswaan

Pena Kampus
KSR PMI
Menwa Gondho Wingit

Scan this QR Code!
Go to top