Menu

Mahasiswa KKN Diharapkan Memberikan Solusi Problem-problem di Masyarakat

DEMAK – Sebanyak 651 mahasiswa Universitas Muria Kudus (UMK) telah diterjunkan dan mengabdi pada masyarakat Demak melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN). Kegiatan KKN yang berlangsung mulai 16 Januari itu akan berakhir pada 16 Februari mendatang.

KKN yang digelar awal tahun 2017 itu, berlangsung di dua kecamatan, yaitu Kecamatan Gajah dan Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak. Penerjunan KKN dilaksanakan di Pendapa Kabupaten.

Rektor UMK, Dr. Suparnyo SH. MS., mengatakan, KKN ini adalah KKN Tematik Pos Pemberdayaan Masyarakat (Posdaya). ‘’KKN Posdaya merupakan program pemerintah yang ditujukan untuk mengurangi angka kemiskinan masyarakat,’’ ujarnya.

Dia mengatakan, ada empat pilar yang harus dijalankan mahasiswa dalam KKN Tematik Posdaya, yaitu pendidikan, kesehatan, ekonomi dan lingkungan. “Kami sampaikan terima kasih kepada pemerintahan Kabupaten Demak atas kerja sama yang baik dalam beberapa periode ini,’’ katanya.

Suparnyo menuturkan, melalui KKN, diharapkan kerja sama antara UMK dan Kabupaten Demak bisa lebih ditingkatkan lagi melalui pendatangan Memorandum of Understanding (MoU) di kemudian hari.

Kepada mahasiswa ia berpesan, agar program kerja yang dijalankan mampu memberi solusi pada masyarakat. ‘’Mahasiswa juga kami harapkan ikut berperan mendorong meningkatkan bidang pendidikan dan ekonomi,’’ tegasnya. 

Dengan mengambil peran maksimal melalui kegiatan KKN, lanjutnya, mahasiswa setelah lulus akan lebih memahami dan mampu mengembangkan diri di masyarakat. ‘’Dalam waktu satu bulan, mahasiswa harus membaur dengan masyarakat, sehingga harus mematuhi adat istiadat yang ada di lingkungan masyarakat,’’ tuturnya.

Bupati Kabupaten Demak, M. Natsir, mengemukakan, mahasiswa sebagi bagian dari kaum intelektual, diharapkan bisa menemukan solusi terhadap masalah yang dialami masyarakat. ‘’Tak ada masalah yang tidak ada solusinya. Berpikirlah, susun, dan laksanakan program dengan baik,’’ tuturnya. (Islakhul Muttaqin-Portal)

Info Kopertis Wilayah VI

Info RISTEKDIKTI

Tajug

Informasi, Inspirasi dan Penumbuh Harapan

Oleh Dr. Suparnyo SH. MS.

9 Februari, diperingati sebagai Hari Pers Nasional (HPN). Untuk itu, secara pribadi maupun institusi, Saya mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional, semoga pers kita akan semakin baik secara kualitas, sehingga benar-benar bisa mengambil peran maksimal sebagai pilar keempat demokrasi.


Kepedulian Sosial Pasca Ramadhan

Oleh H. Suparnyo

Tak terasa, Ramadhan 1437 H / 2016 M akan segera berlalu dan Idul Fitri sudah di depan mata. Selama Ramadhan, umat Islam berlomba-lomba memperbanyak amal ibadahnya, salah satunya ditandainya dengan tumbuhnya rasa kepedulian sosial atau kedermawanan.


Ramadhan dan Etos Keilmuan Santri

Oleh H. Suparnyo

Mengawali tulisan ini, atas nama pimpinan Universitas Muria Kudus (UMK), saya ucapkan selamat menunaikan puasa Rama-dhan 1347 H. / 2016 M. kepada segenap sivitas akademika UMK secara khusus dan umat Islam sedunia umumnya.


Read More

Pengunjung

06764549
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Total
245
259
245
6762773
5013
5915
6764549

IP: 192.168.1.34
Jam Server: 2019-08-25 08:26:42

Kami memiliki 17 tamu online

UMK DI GOOGLE MAP

Polling

Menurut Anda tampilan apa saja yang perlu dibenahi dari Website UMK ?

Desain - 43.1%
Warna - 16.5%
Menu - 11.8%
Tata Letak - 23.3%
Tidak Ada - 5.3%

Total votes: 399

Fakultas

Ekonomi
Hukum
FKIP
Pertanian
Teknik
Psikologi

Pascasarjana

Ilmu Hukum

Manajemen

Pendidikan Dasar

Fasilitas

Webmail
Portal Akademik
Repository UMK
Perpustakaan
E-learning
Jurnal
Jurnal Internasional
Portal Ketrampilan Wajib
Pengabdian Masyarakat

Pusat Studi

Pusat Studi Kawasan Muria
Pusat Studi Kretek Indonesia

Pusat Studi Wanita/Gender
Pusat Studi Lingkungan
Pusat Studi Pemerintah Daerah
Pusat Studi Saint,Teknologi dan HAKI

Kemahasiswaan

Pena Kampus
KSR PMI
Menwa Gondho Wingit

Scan this QR Code!
Go to top