Menu

Bijak Menggunakan Smartphone

Oleh Muh Harun

Pesatnya dunia teknologi informasi  dewasa ini, memaksa kita mengikutinya. Mulai dari perkembangan ponsel pintar (smartphone) hingga beberapa aplikasi pendukungnya baik itu media sosial seperti Facebook, Line, Whatsapp dan lain sebagainya. Terlebih bagi mereka yang suka ngegame, ada clash of clan, Pou dan banyak lagi lainnya.

Perkembangan teknologi informasi mulanya untuk mempermudah pekerjaan (aktivitas) manusia. Namun seiring berjalannya waktu, alat yang pintar ini (smartphone) justru membuat manusia kurang kontrol yang terjadi sebaiknya, manusia seperti dalam pengaruh teknologi ini.

Memang sesuai dengan kodratnya manusia hadir di muka bumi ini sebagai mahluk sosial yang berarti selalu ingin mengakses informasi dan juga ingin memberikan informasi bahkan curhat. Disini aplikasi pendukung ponsel pintar ini hadir dengan leluasa dan gratis. Hal ini menjadikan media sosial harus ada bahkan wajib untuk disajikan setiap hari.

We Are Social, sebuah agensi marketing sosial, dalam laporan tahunan yang dirilis awal Januari 2015 menyatakan, pengguna media sosial di Indonesia mencapai 72.000.000 orang.  Facebook menjadi aplikasi nomor wahid dengan 10.080.000 pengguna, disusul Whatsapp dengan 8.640.000 pengguna dan di urutan ketiga Twitter dengan 7.920.000 pengguna.

Data ini berbanding dengan penjualan smartphone di Indonesia. Data menurut survei eMarketer akhir 2015 diperkirakan sekitar 55 juta pengguna smartphone di Indonesia. eMarketer sendiri memproyeksikan bahwa pada 2016 hingga 2019 pengguna smartphone di Indonesia akan terus tumbuh.

Angka pertumbuhannya pun fantastis. Pada 2016, akan ada 65,2 juta pengguna smartphone, yang pada 2017 diproyeksikan akan terus bertambah mencapai 74,9 juta pengguna. Adapun pada 2018 dan 2019, diyakini pertumbuhannya akan meningkat tajam, yakni antara 83,5 juta hingga 92 juta pengguna.

Keberadaan smartphone sendiri, sebenarnya memiliki banyak manfaat, jika masing-masing penggunanya bisa mengambil manfaat dari adanya teknologi informasi ini. Persoalannya kemudian, banyak orang yang kemudian waktunya banyak terbuang hanya untuk memosting status atau ngetweet sesuatu yang tidak berguna.

Dengan demikian, perlu manajemen penggunaan smartphone agar kita tidak bisa mengambil manfaat sebesar-besarnya dari teknolgi ini. Bukan sebaliknya, hanya menghambur-hamburkan uang untuk membeli pulsa demi memuaskan hasrat update status yang tidak ada gunanya.

Melalui manajemen penggunaan smartphone yang baik itulah, sehingga kita tidak akan diperbudak oleh perkembangan teknologi, tetapi teknologi benar-benar bisa dipergunakan membantu memberi kemudahan dalam hidup, khususnya dalam hal komunikasi.

Bijak menggunakan smartphone ini, akhirnya menjadi kata kunci yang harus selalu diingat. Joe Villeneuve berpesan, Don’t Let Your Phone Be Smarter Than You. Jangan menjadikan ponsel pintar kamu lebih pintar dari kamu. Anda masuk dalam golongan yang bisa memanfaatkan ponsel pintar untuk membantu memberi kemudahan hidup atau bahkan didikte oleh smartphone, Anda sendiri yang menentukan. Wallahu a’lam. (*)

 

Penulis adalah staf redaksi website dan Tabloid Info Muria Universitas Muria Kudus (UMK)

Info Kopertis Wilayah VI

Info RISTEKDIKTI

Tajug

Informasi, Inspirasi dan Penumbuh Harapan

Oleh Dr. Suparnyo SH. MS.

9 Februari, diperingati sebagai Hari Pers Nasional (HPN). Untuk itu, secara pribadi maupun institusi, Saya mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional, semoga pers kita akan semakin baik secara kualitas, sehingga benar-benar bisa mengambil peran maksimal sebagai pilar keempat demokrasi.


Kepedulian Sosial Pasca Ramadhan

Oleh H. Suparnyo

Tak terasa, Ramadhan 1437 H / 2016 M akan segera berlalu dan Idul Fitri sudah di depan mata. Selama Ramadhan, umat Islam berlomba-lomba memperbanyak amal ibadahnya, salah satunya ditandainya dengan tumbuhnya rasa kepedulian sosial atau kedermawanan.


Ramadhan dan Etos Keilmuan Santri

Oleh H. Suparnyo

Mengawali tulisan ini, atas nama pimpinan Universitas Muria Kudus (UMK), saya ucapkan selamat menunaikan puasa Rama-dhan 1347 H. / 2016 M. kepada segenap sivitas akademika UMK secara khusus dan umat Islam sedunia umumnya.


Read More

Pengunjung

06987976
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Total
1087
1589
8232
6966130
9158
36605
6987976

IP: 192.168.1.45
Jam Server: 2020-08-08 19:02:14

Kami memiliki 33 tamu online

UMK DI GOOGLE MAP

Polling

Menurut Anda tampilan apa saja yang perlu dibenahi dari Website UMK ?

Desain - 43.1%
Warna - 16.5%
Menu - 11.8%
Tata Letak - 23.3%
Tidak Ada - 5.3%

Total votes: 399

Fakultas

Ekonomi
Hukum
FKIP
Pertanian
Teknik
Psikologi

Pascasarjana

Ilmu Hukum

Manajemen

Pendidikan Dasar

Fasilitas

Webmail
Portal Akademik
Repository UMK
Perpustakaan
E-learning
Jurnal
Jurnal Internasional
Portal Ketrampilan Wajib
Pengabdian Masyarakat

Pusat Studi

Pusat Studi Kawasan Muria
Pusat Studi Kretek Indonesia

Pusat Studi Wanita/Gender
Pusat Studi Lingkungan
Pusat Studi Pemerintah Daerah
Pusat Studi Saint,Teknologi dan HAKI

Kemahasiswaan

Pena Kampus
KSR PMI
Menwa Gondho Wingit

Scan this QR Code!
Go to top