Menu

Mapala Arga Dahana Muncak di Merbabu

MAGELANG – Para aktivis Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Arga Dahana Universitas Muria Kudus (UMK) dan beberapa mahasiswa dari beberapa Program Studi (Prodi) di UMK, melakukan pendakian (muncak) di Gunung Merbabu, Magelang, baru-baru ini.

Pendakian ini dalam rangka tadabbur alam, menyaksikan kebesaran Tuhan Yang Maha Kuasa melalui ciptaannya. ‘’Banyak pelajaran atau hikmah yang bisa kita ambil dengan mendaki gunung,’’ ujar Sofia Ranti, salah satu peserta pendakian.

Acara muncak Merbabu itu, dilakukan menggunakan jalur Selo, Boyolali. ‘’Ada 12 mahasiswa yang terlibat dalam pendakian ini. Pendakian ini dipimpin oleh Farid Anharul Ilmi dari Mapala Arga Dahana,’’ terangnya.

Menurut Ranti –sapaan Sofia Ranti- selama pendakian, banyak bertemu dengan para pendaki lain dari berbagai daerah di Indonesia. ‘’Waktu itu, tim pendakian UMK juga berpapasan dengan beberapa pendaki dari luar negeri,’’ katanya.

Dia menambahkan, Gunung Merbabu, merupakan salah satu favorit para pendaki untuk menaklukkannya. ‘’Tidak mudah menaklukkan Gunung Merbabu yang memiliki ketinggian sekitar 3.142 Mdpl. Medannya cukup berat,’’  ungkapnya diamini Zainul Abidin, mahasiswa Prodi Teknik Elektro.

Lebih lanjut mahasiswa semester III Prodi Bimbingan dan Konseling (BK) ini mengutarakan, untuk sampai di puncak, dia bersama pendaki dari UMK menempuh perjalanan dua hari naik turun. ‘’Kami memang nggak buru-buru dalam mendaki. Pendakian dilakukan dengan santai sembari menikmati indahnya alam sekitar,’’ tuturnya.

Sampai di atas, yakni di Pincak Kenteng Songo, para mahasiswa UMK ini mengibarkan bendera merah dan panji UKM Mapala Arga Dahana. ‘’Menyenangkan sekali bisa muncak di Merbabu. Suatu saat, Saya berharap bisa kembali lagi ke sini,’’ papar Ranti yang mengaku sudah suka muncak gunung sejak di bangku tingkat SMA, antara lain ke puncak Gunung Muria, Gunung Andong, dan Gunung Ungaran. (Eros-Portal)

Info Kopertis Wilayah VI

Info RISTEKDIKTI

Tajug

Informasi, Inspirasi dan Penumbuh Harapan

Oleh Dr. Suparnyo SH. MS.

9 Februari, diperingati sebagai Hari Pers Nasional (HPN). Untuk itu, secara pribadi maupun institusi, Saya mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional, semoga pers kita akan semakin baik secara kualitas, sehingga benar-benar bisa mengambil peran maksimal sebagai pilar keempat demokrasi.


Kepedulian Sosial Pasca Ramadhan

Oleh H. Suparnyo

Tak terasa, Ramadhan 1437 H / 2016 M akan segera berlalu dan Idul Fitri sudah di depan mata. Selama Ramadhan, umat Islam berlomba-lomba memperbanyak amal ibadahnya, salah satunya ditandainya dengan tumbuhnya rasa kepedulian sosial atau kedermawanan.


Ramadhan dan Etos Keilmuan Santri

Oleh H. Suparnyo

Mengawali tulisan ini, atas nama pimpinan Universitas Muria Kudus (UMK), saya ucapkan selamat menunaikan puasa Rama-dhan 1347 H. / 2016 M. kepada segenap sivitas akademika UMK secara khusus dan umat Islam sedunia umumnya.


Read More

Pengunjung

06805687
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Total
177
248
2011
6800280
5407
15138
6805687

IP: 192.168.1.34
Jam Server: 2019-12-14 04:29:06

Kami memiliki 25 tamu online

UMK DI GOOGLE MAP

Polling

Menurut Anda tampilan apa saja yang perlu dibenahi dari Website UMK ?

Desain - 43.1%
Warna - 16.5%
Menu - 11.8%
Tata Letak - 23.3%
Tidak Ada - 5.3%

Total votes: 399

Fakultas

Ekonomi
Hukum
FKIP
Pertanian
Teknik
Psikologi

Pascasarjana

Ilmu Hukum

Manajemen

Pendidikan Dasar

Fasilitas

Webmail
Portal Akademik
Repository UMK
Perpustakaan
E-learning
Jurnal
Jurnal Internasional
Portal Ketrampilan Wajib
Pengabdian Masyarakat

Pusat Studi

Pusat Studi Kawasan Muria
Pusat Studi Kretek Indonesia

Pusat Studi Wanita/Gender
Pusat Studi Lingkungan
Pusat Studi Pemerintah Daerah
Pusat Studi Saint,Teknologi dan HAKI

Kemahasiswaan

Pena Kampus
KSR PMI
Menwa Gondho Wingit

Scan this QR Code!
Go to top