Menu

Mengatasi Stres Dengan Menulis

Oleh Anggi Cita Sendy
Kata stress tentu sudah tak asing lagi. Kata ini kerap digunakan ketika seseorang mengalami keadaan yang tidak menyenangkan, tidak sesuai dengan harapannya, atau merasa tertekan. Padahal manusia dan stress tak dapat dipisahkan. Semua manusia tentu akan mengalami stress. Hanya tergantung bagaimana kita dapat mengelola stress tersebut menjadi stress positif (eustres) dan bukan sebaliknya, stress negatif (distress).

Stres positif mampu mendorong kita untuk lebih produktif, aktif, dan kreatif untuk memecahkan masalah yang membelit. Sementara, stress negatif (distress) adalah kondisi yang membuat individu mengalami putus asa (frustrasi).

Sayangnya, kebanyakan masyarakat lebih mengalami distress. Hal ini mengakibatkan turunnya produktivitas, meningkatnya kecemasan, dan putus asa. Menurut Guru Besar Fakultas Psikologi Universitas Indonesia (UI), E. Kristi Poerwandari, pengalaman mengganggu yang ditahan dan tidak dibicarakan dapat berakibat buruk karena akan pengekangan dan berakibat buruk secara fisiologis. Pengekangan ini berarti seseorang tidak mampu membahasakan pikiran dan perasaan yang dimilikinya. Jika terus berlanjut, kondisi ini akan berujung pada depresi. Lantas bagaimana cara untuk mengatasi distress?

Pennebaker, dalam bukunya “Ketika Diam Bukan Emas, Berbicara dan Menulis sebagai Terapi”, menganjurkan untuk mengatasi stress dengan menulis. Menurutnya, dengan menuliskan pengalaman akan mendapatkan pemahaman-pemahaman baru tentang peristiwa emosional dan membantu menyelesaikan masalah.

Menulis berarti menerjemahkan pikiran dan perasaan ke dalam kata-kata. Kegiatan ini sangat menguntungkan secara fisik dan psikologis. Saat seseorang menulis tentang kemelut besar yang menimpanya, maka mereka mulai bisa memahami dan menata masalah yang dihadapinya. Ketika menulis akan dipaksa untuk menyatukan banyak sisi dari peristiwa yang sangat kompleks. Apabila seseorang bisa mencerna pengalaman yang rumit menjadi kesatuan yang lebih bisa dipahami, maka hal ini akan menuntun individu untuk menemukan jalan keluar atas permasalahannya.

 

Teknik menulis untuk melepaskan stress tentunya mempunyai beberapa kelebihan. Diantaranya adalah mudah, tidak memerlukan waktu lama, dapat dilakukan kapan saja, serta dapat dilakukan sendiri. Terlebih jika individu tersebut enggan apabila masalahnya diketahui orang lain. Hal yang perlu dilakukan adalah menyediakan kertas, kemudian menuliskan masalah yang sedang dialami, pikiran individu tentang masalah tersebut, dan perasaannya saat itu. Seperti halnya ketika kita menulis diary. Selamat mencoba.
Anggi Cita Sendy, Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muria Kudus (UMK), reporter portal UMK.

Info Kopertis Wilayah VI

Info RISTEKDIKTI

Tajug

Informasi, Inspirasi dan Penumbuh Harapan

Oleh Dr. Suparnyo SH. MS.

9 Februari, diperingati sebagai Hari Pers Nasional (HPN). Untuk itu, secara pribadi maupun institusi, Saya mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional, semoga pers kita akan semakin baik secara kualitas, sehingga benar-benar bisa mengambil peran maksimal sebagai pilar keempat demokrasi.


Kepedulian Sosial Pasca Ramadhan

Oleh H. Suparnyo

Tak terasa, Ramadhan 1437 H / 2016 M akan segera berlalu dan Idul Fitri sudah di depan mata. Selama Ramadhan, umat Islam berlomba-lomba memperbanyak amal ibadahnya, salah satunya ditandainya dengan tumbuhnya rasa kepedulian sosial atau kedermawanan.


Ramadhan dan Etos Keilmuan Santri

Oleh H. Suparnyo

Mengawali tulisan ini, atas nama pimpinan Universitas Muria Kudus (UMK), saya ucapkan selamat menunaikan puasa Rama-dhan 1347 H. / 2016 M. kepada segenap sivitas akademika UMK secara khusus dan umat Islam sedunia umumnya.


Read More

Pengunjung

06984069
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Total
288
958
4325
6966130
5251
36605
6984069

IP: 192.168.1.45
Jam Server: 2020-08-06 07:47:24

Kami memiliki 20 tamu online

UMK DI GOOGLE MAP

Polling

Menurut Anda tampilan apa saja yang perlu dibenahi dari Website UMK ?

Desain - 43.1%
Warna - 16.5%
Menu - 11.8%
Tata Letak - 23.3%
Tidak Ada - 5.3%

Total votes: 399

Fakultas

Ekonomi
Hukum
FKIP
Pertanian
Teknik
Psikologi

Pascasarjana

Ilmu Hukum

Manajemen

Pendidikan Dasar

Fasilitas

Webmail
Portal Akademik
Repository UMK
Perpustakaan
E-learning
Jurnal
Jurnal Internasional
Portal Ketrampilan Wajib
Pengabdian Masyarakat

Pusat Studi

Pusat Studi Kawasan Muria
Pusat Studi Kretek Indonesia

Pusat Studi Wanita/Gender
Pusat Studi Lingkungan
Pusat Studi Pemerintah Daerah
Pusat Studi Saint,Teknologi dan HAKI

Kemahasiswaan

Pena Kampus
KSR PMI
Menwa Gondho Wingit

Scan this QR Code!
Go to top