Menu

Profil Pertanian S1

Sejarah

Fakultas Pertanian Universitas Muria Kudus dirintis sejak tahun 1982 dengan jurusan Budidaya Pertanian dan mendapat Status Terdaftar pada tahun 1984 berdasar SK. Mendikbud RI No. 061/0/1984. tanggal 29 Nopember 1984. Pada tahun 2005 jurusan/program studi tersebut berubah menjadi Jurusan Agronomi. Namun sejak tanggal 17 September 2008 melalui surat Direktorat Pendidikan Tinggi no. 3217/D/T/2008, Program Studi Agronomi diubah menjadi Program Studi Agroteknologi. Program Studi Agroteknologi merupakan satu-satunya program studi yang ada di Fakultas Pertanian UMK.


Organisasi

1. Dekan mempunyai tugas memimpin penyelenggaraan pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat membina tenaga edukatif, mahasiswa, tenaga administrasi fakultas, dan bertanggung jawab kepada Rektor
2. Wakil Dekan bidang akademik (WD I) mempunyai tugas membantu Dekan dalam memimpin pelaksanaan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
3. Wakil Dekan bidang administrasi umum (WD II) mempunyai tugas membantu Dekan memimpin pelaksaan kegiatan di bidang administrasi Umum
4. Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan(WD III)  mempunyai tugas membantu Dekan dalam pelaksanaan kegiatan di bidang pembinaan serta layanan kesejahteraan mahasiswa.
5. Untuk melaksanakan tugas Program Studi, maka Ketua Program Studi mempunyai fungsi :
 
a. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran dalam sebagian atau satu cabang ilmu, teknologi, atau seni tertentu bagi program pendidikan yang ada.
b. Melaksanakan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni tertentu.
c. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat
d. Melaksankan pembinaan tenaga edukatif, tenaga administratif dan mahasiswa
6. Tugas dan Fungsi Ketua Laboratorium :
 
a. Mengembangkan ilmu pada laboratorium
b. Melakukan pembinaan terhadap kelompok dosen yang berada pada laboratorium/Studio/Kajian tersebut
7. Komisi Sarjana bertugas untuk mengkoordinasi pelaksanaan mata kuliah Skripsi, Penyajian Ilmiah/Seminar,Magang/Kerja Lapangan dan Praktek Kerja Usaha Pertanian.


Susunan Organisasi Fakultas Pertanian

Susunan Pejabat struktural di lingkungan Fakultas Pertanian sekarang ini adalah sebagai berikut :

Dekan

Wakil Dekan I

Wakil Dekan II

Wakil Dekan III

Ketua Program Studi

Ketua Laboratorium

Ka. Tata Usaha

: Ir. Hadi Supriyo, MS

: Ir. Untung Sudjianto, MS

: Ir. Suharijanto, MP

: Ir. Supari, MSi

: Ir. Untung Sudjianto, MS

: Ir. Zed Nahdi, M.Sc.

: Heni Sri Supatmi

 

Pimpinan

Fakultas Pertanian

 

 

 

Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia yang ada di Program Studi Agroteknologi terdiri dari dosen, tenaga administrasi, teknisi/laboran, dan tukang kebun. Ada tiga belas dosen tetap di Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian, delapan diantaranya sudah berpendidikan
S2. Selanjutnya untuk mendukung kinerja akademik di Fakultas Pertanian dibantu oleh tiga orang Staff Administrasi, seorang teknisi/laboran serta dua orang tukang kebun.
Pengelolaan dosen diutamakan untuk pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, sedangkan Staf Administrasi dibina untuk pelaksanaan tugas-tugas keadministrasian baik yang bersifat administrasi intemal Fakultas maupun pelayanan kepada mahasiswa, serta staf laboran dikelola untuk pelaksanaan tugas-tugas di laboratorium.
Upaya pengembangan staf dibedakan antara staf akademik terhadap staf non akademik (administrasi dan laboran). Bagi staf akademik diutamakan untuk peningkatan kualitas diri dengan mengikuti studi lanjut, penataran-penataran, seminar, pencangkokan, dll. Bagi staff administrasi dan laboran diutamakan untuk memperlancar pelaksanaan tugas keadministrasian pada masing-masing bidang dengan cara mengikuti kursus komputer, keadministrasian, dan lain-lain.

Untuk Lebih Jelasnya dapat di lihat disini

Info Kopertis Wilayah VI

Info RISTEKDIKTI

Tajug

Informasi, Inspirasi dan Penumbuh Harapan

Oleh Dr. Suparnyo SH. MS.

9 Februari, diperingati sebagai Hari Pers Nasional (HPN). Untuk itu, secara pribadi maupun institusi, Saya mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional, semoga pers kita akan semakin baik secara kualitas, sehingga benar-benar bisa mengambil peran maksimal sebagai pilar keempat demokrasi.


Kepedulian Sosial Pasca Ramadhan

Oleh H. Suparnyo

Tak terasa, Ramadhan 1437 H / 2016 M akan segera berlalu dan Idul Fitri sudah di depan mata. Selama Ramadhan, umat Islam berlomba-lomba memperbanyak amal ibadahnya, salah satunya ditandainya dengan tumbuhnya rasa kepedulian sosial atau kedermawanan.


Ramadhan dan Etos Keilmuan Santri

Oleh H. Suparnyo

Mengawali tulisan ini, atas nama pimpinan Universitas Muria Kudus (UMK), saya ucapkan selamat menunaikan puasa Rama-dhan 1347 H. / 2016 M. kepada segenap sivitas akademika UMK secara khusus dan umat Islam sedunia umumnya.


Read More

Pengunjung

06783639
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Total
40
195
1367
6780136
6066
7911
6783639

IP: 192.168.1.34
Jam Server: 2019-10-23 01:38:28

Kami memiliki 33 tamu online

UMK DI GOOGLE MAP

Polling

Menurut Anda tampilan apa saja yang perlu dibenahi dari Website UMK ?

Desain - 43.1%
Warna - 16.5%
Menu - 11.8%
Tata Letak - 23.3%
Tidak Ada - 5.3%

Total votes: 399

Fakultas

Ekonomi
Hukum
FKIP
Pertanian
Teknik
Psikologi

Pascasarjana

Ilmu Hukum

Manajemen

Pendidikan Dasar

Fasilitas

Webmail
Portal Akademik
Repository UMK
Perpustakaan
E-learning
Jurnal
Jurnal Internasional
Portal Ketrampilan Wajib
Pengabdian Masyarakat

Pusat Studi

Pusat Studi Kawasan Muria
Pusat Studi Kretek Indonesia

Pusat Studi Wanita/Gender
Pusat Studi Lingkungan
Pusat Studi Pemerintah Daerah
Pusat Studi Saint,Teknologi dan HAKI

Kemahasiswaan

Pena Kampus
KSR PMI
Menwa Gondho Wingit

Scan this QR Code!
Go to top