Menu

Zamhuri: Menulis Itu Harus Istiqamah

KUDUS – Belajar menulis atau mendalami ilmu jurnalistik, itu bukan hal sulit. Hanya saja, dalam perjalanannya, dibutuhkan sebuah konsistensi (istiqamah), yakni dengan belajar dan mengasah terus menerus.

Penulis yang juga Manajer Yayasan Pembina Universitas Muria Kudus (UMK), mengutarakan hal itu saat menjadi narasumber Journalistic Internship Program (JIP) 2016, yang diselenggarakan oleh PC. Gerakan Pemuda Ansor Kudus.

‘’Menulis itu tidak sulit, karena menulis itu bukan bakat. Dalam menekuni dunia penulisan, yang sulit itu adalah istiqamah,’’ kata pemimpin redaksi website dan Tabloid Info Muria Universitas Muria Kudus (UMK), dalam kegiatan yang diselenggarakan di Aula PCNU Kudus, Jum’at (18/11/2016).

Zamhuri yang dikenal sebagai penulis yang aktif sejak mahasiswa, pun memotivasi para peserta yang hadir dalam pekan ketiga digelarnya JIP 2016 itu. ‘’Jika membaca adalah sebuah kewajiban, maka menulis pun menjadi sebuah kewajiban,’’ tegasnya saat memaparkan materi dipandu salah satu panitia, Qomarul Adib.

Dia mengaku prihatin karena orang-orang Barat dan Eropa yang notabene tidak pernah belajar Al-Qur'an, tetapi justru mengamalkannya. ‘’Al-Qur'an itu seperti bercerita. Nah, orang-orang Barat dan Eropa, yang memproduksi film-film dengan tujuan bercerita, dan orang Islam hanya mendengarkan saja. Mestinya kita suka bercerita, karena itu salah satu ajaran Al-Qur'an," ungkapnya.

Keprihatinan lain yang diungkapkan Zamhuri, yaitu mengenai tokoh yang menjadi idola anak-anak. "Tokoh seperti Batman dan Superman yang sangat diagung-agungkan, itu tidak nyata. Mengapa umat Islam tidak mencoba hal yang sama dengan mereka, dengan mengangkat cerita-cerita kearifan dan tokoh lokal yang inspiratif. Ini peluang-peluang yang bagus dan mesti diambil para santri,’’ tuturnya.

Di akhir pertemuan, dia berpesan agar para peserta JIP dan santri berlomba-lomba untuk menelorkan karya-karya. ‘’Jangan memikirkan untuk menghasilkan karya yang sempurna, tetapi bagaimana Anda bisa berkarya sebanyak-banyaknya,’’ paparnya. (Vega Afifah-Portal)

Info Kopertis Wilayah VI

Info RISTEKDIKTI

Tajug

Informasi, Inspirasi dan Penumbuh Harapan

Oleh Dr. Suparnyo SH. MS.

9 Februari, diperingati sebagai Hari Pers Nasional (HPN). Untuk itu, secara pribadi maupun institusi, Saya mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional, semoga pers kita akan semakin baik secara kualitas, sehingga benar-benar bisa mengambil peran maksimal sebagai pilar keempat demokrasi.


Kepedulian Sosial Pasca Ramadhan

Oleh H. Suparnyo

Tak terasa, Ramadhan 1437 H / 2016 M akan segera berlalu dan Idul Fitri sudah di depan mata. Selama Ramadhan, umat Islam berlomba-lomba memperbanyak amal ibadahnya, salah satunya ditandainya dengan tumbuhnya rasa kepedulian sosial atau kedermawanan.


Ramadhan dan Etos Keilmuan Santri

Oleh H. Suparnyo

Mengawali tulisan ini, atas nama pimpinan Universitas Muria Kudus (UMK), saya ucapkan selamat menunaikan puasa Rama-dhan 1347 H. / 2016 M. kepada segenap sivitas akademika UMK secara khusus dan umat Islam sedunia umumnya.


Read More

Pengunjung

06805548
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Total
38
248
1872
6800280
5268
15138
6805548

IP: 192.168.1.34
Jam Server: 2019-12-14 03:43:30

Kami memiliki 4 tamu online

UMK DI GOOGLE MAP

Polling

Menurut Anda tampilan apa saja yang perlu dibenahi dari Website UMK ?

Desain - 43.1%
Warna - 16.5%
Menu - 11.8%
Tata Letak - 23.3%
Tidak Ada - 5.3%

Total votes: 399

Fakultas

Ekonomi
Hukum
FKIP
Pertanian
Teknik
Psikologi

Pascasarjana

Ilmu Hukum

Manajemen

Pendidikan Dasar

Fasilitas

Webmail
Portal Akademik
Repository UMK
Perpustakaan
E-learning
Jurnal
Jurnal Internasional
Portal Ketrampilan Wajib
Pengabdian Masyarakat

Pusat Studi

Pusat Studi Kawasan Muria
Pusat Studi Kretek Indonesia

Pusat Studi Wanita/Gender
Pusat Studi Lingkungan
Pusat Studi Pemerintah Daerah
Pusat Studi Saint,Teknologi dan HAKI

Kemahasiswaan

Pena Kampus
KSR PMI
Menwa Gondho Wingit

Scan this QR Code!
Go to top