Menu

Membranding Kampus dengan Prestasi

Oleh Rosidi

Wacana tahun 2016 sebagai ‘’tahun prestasi’’ yang dilontarkan oleh Rektor Univfersitas Muria Kudus (UMK), Dr. Suparnyo SH. MS., dalam artikelnya ‘’2016, Tahun Prestasi’’ di kanal ‘’Tajug’’ sungguh menarik untuk dicermati dan direspons serius oleh semua sivitas akademika UMK.

Lontaran tersebut, mesti menjadi pelecut semangat agar sivitas akademika UMK bisa meraih lebih banyak prestasi dibanding dengan tahun-tahun sebelumnya, baik itu prestasi akademik, olah raga, maupun prestasi sosial. Dengan berbagai prestasi lah, maka citra UMK sebagai perguruan tinggi (universitas), akan semakin mendapatkan tempat di hari masyarakat.

Saya teringat dengan cerita Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Hukum UMK, Izzudin Arsalan, bahwa setelah tim debat konstitusi UMK yang terdiri atas dirinya, Maria P Utami dan Angga Armada Yoga Shogama berhasil menjadi juara Regional Tengah Debat Konstitusi Mahasiswa dan melaju ke tingkat nasional, Fakultas Hukum UMK menjadi perbincangan banyak kalangan.

Menurut Alan –sapaan akrab Izzudin Arsalan- tak sedikit perguruan tinggi dan institusi lain yang heran, kampus yang ‘’tidak dihitung’’ dalam percaturan perkembangan ilmu hukum di tanah air, namun UMK memiliki mahasiswa-mahasiswa dengan kemampuan mengenai hukum yang sangat baik.

Dengan keberhasilannya di lomba debat konstitusi yang diselenggarakan Mahkamah Konstitusi itulah, BEM Fakultas Hukum kemudian mendapatkan kunjungan dari berbagai institusi untuk sharing mengenai kajian hukum.

Dari cerita Alan ini, saya pun kemudian teringat dengan salah satu mahasiswa UMK, Linggar Uji Nugraha, yang berhasil menyabet medali emas pada ASEAN University Games (AUG) 2014 di Palembang, 7–21 Desember 2014.

Apa yang disampaikan Alan dan keberhasilan Linggar Uji Nugraha mengukir prestasi di tingkat ASEAN, ini hanya sedikit cerita manis yang diakui atau tidak, membawa dampak positif dalam menaikkan citra UMK sebagai institusi.

Namun perlu dicatat, bukan itu saja prestasi yang diraih mahasiswa UMK. Masih banyak lagi prestasi yang ditorehkan oleh para aktivis kampus, khususnya yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), yang ke depan, diharapkan semakin meningkat.

Menghargai Proses  

Dari setiap prestasi yang diraih, bukan keberhasilan itu semata yang mestinya menjadi perhatian. Namun jauh di balik keberhasilan itulah yang harusnya menjadi tanda tanya besar, bagaimana seorang mahasiswa, dosen, atau lainnya, bisa meraih sebuah prestasi?

Alan, misalnya. Ia yang kini bersama teman-teman tim debat Fakultas Hukum sedang mempersiapkan diri mengikuti lomba debat konstitusi yang diselenggarakan Fakultas Hukum Universitas Airlangga (Unair) yang akan digelar pada 15 Januari mendatang, hampir tidak memiliki waktu istirahat sama sekali.

Sebab, dia yang akan berlaga di Unair bersama Maria P Utami dan M. Safrizal, harus bergelut dengan buku-buku terkait berbagai tema yang dilombakan, membuat paper, hingga melakukan simulasi debat. Apalagi, waktu yang dimiliki untuk mempersiapkan diri, tidak lebih dari 20 hari.

Dalam konteks mempersiapkan diri mengikuti lomba yang sangat serius seperti ini, tentu membutuhkan dukungan banyak pihak, baik dari teman-teman mahasiswa sendiri, khususnya Presiden BEM Universitas, dosen, dan lainnya. Jangan sampai, mereka yang sedang konsentrasi belajar, pikirannya terpecah untuk memikirkan hal-hal teknis yang membebani.

Hal yang sama, tentu dialami Linggar Uji Nugraha, dan mahasiswa lain saat mempersiapkan diri menghadapi sebuah kompetisi atau lomba. Linggar, misalnya. Sebagai pesilat, tentu tidak serta-merta dia memiliki kualitas fisik dan skill yang bagus. Semuanya butuh proses latihan ekstra keras, sehingga bisa benar-benar siap di medan laga.

Mungkin sekali, setiap hari, dalam setiap waktu luangnya, dihabiskan untuk berlatih dan berlatih, hingga ia sendiri seakan tak memiliki waktu untuk bersendau gurau atau bermain-main sebagaimana anak remaja seusianya.

Ya, proses-proses seperti inilah, yang mesti mendapatkan perhatian kita semua. Bahwa dari semua prestasi yang diraih sivitas akademika UMK, ada letih dan lara yang dilewati, hingga kemudian ia membuahkan prestasi. Dengan memahami proses-proses seperti inilah, kita akan bisa memberikan apresiasi atas prestasi yang secara otomatis mengangkat citra UMK di mata publik. Wallahu a’lam. (*)
 


Rosidi,
Staf Humas Universitas Muria Kudus

Info Kopertis Wilayah VI

Info RISTEKDIKTI

Tajug

Informasi, Inspirasi dan Penumbuh Harapan

Oleh Dr. Suparnyo SH. MS.

9 Februari, diperingati sebagai Hari Pers Nasional (HPN). Untuk itu, secara pribadi maupun institusi, Saya mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional, semoga pers kita akan semakin baik secara kualitas, sehingga benar-benar bisa mengambil peran maksimal sebagai pilar keempat demokrasi.


Kepedulian Sosial Pasca Ramadhan

Oleh H. Suparnyo

Tak terasa, Ramadhan 1437 H / 2016 M akan segera berlalu dan Idul Fitri sudah di depan mata. Selama Ramadhan, umat Islam berlomba-lomba memperbanyak amal ibadahnya, salah satunya ditandainya dengan tumbuhnya rasa kepedulian sosial atau kedermawanan.


Ramadhan dan Etos Keilmuan Santri

Oleh H. Suparnyo

Mengawali tulisan ini, atas nama pimpinan Universitas Muria Kudus (UMK), saya ucapkan selamat menunaikan puasa Rama-dhan 1347 H. / 2016 M. kepada segenap sivitas akademika UMK secara khusus dan umat Islam sedunia umumnya.


Read More

Pengunjung

06987930
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Total
1041
1589
8186
6966130
9112
36605
6987930

IP: 192.168.1.45
Jam Server: 2020-08-08 18:38:43

Kami memiliki 21 tamu online

UMK DI GOOGLE MAP

Polling

Menurut Anda tampilan apa saja yang perlu dibenahi dari Website UMK ?

Desain - 43.1%
Warna - 16.5%
Menu - 11.8%
Tata Letak - 23.3%
Tidak Ada - 5.3%

Total votes: 399

Fakultas

Ekonomi
Hukum
FKIP
Pertanian
Teknik
Psikologi

Pascasarjana

Ilmu Hukum

Manajemen

Pendidikan Dasar

Fasilitas

Webmail
Portal Akademik
Repository UMK
Perpustakaan
E-learning
Jurnal
Jurnal Internasional
Portal Ketrampilan Wajib
Pengabdian Masyarakat

Pusat Studi

Pusat Studi Kawasan Muria
Pusat Studi Kretek Indonesia

Pusat Studi Wanita/Gender
Pusat Studi Lingkungan
Pusat Studi Pemerintah Daerah
Pusat Studi Saint,Teknologi dan HAKI

Kemahasiswaan

Pena Kampus
KSR PMI
Menwa Gondho Wingit

Scan this QR Code!
Go to top