Menu

Majukan Bangsa dengan Sektor Wisata

Oleh A. Abdul Wahab

Majunya suatu negara, antara lain bisa ditakar dari banyaknya wisatawan yang datang. Maka, sektor wisata sebenarnya bisa menjadi salah atu alternatif untuk mengembangkan potensi daerah, serta menumbuhkan perekonomian masyarakat dan negara di sisi lain. Tak terkecuali dengan Indonesia.

Sudah bukan rahasia, Indonesia merupakan negara kepulauan yang dianugerahi keindahan alam yang tidak bisa dihitung secara matematis, saking  banyaknya. Banyak destinasi wisata, baik di darat dan laut, yang memaksa banyak wisatawan lokal maupun mancanegara untuk datang.

Siapa tak kenal Bali? Pulau dengan sejuta pesona yang selalu dirindukan wisatawan. Bali yang dikenal pula dengan Pulau Dewata, ini menjadi salah satu ikon wisata tanah air yang selalu dbanjiri wisatawan dan menjadi tempat digelarnya pertemuan-pertemuan tingkat internasional.

Apakah potensi wisata Indonesia hanya Bali? Pertanyaan ini layak kita kemukakan, karena disadari atau tidak, banyak sekali potensi yang bisa dikembangkan sebagai aset sering disebut sebagai aset wisata, namun belum tergarap dengan baik (maksimal).

Di Jawa Tengah, seperti di Kudus, ada Menara Kudus, kompleks wisata alam Colo-Muria, ada Pantai Kartini di Rembang, Pantai Bandengan di Jepara, Kota Lama dan Sam Po Kong di Semarang, atau Dieng di Wonosobo.

Beberapa tempat wisata tersebut, hanyalah bagian kecil potensi wisata di Jawa Tengah yang mesti digarap lebih serius, agar bisa lebih berkembang dan membawa dampak positif bagi perekonomian masyarakat.

Potensi wisata itu akan semakin banyak jika dipetakan secara serius, apalagi hampir di setiap kabupaten/kota, memiliki potensi wisata masing-masing. Belum lagi sektor pendukung lainnya, seperti potensi kuliner yang sangat kaya.

Untuk itu, pemerintah semestinya memiliki komitmen dan konsisten mengembangkan sektor wisata. Pertama; lakukan penataan. Penataan potensi wisata sangat penting, sehingga bisa menarik wisatawan datang berkunjung.

Kedua; gencarkan promosi. Dalam pengembangan sektor wisata, promosi menjadi hal yang teramat penting untuk dilakukan. Melalui promosi dengan memanfaatkan berbagai media yang ada, potensi wisata bisa dikenal luas.

Ketiga; pagelaran budaya. Berbagai event pendukung seperti pagelaran budaya yang terprogram, akan menjadi daya tarik tersendiri sehingga masyarakat tertarik untuk datang. Terkait hal ini, pemerintah tentu tidak bisa bekerja sendiri, melainkan membutuhkan dukungan banyak pihak, khususnya para seniman dan budayawan.

Jika ketiga hal ini saja bisa dilakukan, maka potensi wisata akan berkembang dengan baik, apalagi jika akses ke tempat wisata juga ditata dengan baik. Dengan begitu, potensi wisata yang ada, tidak akan menjadi sia-sia, tetapi memiliki peran juga dalam pengembangan ekonomi kerakyatan dan pemasukan bagi negara. (*)

 

A. Abdul Wahab,

Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muria Kudus (UMK)

Info Kopertis Wilayah VI

Info RISTEKDIKTI

Tajug

Informasi, Inspirasi dan Penumbuh Harapan

Oleh Dr. Suparnyo SH. MS.

9 Februari, diperingati sebagai Hari Pers Nasional (HPN). Untuk itu, secara pribadi maupun institusi, Saya mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional, semoga pers kita akan semakin baik secara kualitas, sehingga benar-benar bisa mengambil peran maksimal sebagai pilar keempat demokrasi.


Kepedulian Sosial Pasca Ramadhan

Oleh H. Suparnyo

Tak terasa, Ramadhan 1437 H / 2016 M akan segera berlalu dan Idul Fitri sudah di depan mata. Selama Ramadhan, umat Islam berlomba-lomba memperbanyak amal ibadahnya, salah satunya ditandainya dengan tumbuhnya rasa kepedulian sosial atau kedermawanan.


Ramadhan dan Etos Keilmuan Santri

Oleh H. Suparnyo

Mengawali tulisan ini, atas nama pimpinan Universitas Muria Kudus (UMK), saya ucapkan selamat menunaikan puasa Rama-dhan 1347 H. / 2016 M. kepada segenap sivitas akademika UMK secara khusus dan umat Islam sedunia umumnya.


Read More

Pengunjung

06984128
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Total
347
958
4384
6966130
5310
36605
6984128

IP: 192.168.1.45
Jam Server: 2020-08-06 08:36:20

Kami memiliki 20 tamu online

UMK DI GOOGLE MAP

Polling

Menurut Anda tampilan apa saja yang perlu dibenahi dari Website UMK ?

Desain - 43.1%
Warna - 16.5%
Menu - 11.8%
Tata Letak - 23.3%
Tidak Ada - 5.3%

Total votes: 399

Fakultas

Ekonomi
Hukum
FKIP
Pertanian
Teknik
Psikologi

Pascasarjana

Ilmu Hukum

Manajemen

Pendidikan Dasar

Fasilitas

Webmail
Portal Akademik
Repository UMK
Perpustakaan
E-learning
Jurnal
Jurnal Internasional
Portal Ketrampilan Wajib
Pengabdian Masyarakat

Pusat Studi

Pusat Studi Kawasan Muria
Pusat Studi Kretek Indonesia

Pusat Studi Wanita/Gender
Pusat Studi Lingkungan
Pusat Studi Pemerintah Daerah
Pusat Studi Saint,Teknologi dan HAKI

Kemahasiswaan

Pena Kampus
KSR PMI
Menwa Gondho Wingit

Scan this QR Code!
Go to top