Menu

Keteladanan Gus Dur

KUDUS – Kecintaan dan kerinduan akan sosok KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dalam diri warga nahdliyyin, memang sangat besar. Tak heran, jika menjelang haulnya, banyak pihak yang menggelar berbagai kegiatan untuk mengenang sosok yang wafat pada 30 Desember 2009 lalu itu.

Salah satunya adalah diskusi dan bedah buku yang diselenggarakan oleh warga Nahdlatul Ulama (NU) di Kecamatan Gebog, Kudus. Minggu sore (18/12/2016), bertempat di Aula MA NU. Nurussalam, diskusi dan bedah novel biografi Gus Dur, digelar.

Acara ini dihadiri langsung sang penulis buku, Aguk Irawan MN. Sedang sebagai pembedah, yaitu KH. Asyrofi Masyito (ketua Lakpesdam Kudus) dan Dr. KH. Ahmad Faiz LC. MA. (mantan Rois Syuriyah PCINU Turki). Diskusi dan bedah buku dipandu oleh Rosidi (staf Humas Universitas Muria Kudus/ UMK).

Dalam kesempatan itu, Agus menyampaikan banyak keteladanan Gus Dur. Menurutnya, Gus Dur tidak sekadar intelektual NU yang suka melakukan pengembaraan untuk mencari ilmu semasa muda, namun mantan Presiden RI itu juga sosok yang sangat romantis.

Sikap romantis Gus Dur itu, mewujud dengan seringnya ia mengirim surat cinta kepada Sinta Nuriyah, baik sebelum maupun sesudah menjadi istrinya. ‘’Menariknya, saat berkirim surat, selalu disertai buku dan bunga,’’ kisahnya.

Tak hanya itu, Gus Dur yang dikenal kontroversial dan memiliki banyak joke, ini juga sangat menghormati perempuan. Hampir semua pekerjaan rumah tangga dia kerjakan sendiri, seperti mencuci piring, mencuci, dan memasak.

Suatu ketika, Sinta Nuriyah, meminta kepada Gus Dur agar mengizinkannya memasak, paling tidak jika ada tamu-tamu datang ke rumah. Namun Gus Dur mengatakan, bahwa seorang laki-laki mencuci piring bahkan memasak, toh bukan pekerjaan jelek.

‘’Jadi Bu Sinta itu lebih banyak membikinkan teh untuk Gus Dur. Ini bentuk tanggung jawab dan keteladanan Gus Dur dalam memuliakan perempuan. Ini teladan bagus bagi para laki-laki, suami dan kita semua,” terang Aguk.

KH. Asyrofi dalam bedah buku itu, menyampaikan pengalamannya saat bersua dan silaturrahim dengan Gus Dur. Dia sependapat dengan Aguk, bahwa selain cerdas dan romasntis, ia juga tokoh yang dicintai banyak orang, sehingga banyak penulis yang mengangkat sisi-sisi kehidupannya dalam sebuah buku.

“Karena cintanya kepada Gus Dur, banyak orang yang kemudian menulis sesuatu tentangnya. Maka tak heran jika kita temui banyak sekali karya-karya tentang Gus Dur. Memang luar biasa,” katanya. ‘’Sikap dan nilai yang diusung Gus Dur, itu memanusiakan manusia,’’ lanjutnya menambahkan.

Sementara Dr. KH. Ahmad Faiz LC. MA., kagum terhadap Gus Dur, karena merangkul manusia-manusia di seluruh Dunia. Itu ditunjukkan dengan silaturahmi yang dibangun tidak hanya dengan umat Islam, tetapi juga dengan umat dari agama lain di dunia. ‘’Gus Dur belajar dengan banyak tokoh, termasuk tokoh komunis sekalipun,'' urainya. (Eros-Portal)

Info Kopertis Wilayah VI

Info RISTEKDIKTI

Tajug

Informasi, Inspirasi dan Penumbuh Harapan

Oleh Dr. Suparnyo SH. MS.

9 Februari, diperingati sebagai Hari Pers Nasional (HPN). Untuk itu, secara pribadi maupun institusi, Saya mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional, semoga pers kita akan semakin baik secara kualitas, sehingga benar-benar bisa mengambil peran maksimal sebagai pilar keempat demokrasi.


Kepedulian Sosial Pasca Ramadhan

Oleh H. Suparnyo

Tak terasa, Ramadhan 1437 H / 2016 M akan segera berlalu dan Idul Fitri sudah di depan mata. Selama Ramadhan, umat Islam berlomba-lomba memperbanyak amal ibadahnya, salah satunya ditandainya dengan tumbuhnya rasa kepedulian sosial atau kedermawanan.


Ramadhan dan Etos Keilmuan Santri

Oleh H. Suparnyo

Mengawali tulisan ini, atas nama pimpinan Universitas Muria Kudus (UMK), saya ucapkan selamat menunaikan puasa Rama-dhan 1347 H. / 2016 M. kepada segenap sivitas akademika UMK secara khusus dan umat Islam sedunia umumnya.


Read More

Pengunjung

06805564
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Total
54
248
1888
6800280
5284
15138
6805564

IP: 192.168.1.34
Jam Server: 2019-12-14 03:46:02

Kami memiliki 20 tamu online

UMK DI GOOGLE MAP

Polling

Menurut Anda tampilan apa saja yang perlu dibenahi dari Website UMK ?

Desain - 43.1%
Warna - 16.5%
Menu - 11.8%
Tata Letak - 23.3%
Tidak Ada - 5.3%

Total votes: 399

Fakultas

Ekonomi
Hukum
FKIP
Pertanian
Teknik
Psikologi

Pascasarjana

Ilmu Hukum

Manajemen

Pendidikan Dasar

Fasilitas

Webmail
Portal Akademik
Repository UMK
Perpustakaan
E-learning
Jurnal
Jurnal Internasional
Portal Ketrampilan Wajib
Pengabdian Masyarakat

Pusat Studi

Pusat Studi Kawasan Muria
Pusat Studi Kretek Indonesia

Pusat Studi Wanita/Gender
Pusat Studi Lingkungan
Pusat Studi Pemerintah Daerah
Pusat Studi Saint,Teknologi dan HAKI

Kemahasiswaan

Pena Kampus
KSR PMI
Menwa Gondho Wingit

Scan this QR Code!
Go to top