Menu

Mapala Arga Dahana dan Mahupa Ikuti Bersih Pantai Bondo

JEPARA – Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Arga Dahana Universitas Muria Kudus (UMK) dan Mahasiswa Fakultas Hukum Pecinta Alam (Mahupa) UMK, mengikuti kegiatan bersih Pantai Bondo, Jepara, belum lama ini.

Selain bersih pantai, kegiatan lain dalam kegiatan yang diikuti Mapala dari berbagai Perguruan Tinggi (PT) di Eks Karesidenan Pati, yaitu sosialisasi pengelolaan sampah di masyarakat.

‘’Pesertanya cukup banyak, sekitar 80 anggota Mapala. Selain dari UMK, peserta datang dari Palwa 51 STAIN Kudus, Macupa STIKES Cendekia Utama Kudus, Kompas STIE YPPI Rembang, serta Mapala Unisnu Jepara yang terdiri atas Wapalhi, Cartens, dan Matarna,’’ ujar Jamaluddin, anggota Mapala Arga Dahana UMK.

Jamaluddin menjelaskan, untuk sosialisasi pengelolaan sampah, sasarannya adalah pemuda dan masyarakat, sementara untuk bersih pantai, dilakukan di Pantai Bondo. ‘’Sosialisasi antara lain bagaimana mengelola bank sampah dan pengelolaan sampah anorganik,’’ lanjutnya menambahkan.

Selengkapnya: Mapala Arga Dahana dan Mahupa Ikuti Bersih Pantai Bondo

Pengabdian di Gunungsari dalam Balutan Eductive Homestay

PATI - Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muria Kudus (UMK) menggelar kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Desa Gunungsari, Kecamatan Tlogowungu, Pati pada 8-13 Februari 2017 lalu.

Pengabdian dalam balutan “Eductive Homestay” bertajuk “Bali ing Desa, Ngabdi Marang Warga” tersebut, diikuti 22 mahasiswa dari tiga Progam Studi (Prodi), yaitu Pendidikan Bahasa Inggris (PBI), Bimbingan dan Konseling (BK), serta Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).

Presiden BEM FKIP, Muhammad Izzudin, mengatakan, educative homestay ini sebagai sarana bersosialisasi, berbaur, belajar pada realitas sosial dengan terjun langsung di tengah-tengah masyarakat.

‘’Selain itu, kegiatan ini sebagai salah satu perwujudan dalam mengimplementasikan Tri Dharma, terkhusus pendidikan dan pengabdian masyarakat. Bali Ing Ndesa, Ngabdi Marang Warga merupakan bentuk kepedulian mahasiswa dalam bidang sosial dan pendidikan,” katanya.

Selengkapnya: Pengabdian di Gunungsari dalam Balutan Eductive Homestay

Ini Ibu Budi, Dari Apresiasi, Komunikasi, dan Regenerasi Penulis Sastra

KUDUS - Minimnya minat anak muda yang menekuni dunia sastra, khususnya di Kabupaten Kudus, mengundang keprihatinan sastrawan Asa Jatmiko untuk membumikan dunia sastra di kalangan muda. Hal itu, diwujudkan dengan membentuk komunitas sastra ‘’Ini Ibu Budi’’.

Pertemuan perdana komunitas Ini Ibu Budi, dilangsungkan di serambi utara Masjid Darul Ilmi Universitas Muria Kudus (UMK), Jumat sore (10/2/2017). “Ini sebagai upaya menjaga kesinambungan generasi penulis di Kudus. Regenerasi harus berjalan,’’ tegasnya.

Selain diikuti mahasiswa UMK, peserta yang hadir dalam pertemuan perdana itu juga berasal dari beberapa sekolah di Kudus, bahkan nampak pula dua mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes) ikut serta dalam kegiatan itu.

Asa Jatmiko, penggagas komunitas Ini Ibu Budi, menjelaskan, Ini Ibu Budi dipilih menjadi nama, sebagai refleksi dan memotivasi para anggotanya untuk selalu membaca sebelum menulis. ‘’Ini bukan komunitas formal, melainkan ruang pembelajaran sastra yang kreatif dan produktif,’’ tuturnya.

Dalam praktik, selain diskusi dan apresiasi sastra, para anggota komunitas pun dimotivasi untuk menelorkan karya-karya, yang didorong untuk diterbitkan dalam bentuk buku ke depannya. “Ini Ibu Budi berorientasi untuk membesarkan peserta melalui karya-karyanya,’’ katanya.

Selengkapnya: Ini Ibu Budi, Dari Apresiasi, Komunikasi, dan Regenerasi Penulis Sastra

Mustafa Ismail: Tak Ada Negara Maju Tanpa Tradisi Menulis

UMK - Redaktur Budaya Koran Tempo, Mustafa Ismail, mengajak masyarakat untuk manfaatkan media sosial sebagai ruang kreatif untuk menulis. Dengan begitu, manfaat positif media sosial akan terasa.

Dia menguatarakan hal dalam apresiasi sastra dan diskusi yang digelar di Auditorium Kampus Universitas Muria Kudus (UMK), Selasa malam (31/01/2017) lalu. ‘’Media sosial tidak sekadar berfungsi sebagai media komunikasi, melainkan bisa dimanfaatkan sebagai ruang kreatif dan berkesenian,’’ katanya.

Contoh media sosial sebagai ruang kreatif, baik itu facebook, twitter, dan whatsapp, bisa dipergunakan sarana publikasi karya sastra baik, puisi maupun cerpen. ‘’Media sosial memang memiliki plus minus. Plusnya, kita bisa langsung mempublikasikan karya secara cepat, kendati konsekuensinya akan ada potensi kesalahan lantaran tidak adanya editor dan kurator terhadap karya itu,’’ jelasnya.

Namun demikian, lanjutnya mengingatkan, dunia kepenulisan bukan skill yang bisa dimiliki dengan mudah dan instan. Harus ada niat dan kesungguhan dalam berproses menjadi penulis, yang tidak sekadar beroriantasi sebagai sarana berekspresi saja, tetapi bisa menjadi sarana meningkatkan kesejahteraan.

Selengkapnya: Mustafa Ismail: Tak Ada Negara Maju Tanpa Tradisi Menulis

Halaman 1 dari 54

Info Kopertis Wilayah VI

Info RISTEKDIKTI

Tajug

Informasi, Inspirasi dan Penumbuh Harapan

Oleh Dr. Suparnyo SH. MS.

9 Februari, diperingati sebagai Hari Pers Nasional (HPN). Untuk itu, secara pribadi maupun institusi, Saya mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional, semoga pers kita akan semakin baik secara kualitas, sehingga benar-benar bisa mengambil peran maksimal sebagai pilar keempat demokrasi.


Kepedulian Sosial Pasca Ramadhan

Oleh H. Suparnyo

Tak terasa, Ramadhan 1437 H / 2016 M akan segera berlalu dan Idul Fitri sudah di depan mata. Selama Ramadhan, umat Islam berlomba-lomba memperbanyak amal ibadahnya, salah satunya ditandainya dengan tumbuhnya rasa kepedulian sosial atau kedermawanan.


Ramadhan dan Etos Keilmuan Santri

Oleh H. Suparnyo

Mengawali tulisan ini, atas nama pimpinan Universitas Muria Kudus (UMK), saya ucapkan selamat menunaikan puasa Rama-dhan 1347 H. / 2016 M. kepada segenap sivitas akademika UMK secara khusus dan umat Islam sedunia umumnya.


Read More

Pengunjung

06751702
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Total
25
150
2665
6747333
5888
7075
6751702

IP: 192.168.1.34
Jam Server: 2019-06-21 02:11:36

Kami memiliki 11 tamu online

UMK DI GOOGLE MAP

Polling

Menurut Anda tampilan apa saja yang perlu dibenahi dari Website UMK ?

Desain - 43.1%
Warna - 16.5%
Menu - 11.8%
Tata Letak - 23.3%
Tidak Ada - 5.3%

Total votes: 399

Fakultas

Ekonomi
Hukum
FKIP
Pertanian
Teknik
Psikologi

Pascasarjana

Ilmu Hukum

Manajemen

Pendidikan Dasar

Fasilitas

Webmail
Portal Akademik
Repository UMK
Perpustakaan
E-learning
Jurnal
Jurnal Internasional
Portal Ketrampilan Wajib
Pengabdian Masyarakat

Pusat Studi

Pusat Studi Kawasan Muria
Pusat Studi Kretek Indonesia

Pusat Studi Wanita/Gender
Pusat Studi Lingkungan
Pusat Studi Pemerintah Daerah
Pusat Studi Saint,Teknologi dan HAKI

Kemahasiswaan

Pena Kampus
KSR PMI
Menwa Gondho Wingit

Scan this QR Code!
Go to top