Menu

Mapala Arga Dahana dan Mahupa Ikuti Bersih Pantai Bondo

JEPARA – Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Arga Dahana Universitas Muria Kudus (UMK) dan Mahasiswa Fakultas Hukum Pecinta Alam (Mahupa) UMK, mengikuti kegiatan bersih Pantai Bondo, Jepara, belum lama ini.

Selain bersih pantai, kegiatan lain dalam kegiatan yang diikuti Mapala dari berbagai Perguruan Tinggi (PT) di Eks Karesidenan Pati, yaitu sosialisasi pengelolaan sampah di masyarakat.

‘’Pesertanya cukup banyak, sekitar 80 anggota Mapala. Selain dari UMK, peserta datang dari Palwa 51 STAIN Kudus, Macupa STIKES Cendekia Utama Kudus, Kompas STIE YPPI Rembang, serta Mapala Unisnu Jepara yang terdiri atas Wapalhi, Cartens, dan Matarna,’’ ujar Jamaluddin, anggota Mapala Arga Dahana UMK.

Jamaluddin menjelaskan, untuk sosialisasi pengelolaan sampah, sasarannya adalah pemuda dan masyarakat, sementara untuk bersih pantai, dilakukan di Pantai Bondo. ‘’Sosialisasi antara lain bagaimana mengelola bank sampah dan pengelolaan sampah anorganik,’’ lanjutnya menambahkan.

Sementara terkait kebersihan Pantai Bondo, dia sangat prihatin, lantaran meski saat ini sudah cukup dikenal dan banyak masyarakat berkunjung, namun kebersihan pantai masih belum tertangani dengan baik.

‘’Kebersihan Pantai Bondo perlu ditingkatkan. Betapa tidak. Saat kami para aktivis Mapala melakukan bersih Pantai Bondo waktu, banyak sampah dengan beragam jenis berserakan. Mulai dari sampah kayu, sampah plastik, botol kemasan air mineral, hingga bungkus snack (makanan ringan),’’ katanya.

Dia pun menekankan pentingnya menjaga kebersihan Pantai Bondo, dan tempat-tempat lain secara umum. ‘’Pantai Bondo ini tempat wisata, sehingga akan menjadi persoalan jika sampah dibuang sembarangan, karena akan berdampak buruk pada pengelolaan dan pengembangannya,’’ tuturnya. (Eros-Portal)

Info Kopertis Wilayah VI

Info RISTEKDIKTI

Tajug

Informasi, Inspirasi dan Penumbuh Harapan

Oleh Dr. Suparnyo SH. MS.

9 Februari, diperingati sebagai Hari Pers Nasional (HPN). Untuk itu, secara pribadi maupun institusi, Saya mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional, semoga pers kita akan semakin baik secara kualitas, sehingga benar-benar bisa mengambil peran maksimal sebagai pilar keempat demokrasi.


Kepedulian Sosial Pasca Ramadhan

Oleh H. Suparnyo

Tak terasa, Ramadhan 1437 H / 2016 M akan segera berlalu dan Idul Fitri sudah di depan mata. Selama Ramadhan, umat Islam berlomba-lomba memperbanyak amal ibadahnya, salah satunya ditandainya dengan tumbuhnya rasa kepedulian sosial atau kedermawanan.


Ramadhan dan Etos Keilmuan Santri

Oleh H. Suparnyo

Mengawali tulisan ini, atas nama pimpinan Universitas Muria Kudus (UMK), saya ucapkan selamat menunaikan puasa Rama-dhan 1347 H. / 2016 M. kepada segenap sivitas akademika UMK secara khusus dan umat Islam sedunia umumnya.


Read More

Pengunjung

06804133
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Total
457
241
457
6800280
3853
15138
6804133

IP: 192.168.1.34
Jam Server: 2019-12-08 20:00:36

Kami memiliki 69 tamu online

UMK DI GOOGLE MAP

Polling

Menurut Anda tampilan apa saja yang perlu dibenahi dari Website UMK ?

Desain - 43.1%
Warna - 16.5%
Menu - 11.8%
Tata Letak - 23.3%
Tidak Ada - 5.3%

Total votes: 399

Fakultas

Ekonomi
Hukum
FKIP
Pertanian
Teknik
Psikologi

Pascasarjana

Ilmu Hukum

Manajemen

Pendidikan Dasar

Fasilitas

Webmail
Portal Akademik
Repository UMK
Perpustakaan
E-learning
Jurnal
Jurnal Internasional
Portal Ketrampilan Wajib
Pengabdian Masyarakat

Pusat Studi

Pusat Studi Kawasan Muria
Pusat Studi Kretek Indonesia

Pusat Studi Wanita/Gender
Pusat Studi Lingkungan
Pusat Studi Pemerintah Daerah
Pusat Studi Saint,Teknologi dan HAKI

Kemahasiswaan

Pena Kampus
KSR PMI
Menwa Gondho Wingit

Scan this QR Code!
Go to top