Menu

Perihal Manthiqah Makfufah dan Kerendahan Hati

Oleh H. Nur Khamim LC. Pg.D

Semua orang memerlukan sosok lain dalam dirinya untuk menjadi pengingat atau pemberi nasehat, sehinga dalam mengarungi hidup, tidak menerabas batas-batas dan sesuai dengan yang semestinya.

Sosok pengingat ini penting, karena setiap orang membutuhkan orang lain untuk melihat ‘’apa yang tidak bisa dilihat sendiri’’ (manthiqah makfufah) atau yang dikenal pula dengan blind spot (titik buta). Kita tidak bisa melihat manthiqah makfufah (blind spot) tanpa bantuan orang lain.

Muhammad Ali, petinju dunia legendaris pun, membutuhkan sosok Angelo Dundee untuk mengingatkan, melatih, dan mengantarkannya sebagai juara dunia. Padahal jika Ali dan Dundee duel, belum tentu sang pelatihnya itu menang.

Lalu, mengapa Muhammad Ali masih membutuhkan Angelo Dundee? Karena ia membutuhkan seseorang yang terpercaya untuk mengawal kehidupan dan mengingatkan jika ada prioritas hidup yang bergeser.

Maka yang dibutuhkan kemudian adalah, bahwa semua orang itu pada dasarnya juga perelu kerealaan dan kerendahan hati untuk menerima kritikan, nasehat, dan teguran, karena itulah yang menyelamatkan seseorang dalam hidup.

Dikisahkan, sutu ketika ada seorang guru ditanya oleh salah seorang muridnya: bagaimana caranya agar kita mendapatkan sesuatu yang paling semburna dalam hidup?

‘’Berjalanlah lurus di taman, lalu petiklah bunga yang paling indah menurutmu, dan jangan pernah kembali ke belajakang!’’
Setelah berjalan sampai ujung taman, murid sang guru kembali dengan tangan hampa.

‘’Mengapa kamu tidak mendapatkan bunga satu pun,’’ tanya guru.

‘’Sebenarnya saya sudah menemukannya, tetapi tidak memetiknya karena berpikir mungkin di depan ada yang lebih indah. Namun sesampainya di ujung, saya baru sadar bunga yang tidak saya petik adalah yang terindah, padahal tak mungkin kembali ke belakang,’’ jawab murid.

Kepada muridnya sang guru pun berkata: ya, begitulah hidup. Semakin kita mencari kesempurnaan, semakin pula kita tidak akan pernah mendapatkannya, karena sejatinya kesempurnaan hakiki tidak pernah ada di dunia, yang ada hanyalah keikhlasan hati untuk menerima dan berusaha kerasa memperbaikinya.

Demikianlah pentingnya manthiqah makfufah dalam mengawal kehidupan seseorang yang harus dibarengi pula dengan kerendahan hati. Dan selalu ingatlah, jangan mencari kesempurnaan dalam hidup, tetapi sempurnakanlah apa yang telah ada. (*)

 
H. Nur Khamim LC. Pg.D,
Staf pengajar di MA. NU. Tasywiquth Thullab Salafiyyah (TBS) Kudus, alumnus Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir.

Info Kopertis Wilayah VI

Info RISTEKDIKTI

Tajug

Informasi, Inspirasi dan Penumbuh Harapan

Oleh Dr. Suparnyo SH. MS.

9 Februari, diperingati sebagai Hari Pers Nasional (HPN). Untuk itu, secara pribadi maupun institusi, Saya mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional, semoga pers kita akan semakin baik secara kualitas, sehingga benar-benar bisa mengambil peran maksimal sebagai pilar keempat demokrasi.


Kepedulian Sosial Pasca Ramadhan

Oleh H. Suparnyo

Tak terasa, Ramadhan 1437 H / 2016 M akan segera berlalu dan Idul Fitri sudah di depan mata. Selama Ramadhan, umat Islam berlomba-lomba memperbanyak amal ibadahnya, salah satunya ditandainya dengan tumbuhnya rasa kepedulian sosial atau kedermawanan.


Ramadhan dan Etos Keilmuan Santri

Oleh H. Suparnyo

Mengawali tulisan ini, atas nama pimpinan Universitas Muria Kudus (UMK), saya ucapkan selamat menunaikan puasa Rama-dhan 1347 H. / 2016 M. kepada segenap sivitas akademika UMK secara khusus dan umat Islam sedunia umumnya.


Read More

Pengunjung

06984076
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Total
295
958
4332
6966130
5258
36605
6984076

IP: 192.168.1.45
Jam Server: 2020-08-06 07:52:18

Kami memiliki 17 tamu online

UMK DI GOOGLE MAP

Polling

Menurut Anda tampilan apa saja yang perlu dibenahi dari Website UMK ?

Desain - 43.1%
Warna - 16.5%
Menu - 11.8%
Tata Letak - 23.3%
Tidak Ada - 5.3%

Total votes: 399

Fakultas

Ekonomi
Hukum
FKIP
Pertanian
Teknik
Psikologi

Pascasarjana

Ilmu Hukum

Manajemen

Pendidikan Dasar

Fasilitas

Webmail
Portal Akademik
Repository UMK
Perpustakaan
E-learning
Jurnal
Jurnal Internasional
Portal Ketrampilan Wajib
Pengabdian Masyarakat

Pusat Studi

Pusat Studi Kawasan Muria
Pusat Studi Kretek Indonesia

Pusat Studi Wanita/Gender
Pusat Studi Lingkungan
Pusat Studi Pemerintah Daerah
Pusat Studi Saint,Teknologi dan HAKI

Kemahasiswaan

Pena Kampus
KSR PMI
Menwa Gondho Wingit

Scan this QR Code!
Go to top