Menu

Membangun Kritisisme dan Kepedulian Sosial

Oleh Suparnyo

Selamat datang kepada mahasiswa baru Universitas Muria Kudus (UMK) tahun ajaran 2015/2016, selamat bergabung dengan kami di kampus yang mengemban misi mulia, mendidik generasi bangsa agar menjadi generasi ‘’Cerdas dan Santun’’.

Bersyukur kepada Allah SWT., Tuhan Yang Maha Kuasa, menjadi sebuah keniscayaan, karena tidak semua anak memiliki kesempatan untuk mengenyam pendidikan di perguruan tinggi. Maka, bisa duduk di bangku perguruan tinggi, merupakan satu nikmat yang tiada ternilai.

Pertanyaannya, dengan apa rasa syukur itu mesti dimanifestasikan, sehingga tidak sekadar di bibir? Inilah yang mesti menjadi pemikiran bersama para mahasiswa baru, sehingga ada orientasi dalam menjalani hari-hari sebagai mahasiswa.

Bagi saya, ada dua poin penting yang mesti diperhatikan. Pertama, bagaimana kritisisme mahasiswa bisa terbangun, dan keduanya adalah bagaimana rasa kepedulian sosial bisa terpupuk di sanubari para mahasiswa.

Kritisisme mahasiswa ini akan lahir, jika mahasiswa tidak hanya sekadar datang ke kampus kuliah lalu pulang setelahnya. Melainkan harus melakoni berbagai aktivitas, antara lain dengan rajin membaca buku dan ikut berorganisasi untuk mematangkan bakat yang disenangi.

Harus dipahami, prestasi mahasiswa itu tidak sekadar di bidang akademik saja. Prestasi non akademik, baik itu di bidang seni dan olah raga, juga menjadi hal yang sangat penting. Maka, raihlah prestasi untuk mengharumkan UMK dan Indonesai di masa-masa mendatang.

Di luar itu, aktivitas membaca dan berkegiatan di organisasi mahasiswa, juga akan membentuk watak (karakter) serta bisa berkontribusi membangun daya nalar dan kritisisme mahasiswa.

Selanjutnya, bagaimana rasa kepedulian sosial bisa terpupuk di sanubari mahasiswa? Mahasiswa, pada dasarnya merupakan bagian dari kelompok masyarakat terdidik, yang tidak sekadar memiliki tugas belajar, tetapi juga harus mengambil peran dalam perubahan dan pembangunan masyarakat.

Rasa kepedulian sosial ini, tentu tidak bisa tumbuh dengan sendirinya. Mahasiswa mesti sering menyambangi dan hadir di tengah-tengah masyarakat, sehingga bisa mengetahui apa yang bisa dilakukan untuk membantu memberdayakan masyarakat.

Sering menyambangi (silaturahmi) dan hadir di tengah-tengah masyarakat inilah, yang telah dilakukan oleh para tokoh bangsa dan masyarakat, sehingga mereka bisa mengambil peran yang besar bagi pembangunan masyarakat dan bangsa.

Soekarno, KH. Hasyim Asy’ari, KH. Ahmad Dahlan, KH. Abdurrahman Wahid, adalah contoh figur tokoh nasional yang begitu dekat sekali dengan masyarakat. Maka, mereka pun bisa mengambil peran yang demikian besar bagi perjuangan dan pembangunan masyarakat Indonesia.

Akhirnya, sekali lagi saya berpesan kepada para mahasiswa baru, rajinlah membaca buku, berdiskusi, dan kembangkan bakat yang Anda miliki. Sebab, tanpa Anda sadari, jalan itu nantinya pasti akan memberikan kontribusi bagi kesuksesan Anda di masa depan. Wassalam.  (*)

 

Dr. H. Suparnyo, S.H., M.S., Rektor Universitas Muria Kudus

Info Kopertis Wilayah VI

Info RISTEKDIKTI

Tajug

Informasi, Inspirasi dan Penumbuh Harapan

Oleh Dr. Suparnyo SH. MS.

9 Februari, diperingati sebagai Hari Pers Nasional (HPN). Untuk itu, secara pribadi maupun institusi, Saya mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional, semoga pers kita akan semakin baik secara kualitas, sehingga benar-benar bisa mengambil peran maksimal sebagai pilar keempat demokrasi.


Kepedulian Sosial Pasca Ramadhan

Oleh H. Suparnyo

Tak terasa, Ramadhan 1437 H / 2016 M akan segera berlalu dan Idul Fitri sudah di depan mata. Selama Ramadhan, umat Islam berlomba-lomba memperbanyak amal ibadahnya, salah satunya ditandainya dengan tumbuhnya rasa kepedulian sosial atau kedermawanan.


Ramadhan dan Etos Keilmuan Santri

Oleh H. Suparnyo

Mengawali tulisan ini, atas nama pimpinan Universitas Muria Kudus (UMK), saya ucapkan selamat menunaikan puasa Rama-dhan 1347 H. / 2016 M. kepada segenap sivitas akademika UMK secara khusus dan umat Islam sedunia umumnya.


Read More

Pengunjung

06805620
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Total
110
248
1944
6800280
5340
15138
6805620

IP: 192.168.1.34
Jam Server: 2019-12-14 03:56:56

Kami memiliki 75 tamu online

UMK DI GOOGLE MAP

Polling

Menurut Anda tampilan apa saja yang perlu dibenahi dari Website UMK ?

Desain - 43.1%
Warna - 16.5%
Menu - 11.8%
Tata Letak - 23.3%
Tidak Ada - 5.3%

Total votes: 399

Fakultas

Ekonomi
Hukum
FKIP
Pertanian
Teknik
Psikologi

Pascasarjana

Ilmu Hukum

Manajemen

Pendidikan Dasar

Fasilitas

Webmail
Portal Akademik
Repository UMK
Perpustakaan
E-learning
Jurnal
Jurnal Internasional
Portal Ketrampilan Wajib
Pengabdian Masyarakat

Pusat Studi

Pusat Studi Kawasan Muria
Pusat Studi Kretek Indonesia

Pusat Studi Wanita/Gender
Pusat Studi Lingkungan
Pusat Studi Pemerintah Daerah
Pusat Studi Saint,Teknologi dan HAKI

Kemahasiswaan

Pena Kampus
KSR PMI
Menwa Gondho Wingit

Scan this QR Code!
Go to top