Menu

Menyoal Kurikulum 2013

Oleh Riska Widyastuti
Kurikulum 2013 saat ini menjadi perbincangan hangat dalam dunia pendidikan tanah air. Banyak problem atau kendala yang dihadapi, kendati kurikulum ini mengusung spirit yang demikian bagus, yaitu mengutamakan pada pemahaman, skill, dan pendidikan berkarakter.

Dalam praktik di lapangan, anak didik pun dituntut kreatif untuk memahami materi, aktif dalam proses berdiskusi dan presentasi, serta manjaga sikap-sikap baik, sopan, santun, dan memiliki kedisiplinan tinggi.

Kurikulum baru yang dikeluarkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia ini, semestinya sudah dimulai sejak Juni 2013. Tetapi hingga kini, distribusi hand book kurikulum 2013 ini pun masih menjadi persoalan.

Hingga kini, hand book belum semuanya terdistribusi. Padahal, kurikulum 2013 adalah pengganti atau lebih tepatnya penyempurnaan dari kurikulum yang telah lebih duluk dilaksanakan, yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).

Tak ayal, pemberlakukan kurikulum 2013 ini pun menuai kritik berbagai pihak. Wuryadi, Ketua Dewan Pendidikan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), salah satunya. Dia menilai, kurikulum 2013 tidak didasarkan pada evaluasi dari pelaksanaan kurikulum 2006.

Akhirnya, kurikulum yang telah dirancang sedemikian rupa tersebut, justru membingungkan guru dan pelaku pendidikan di berbagai tempat. Bahkan ada yang menilai kurikulum 2013 bertentangan dengan kurikulum 2006, karen ada penghapusan beberapa  mata pelajaran.

Dalam beberapa sisi, kurikulum ini sesungguhnya sangat baik, karena mendorong anak didik (siswa) aktif dalam meningkatkan kapasitas diri dan kemampuan intelektualitasnya. Di era teknologi informasi yang kian canggih, tuntutan ini sebenarnya bukan hal yang berat.

Selanjutnya, dengan kreativitas tinggi, anak didik tentu lebih terbuka kesempatan bersaing dengan siswa dari sekolah lain. Perlu disadari, di era global citizen, posisi geografis bukan penentu utama kesuksesan, melainkan mereka yang kreatif dan mampu menciptakan peluanglah yang akan meraih apa yang dicita-citakan.

Dalam berbagai hal dan kesempatan, pro kontra menjadi sesuatu yang seringkali takkan terhindarkan. Termasuk dalam hal pemberlakuan kebijakan kurikulum 2013 oleh Kemdikbud RI ini.

Tuntutan agar siswa (anak didik) kreatif memang menjadi syarat yang mesti ditangkap oleh semua. Namun tentunya, guru mesti mengambil peran yang besar juga dalam mendampingi anak-anak didiknya menatap masa depan.

Akhirnya, pro kontra terhadap kurikulum ini haruslah disekapi dengan arif dan bijak. Boleh sepakat atau tidak sepakat dengan kebijakan ini. Namun tentunya, jangan sampai jadi penghalang atas semangat baik yang diambil pemerintah dengan kebijakan ini. Cari sisi kekurangan dari kebijakan ini, dan beri masukan untuk memperbaikinya. (*)


Riska Widyastuti,
Mahasiswa semester I PGSD, peserta magang website UMK dan Tabloid Info Muria.

Info Kopertis Wilayah VI

Info RISTEKDIKTI

Tajug

Informasi, Inspirasi dan Penumbuh Harapan

Oleh Dr. Suparnyo SH. MS.

9 Februari, diperingati sebagai Hari Pers Nasional (HPN). Untuk itu, secara pribadi maupun institusi, Saya mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional, semoga pers kita akan semakin baik secara kualitas, sehingga benar-benar bisa mengambil peran maksimal sebagai pilar keempat demokrasi.


Kepedulian Sosial Pasca Ramadhan

Oleh H. Suparnyo

Tak terasa, Ramadhan 1437 H / 2016 M akan segera berlalu dan Idul Fitri sudah di depan mata. Selama Ramadhan, umat Islam berlomba-lomba memperbanyak amal ibadahnya, salah satunya ditandainya dengan tumbuhnya rasa kepedulian sosial atau kedermawanan.


Ramadhan dan Etos Keilmuan Santri

Oleh H. Suparnyo

Mengawali tulisan ini, atas nama pimpinan Universitas Muria Kudus (UMK), saya ucapkan selamat menunaikan puasa Rama-dhan 1347 H. / 2016 M. kepada segenap sivitas akademika UMK secara khusus dan umat Islam sedunia umumnya.


Read More

Pengunjung

06987956
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Total
1067
1589
8212
6966130
9138
36605
6987956

IP: 192.168.1.45
Jam Server: 2020-08-08 18:50:03

Kami memiliki 35 tamu online

UMK DI GOOGLE MAP

Polling

Menurut Anda tampilan apa saja yang perlu dibenahi dari Website UMK ?

Desain - 43.1%
Warna - 16.5%
Menu - 11.8%
Tata Letak - 23.3%
Tidak Ada - 5.3%

Total votes: 399

Fakultas

Ekonomi
Hukum
FKIP
Pertanian
Teknik
Psikologi

Pascasarjana

Ilmu Hukum

Manajemen

Pendidikan Dasar

Fasilitas

Webmail
Portal Akademik
Repository UMK
Perpustakaan
E-learning
Jurnal
Jurnal Internasional
Portal Ketrampilan Wajib
Pengabdian Masyarakat

Pusat Studi

Pusat Studi Kawasan Muria
Pusat Studi Kretek Indonesia

Pusat Studi Wanita/Gender
Pusat Studi Lingkungan
Pusat Studi Pemerintah Daerah
Pusat Studi Saint,Teknologi dan HAKI

Kemahasiswaan

Pena Kampus
KSR PMI
Menwa Gondho Wingit

Scan this QR Code!
Go to top