Menu

Habib Umar Mutohhar: Jangan Mudah Termakan Isu ataupun Fitnah

JEPARA - Masjid Jami’ Al Ma’mur, Sinanggul, Kecamatan Mlonggo, Jepara menyelenggarakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, baru-baru ini. Gebyar Maulid dan Gema Sholawat merupakan agenda rutin di Masjid Mbah Sahil, salah satu tokoh masyarakat jepara yang wafat beberapa tahun lalu.

Habib Umar Mutohhar dari Semarang yang didaulat untuk menyampaikan tausiyah, dalam kesempatan itu mengingatkan, agar masyarakat tidak mudah terpecah belah dengan isu ataupun fitnah yang berkembang dewasa ini.

‘’Maka dalam mengakses informasi, terutama pemberitaan yang tersebar di media sosial, harus selektif. Berita-berita di media sosial bisa iya (benar) ataupun tidak. Kalau kita tidak waspada dan hati-hati, bisa berdampak negatif jika ternyata berita yang kita akses berita tidak benar,’’ katanya.  

Terkait merebaknya informasi (pemberitaan), umat Islam diharapkan tidak langsung percaya, melainkan memeriksa kebenarannya terlebih dahulu. Dia pun menceritakan, bahwa di zaman Rasulullah Muhammad SAW., hampir terjadi perang yang diakibatkan salah informasi.

‘’Dulu, Rasulullah menyuruh seorang utusan untuk mengambil zakat dari suatu kaum. Sebelum sampai tujuan, utusan kembali menghadap rasulullah karena di tengah perjalanan seseorang (syaitan) menghampiri dan menceritakan, bahwa kaum tersebut sudah tak mau membayar zakat dan mengancam akan membunuh utusan tersebut,’’ tutur Habib Umar mengisahkan.

Utusan itu pun kembali dan menceritakan kepada Rasulullah, sehingga kaum muslimin diperintahkan segera memerangi kaum tersebut, karena dianggap telah murtad. Akan tetapi kemudian Rasulullah mengurungkan niatnya, dan mengutus kembali seorang sahabat untuk mencari tahu kebenaran informasi tersebut.

Ternyata, kedatangan sahabat Rasulullah disambut dengan antusias dan tak sesuai yang dikahawatirkan oleh utusan pertama. ‘’Nek ono wong sing nggak jelas, nggowo kabar ojo langsung nok percoyo, di check riyen’’ tegas Habib Umar Mutohhar di hadapan ribuan jamaah.

Sementara itu, selain pengajian, panitia Gebyar Maulid dan Gema Shalawat Masjid Mbah Sahil, juga menggelar serangkaian kegiatan lain, seperti ziarah ke makam KH. Nawawi, K. Ismail dan KH. Muhammad Ibnu Sahil. Ada juga pengobatan gratis, donor darah, dan khitanan massal. (Wahab-Portal)

Info Kopertis Wilayah VI

Info RISTEKDIKTI

Tajug

Informasi, Inspirasi dan Penumbuh Harapan

Oleh Dr. Suparnyo SH. MS.

9 Februari, diperingati sebagai Hari Pers Nasional (HPN). Untuk itu, secara pribadi maupun institusi, Saya mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional, semoga pers kita akan semakin baik secara kualitas, sehingga benar-benar bisa mengambil peran maksimal sebagai pilar keempat demokrasi.


Kepedulian Sosial Pasca Ramadhan

Oleh H. Suparnyo

Tak terasa, Ramadhan 1437 H / 2016 M akan segera berlalu dan Idul Fitri sudah di depan mata. Selama Ramadhan, umat Islam berlomba-lomba memperbanyak amal ibadahnya, salah satunya ditandainya dengan tumbuhnya rasa kepedulian sosial atau kedermawanan.


Ramadhan dan Etos Keilmuan Santri

Oleh H. Suparnyo

Mengawali tulisan ini, atas nama pimpinan Universitas Muria Kudus (UMK), saya ucapkan selamat menunaikan puasa Rama-dhan 1347 H. / 2016 M. kepada segenap sivitas akademika UMK secara khusus dan umat Islam sedunia umumnya.


Read More

Pengunjung

06805640
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Total
130
248
1964
6800280
5360
15138
6805640

IP: 192.168.1.34
Jam Server: 2019-12-14 04:00:47

Kami memiliki 78 tamu online

UMK DI GOOGLE MAP

Polling

Menurut Anda tampilan apa saja yang perlu dibenahi dari Website UMK ?

Desain - 43.1%
Warna - 16.5%
Menu - 11.8%
Tata Letak - 23.3%
Tidak Ada - 5.3%

Total votes: 399

Fakultas

Ekonomi
Hukum
FKIP
Pertanian
Teknik
Psikologi

Pascasarjana

Ilmu Hukum

Manajemen

Pendidikan Dasar

Fasilitas

Webmail
Portal Akademik
Repository UMK
Perpustakaan
E-learning
Jurnal
Jurnal Internasional
Portal Ketrampilan Wajib
Pengabdian Masyarakat

Pusat Studi

Pusat Studi Kawasan Muria
Pusat Studi Kretek Indonesia

Pusat Studi Wanita/Gender
Pusat Studi Lingkungan
Pusat Studi Pemerintah Daerah
Pusat Studi Saint,Teknologi dan HAKI

Kemahasiswaan

Pena Kampus
KSR PMI
Menwa Gondho Wingit

Scan this QR Code!
Go to top