Menu

Karakter Gusjigang

Oleh H. Suparnyo

Gusjigang bukanlah kata yang asing bagi masyarakat Kudus. Ia adalah sebuah akronim yang telah menjadi spirit dalam kehidupan masyarakat Kota Kretek ini. Ngaji, Perilakunya Bagus, dan Pandai Berdagang (Gusjigang) telah menjadi “way of live” dinamika sosial kehidupan masyarakat.

Nilai-nilai filosofis dalam Gusjigang inilah, yang menjadikan Kudus sebagai kota kecil mendapatkan tempat terhormat di mata publik, lantaran dalam perjalanan sejarah bangsa, Kudus memiliki peranan besar bagi perjalanan kehidupan bangsa.

Dalam hal pendidikan, Kudus adalah salah satu barometer pengembangan pendidikan di Jawa Tengah, khususnya di Pantura timur provinsi ini, karena keberadaan berbagai perguruan tinggi yang ada, khususnya Universitas Muria Kudus (UMK), ratusan pesantren, dan level pendidikan lainnya.

Dalam hal pengembangan ekonomi, Kudus ditopang oleh keberadaan perusahaan-perusahaan besar skala nasional, bahkan internasional, sehingga tingkat kesejahteraan masyarakat relatif baik jika dibanding dengan beberapa kabupaten/kota sekitarnya.

Selain keberadaan berbagai perusahaan besar, banyak juga usaha kecil yang dikembangkan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), yang juga mengambil peran besar dalam mengangkat perekonomian masyarakat.

Tingkat pengembangan keilmuan yang baik dan perekonomian yang mapan di Kudus, tentu tidak terbentuk dengan sendirinya. Namun ada nilai-nilai atau spirit yang berkontribusi bagi pengembangan itu semua.

Gusjigang, falsafah yang telah terinternalisasi pada alam pikiran masyarakat inilah, diakui atau tidak, telah menjadi inspirasi. Tidak sekadar menjadi cerdas, tetapi juga memiliki jiwa berdagang (entrepreneur) yang mumpuni.

Semangat itulah yang kemudian mengilhami UMK mengambil ‘’ruh’’ Gusjigang sebagai nilai-nilai warisan Kanjeng Sunan Kudus yang mesti diinternalisasikan kepada para generasi muda, khususnya mahasiswa UMK.

Nilai-nilai Gusjigang itu, di UMK, kemudian mengilhami adanya Keterampilan Wajib (KW) Kewirausahaan. Harapan yang tersemat dari KW Kewirausahaan, bahwa selepas lulus dari UMK, para alumni tidak sekadar menjadi pencari kerja, tetapi bisa membuka peluang kerja (usaha) sendiri bagi diri dan orang lain.

Karakter Gusjigang inilah yang mesti jadi pelajaran berharga, yang selanjutnya bisa diaplikasikan dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa. Gusjigang ini menjadi teladan yang sangat penting, karena dengan itu seseorang didorong menjadi kreatif, mandiri, dan cerdas, namun tanpa menafikan nilai-nilai kesantunan (perilaku bagus). Wallahu a’lam. (*)

 

Dr. H. Suparnyo SH. MS.,

Penulis adalah Rektor Universitas Muria Kudus (UMK)

Info Kopertis Wilayah VI

Info RISTEKDIKTI

Tajug

Informasi, Inspirasi dan Penumbuh Harapan

Oleh Dr. Suparnyo SH. MS.

9 Februari, diperingati sebagai Hari Pers Nasional (HPN). Untuk itu, secara pribadi maupun institusi, Saya mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional, semoga pers kita akan semakin baik secara kualitas, sehingga benar-benar bisa mengambil peran maksimal sebagai pilar keempat demokrasi.


Kepedulian Sosial Pasca Ramadhan

Oleh H. Suparnyo

Tak terasa, Ramadhan 1437 H / 2016 M akan segera berlalu dan Idul Fitri sudah di depan mata. Selama Ramadhan, umat Islam berlomba-lomba memperbanyak amal ibadahnya, salah satunya ditandainya dengan tumbuhnya rasa kepedulian sosial atau kedermawanan.


Ramadhan dan Etos Keilmuan Santri

Oleh H. Suparnyo

Mengawali tulisan ini, atas nama pimpinan Universitas Muria Kudus (UMK), saya ucapkan selamat menunaikan puasa Rama-dhan 1347 H. / 2016 M. kepada segenap sivitas akademika UMK secara khusus dan umat Islam sedunia umumnya.


Read More

Pengunjung

06805676
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Total
166
248
2000
6800280
5396
15138
6805676

IP: 192.168.1.34
Jam Server: 2019-12-14 04:22:25

Kami memiliki 23 tamu online

UMK DI GOOGLE MAP

Polling

Menurut Anda tampilan apa saja yang perlu dibenahi dari Website UMK ?

Desain - 43.1%
Warna - 16.5%
Menu - 11.8%
Tata Letak - 23.3%
Tidak Ada - 5.3%

Total votes: 399

Fakultas

Ekonomi
Hukum
FKIP
Pertanian
Teknik
Psikologi

Pascasarjana

Ilmu Hukum

Manajemen

Pendidikan Dasar

Fasilitas

Webmail
Portal Akademik
Repository UMK
Perpustakaan
E-learning
Jurnal
Jurnal Internasional
Portal Ketrampilan Wajib
Pengabdian Masyarakat

Pusat Studi

Pusat Studi Kawasan Muria
Pusat Studi Kretek Indonesia

Pusat Studi Wanita/Gender
Pusat Studi Lingkungan
Pusat Studi Pemerintah Daerah
Pusat Studi Saint,Teknologi dan HAKI

Kemahasiswaan

Pena Kampus
KSR PMI
Menwa Gondho Wingit

Scan this QR Code!
Go to top