Menu

Tantangan Perguruan Tinggi Bereputasi Global

Muhammad Noor Ahsin

Perguruan Tinggi (PT) menjadi institusi yang berperanpenting dalam mencerdaskan masyarakat dan membangun peradaban bangsa. Demikian halnya dengan Universitas Muria Kudus(UMK), yang perlahan namun pasti,mulai tumbuh dan berkembang menuju kampus bereputasi global.

Sebagai rumah peradaban, PT diharapkan bisa memberikankontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi dan transformasi sosial. Pendidikanmenciptakan masyarakat terpelajar (educated people),yang menjadi prasyarat terbentuknya masyarakat unggul, inovatif, maju, dan berwawasan global.

Effat Sharqowi (2000), dalam tesisnya menyatakan, kebudayaan adalah apa yang kita rindukan (ideal), sedangkan peradaban yaitu apa yang kita pergunakan (real). Dengan kata lain, kebudayaan terefleksi dalam seni, sastra, religi dan moral, sementara peradaban terefleksi dalam politik, ekonomi, pendidikan, dan teknologi.

PT sebagai penyelenggara pendidikan tinggi,telah berkiprah dalam memberikan pendidikan dan pengajaran untuk menghasilkan lulusan berkualitas, memiliki ilmu, keterampilan, dan keahlian. Posisinya sangat penting, sehingga menjadi salah satu prioritas dalam agenda pembangunan nasional.

Banyak Tantangan

Persaingan dalam dunia global bagi institusi PT, termasuk di dalamnya UMK, takkan terelakkan. Maka pilihannya adalah bagaimana kampus mempersiapkan diri untuk eksis dan dipergitungkan dalam pertarungan yang ada.

Dan untuk menuju ke sana, banyak tantangan, tentunya, yang akan dihadapi. Pertama, Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas. SDM adalah jantung dan nadi aktivitas akademik dan nonakademik, sehingga perjalanan dan kemajuan universitas, ditentukan dengan keberadaan SDM unggul,dengan ditopang kearifan spiritual dan moral (akhlak).

Kedua, membangun jejaring internasional. Kerjasama untuk memperkuat jejaring internasional,mutlak dilakukan. Itu menjadi hal yang tak bisa dihindari. Namun tentunya, institusi yang akan diajak kerja sama adalah institusi bonafid yang bisa saling memberikan manfaat dan mendukung kemajuan satu sama lain, apalagi UMK sedang mengarah menuju world class university.

Paling tidak, institusi internasional yang menjadi mitra, juga akan memunculkan dampak positif mendorong peningkatan kualitas akademik, mitra studentexchange, prestige teaching, dan bisa menjadi mitra riset(joint research).

Dalam rangka melakukan kerja sama internasional ini, keberadaan Kantor Urusan Interansional (KUI) sangat penting, untuk menunjang berbagai administrasi dan kerjasama internasional, serta mengimplementasikan berbagai kerjasama dengan Negara lainyang sudah dilakukan.

Ketiga, publikasi internasional. Selain memperkuat kerjasama internasional, tantangan lainnya untuk menuju kampus bereputasi global, yakni mengupayakan publikasi-publikasiinternasional.

Publikasi internasional menjadi penting, karena ikut menentukan dan merupakan salah satu representasi mutu pendidikan, ilmu pengetahuan dan teknologi dari suatu Negara. Itu juga sebagai tolok ukur kemajuan dan produktivitas penelitian suatu perguruan tinggi. Sebagaimana diketahui, negara-negara yang memiliki mutu pendidikan dan iptek bagus,cenderung memiliki jumlah publikasi  internasional yang tinggi.

Menurut data tahun 2015, Indonesia berada pada urutan ke-57 dengan jumlah publikasi hanya 39.719, jauh dari jumlah publikasi negara ASEAN lainseperti Singapura (urutan ke-32 dengan 215.553publikasi) dan Malaysia (peringkat ke-35 dengan 181.251publikasi).

Jumlah publikasi yang rendah di Indonesia dibandingkan negara-negara ASEAN lain, disebabkan oleh berbagai faktor. Salah satunya minimnya penghargaan terhadap peneliti yang hasil penelitiannya lolos atau bisa terpublikasi di publikasi internasional.

Ke depan, perhatian serta apresiasi (penghargaan) terhadap para peneliti mesti ditingkatkan, untuk memotivasi para peneliti saling berebut melakukan riset-riset untuk dipublikasikan pada publikasi internasional.

Namun di luar perhatian dan apresiasi, para peneliti dan akademisi secara personal, juga semestinya meningkatkan kesadaran bahwa melakukan riset  bagi mereka, adalah sebuah keniscayaan sebagai insan akademik-intelektual.

Kesadaran akan ini sangat penting, karena publikasi ilmiah di forum internasional,akan meningkatkan kepercayaan masyarakat dunia terhadap mutu produk teknologi sesuatu bangsa,sehingga devisa yang dihasilakan di pasaran global akan meningkat.

Dari sini bisa dimengerti,jika sejak tahun 1960-an pemerintah Jepang menggalakkan ilmuwannya di berbagai PT untuk berkarya hanya dalam Bahasa Inggris. Hasilnya, dalam beberapa tahun terakhir, para ilmuwan Jepang (juga Cina)menuliskan hasil temuannya dalam publikasi ilmiah yang diterbitkan di Eropa dan Amerika.

Bagaimana dengan Indonesia? Untuk menuju kampus berepatasi global, berbagai tantangan itu harus menjadi pelecut dan perhatian bangsa untuk bersama mewujudkan asa menjadi kampus dunia. Dan UMK lambat namun pasti, telah menyiapkan diri dalam pertarungan di level global itu. (*)

 

Muhammad Noor Ahsin,

Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra (Prodi PBSI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)Universitas Muria Kudus(UMK)

Info Kopertis Wilayah VI

Info RISTEKDIKTI

Tajug

Informasi, Inspirasi dan Penumbuh Harapan

Oleh Dr. Suparnyo SH. MS.

9 Februari, diperingati sebagai Hari Pers Nasional (HPN). Untuk itu, secara pribadi maupun institusi, Saya mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional, semoga pers kita akan semakin baik secara kualitas, sehingga benar-benar bisa mengambil peran maksimal sebagai pilar keempat demokrasi.


Kepedulian Sosial Pasca Ramadhan

Oleh H. Suparnyo

Tak terasa, Ramadhan 1437 H / 2016 M akan segera berlalu dan Idul Fitri sudah di depan mata. Selama Ramadhan, umat Islam berlomba-lomba memperbanyak amal ibadahnya, salah satunya ditandainya dengan tumbuhnya rasa kepedulian sosial atau kedermawanan.


Ramadhan dan Etos Keilmuan Santri

Oleh H. Suparnyo

Mengawali tulisan ini, atas nama pimpinan Universitas Muria Kudus (UMK), saya ucapkan selamat menunaikan puasa Rama-dhan 1347 H. / 2016 M. kepada segenap sivitas akademika UMK secara khusus dan umat Islam sedunia umumnya.


Read More

Pengunjung

06805659
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Total
149
248
1983
6800280
5379
15138
6805659

IP: 192.168.1.34
Jam Server: 2019-12-14 04:10:22

Kami memiliki 45 tamu online

UMK DI GOOGLE MAP

Polling

Menurut Anda tampilan apa saja yang perlu dibenahi dari Website UMK ?

Desain - 43.1%
Warna - 16.5%
Menu - 11.8%
Tata Letak - 23.3%
Tidak Ada - 5.3%

Total votes: 399

Fakultas

Ekonomi
Hukum
FKIP
Pertanian
Teknik
Psikologi

Pascasarjana

Ilmu Hukum

Manajemen

Pendidikan Dasar

Fasilitas

Webmail
Portal Akademik
Repository UMK
Perpustakaan
E-learning
Jurnal
Jurnal Internasional
Portal Ketrampilan Wajib
Pengabdian Masyarakat

Pusat Studi

Pusat Studi Kawasan Muria
Pusat Studi Kretek Indonesia

Pusat Studi Wanita/Gender
Pusat Studi Lingkungan
Pusat Studi Pemerintah Daerah
Pusat Studi Saint,Teknologi dan HAKI

Kemahasiswaan

Pena Kampus
KSR PMI
Menwa Gondho Wingit

Scan this QR Code!
Go to top