Menu

Belajar dari Jiwa Entrepreneurship Gibran

Oleh Zamhuri

Berada di era pasar global seperti sekarang ini, tak terkecuali dengan diberlakukannya perjanjian Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) per akhir Desember 2015, tentu membuat tantangan hidup masyarakat tentu semakin berat. Hanya mereka yang kreatif dan bisa membuat peluang-peluang usaha lah yang akan eksis.

Bicara mengenai kreativitas dan membuat peluang-peluang usaha, sosok Gibran Rakabuming, putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), bisa menjadi contoh  yang baik. Gibran adalah sosok yang sukses mengembangkan usaha katering Chilli Pari dan Martabak Kota Barat (Markobar).

Apa menariknya dari Gibran berikut usaha yang digelutinya? Semua orang tua, siapa Gibran. Dia adalah putra sulung orang nomor satu di Indonesia saat ini: Jokowi. Namun sebagai putra presiden, dia tidak mau menggunakan jabatan dan kekuasaan orang tuanya untuk kesuksesan bisnisnya.

Melihat profil Gibran, penulis teringat sebuah pepatah Arab yang artinya kurang lebih, ‘’Seorang ksatria adalah dia yang berani mengatakan inilah Saya, bukan inilah bapak (orang tua saya)’’.

Ya, itulah Gibran, yang dengan kreativitasnya sendiri, mencurahkan daya pikiranya, mencari peluang usaha untuk dikembangkannya sendiri, tanpa membawa nama besar orang tuanya yang nota bene adalah penguasa negeri.

Jiwa entrepreneurship Gibran tersebut, tentu menjadi pembelajaran yang menarik bagi generasi muda bangsa ini, bahwa siapa saja, asal memiliki kemauan, pasti bisa membuka peluang-peluang usaha dan meraih sukses bagi masa depannya.

Tinggal mereka –para generasi bangsa- itu mau belajar atau tidak. Belajar di sini, tentu meliputi banyak hal, mulai dari belajar membaca peluang, belajar mengenai tips dan trik berbisnis, bisnis apa yang bisa dilakukan dengan modal terbatas atau bahkan tanpa modal, dan lain sebagainya.

Namun begitu, ada juga yang melihat sepak terjang Gibran dalam mengembangkan usahanya, sebagai ‘’pencitraan’’ bahkan sebagai ‘’bisnis kampungan’’. Hal itu sempat mencuat dalam media sosial, yang ditanggapi santai oleh Gibran dan adiknya, Kaesang Pangarep.

Celaan terhadap apa yang dilakukan Gibran dengan bisnisnya, ini tentu menjadi hal yang ‘’wajar’’. Sebab, umumnya, anak atau saudara seorang pejabat (penguasa), biasanya memanfaatkan jabatan orang tua atau saudaranya mencari peluang dan mengembangkan bisnisnya.

Hal itu berbeda dengan apa yang dilakukan Gibran dan adik-adiknya, putra-putri Presiden Jokowi, yang tak hendak memanfaatkan jabatan orang tuanya untuk kepentingan pribadi dan keluarga. Ini tentu teladan bisnis yang luar biasa, sehingga tidak ada alasan untuk mencelanya, bukan? (*)



Zamhuri,
Pemimpin Redaksi Website dan Tabloid Info Muria Universitas Muria Kudus (UMK).

Info Kopertis Wilayah VI

Info RISTEKDIKTI

Tajug

Informasi, Inspirasi dan Penumbuh Harapan

Oleh Dr. Suparnyo SH. MS.

9 Februari, diperingati sebagai Hari Pers Nasional (HPN). Untuk itu, secara pribadi maupun institusi, Saya mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional, semoga pers kita akan semakin baik secara kualitas, sehingga benar-benar bisa mengambil peran maksimal sebagai pilar keempat demokrasi.


Kepedulian Sosial Pasca Ramadhan

Oleh H. Suparnyo

Tak terasa, Ramadhan 1437 H / 2016 M akan segera berlalu dan Idul Fitri sudah di depan mata. Selama Ramadhan, umat Islam berlomba-lomba memperbanyak amal ibadahnya, salah satunya ditandainya dengan tumbuhnya rasa kepedulian sosial atau kedermawanan.


Ramadhan dan Etos Keilmuan Santri

Oleh H. Suparnyo

Mengawali tulisan ini, atas nama pimpinan Universitas Muria Kudus (UMK), saya ucapkan selamat menunaikan puasa Rama-dhan 1347 H. / 2016 M. kepada segenap sivitas akademika UMK secara khusus dan umat Islam sedunia umumnya.


Read More

Pengunjung

06984102
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Total
321
958
4358
6966130
5284
36605
6984102

IP: 192.168.1.45
Jam Server: 2020-08-06 08:12:18

Kami memiliki 22 tamu online

UMK DI GOOGLE MAP

Polling

Menurut Anda tampilan apa saja yang perlu dibenahi dari Website UMK ?

Desain - 43.1%
Warna - 16.5%
Menu - 11.8%
Tata Letak - 23.3%
Tidak Ada - 5.3%

Total votes: 399

Fakultas

Ekonomi
Hukum
FKIP
Pertanian
Teknik
Psikologi

Pascasarjana

Ilmu Hukum

Manajemen

Pendidikan Dasar

Fasilitas

Webmail
Portal Akademik
Repository UMK
Perpustakaan
E-learning
Jurnal
Jurnal Internasional
Portal Ketrampilan Wajib
Pengabdian Masyarakat

Pusat Studi

Pusat Studi Kawasan Muria
Pusat Studi Kretek Indonesia

Pusat Studi Wanita/Gender
Pusat Studi Lingkungan
Pusat Studi Pemerintah Daerah
Pusat Studi Saint,Teknologi dan HAKI

Kemahasiswaan

Pena Kampus
KSR PMI
Menwa Gondho Wingit

Scan this QR Code!
Go to top