Menu

Kerjasama Pertanian S1

Guna meningkatkan kinerja lembaga dan menunjang tercapainya visi, misi dan tujuan lemabaga, maka Fakultas Pertanian berusaha menambah, memperluas dan mengembangkan prasaran pendukung akademik dengan menjalin kerjasama dengan lembaga pendidikan tinggi (Universitas Sebelas Maret), dengan berbagai dinas pemerintahan yang terkait seperti penggunaan perpustakaan dan laboratorium pada Laboratorium Pengamat Hama dan Penyakit Tanaman Pangan di Pati dan Balai Penelitian Lingkungan Pertanian Jakenan. Selain itu dengan Perum Perhutanin telah disepakati kerjasama pengelolaan Hutan lindung/konservasi sebagai hutan pendidikan di Dusun Semliro, Desa Rahtawu di lereng gunung Muria dalam program Wana UMK.

Selanjunya menjalin kerjasama dengan pengusaha / perusahaan juga dilakukan, antara lain dengan PT. Nojorono, PT. Sukun, PT. Djarum dan PT Mascom Graphy (Suara Merdeka) telah dilaksanakan bersama berbagai elemen masyarakat untuk mendukung program Muria Hijau dengan melaksanakan Kemah Bhakti yang bertujuan mendidik kader bangsa (siswa SLTA) mencintai lingkungan hidup, sebagi bentuk kepedulian Fakultas Pertanian untuk mendukung konservasi lahan lereng Gunung Muria di Desa Temadi, Kec. Dawe. Kemudian dengan PT. Pura Barutama yang telah berpartisipasi menyediakan traktor untuk menunjang kelengkapan laboratorium Produksi Tanaman Fakultas Pertanian. Kerjasama dengan PT. Mubarok Food Cipta Delicia membantu penanganan penyediaan bahan baku secara standard.

Dari Unsur Pemerintah daerah juga teijalin kerjasama yang harmonis, seperti dengan Pemkab Kudus dalam mendukung terciptanya pelestarian lingkungan dan Pemprov Jateng dalam mendukung pengembangan prasarana Laboratorium, khususnya untuk pembangunan/melengkapi peralatan laboratorium Kultur Jaringan " in vitro" di Fakultas Pertanian UMK. Juga telah diadakan kerjasama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Kudus dalam rangka pendampingan Gerakan Rehabilitasi Hutan dan Lahan (GNRHL). Kerjasama dengan LIPI, melakukan penelitian pengembangan dan melestarikan plasma nutfah tanaman komoditas unggulan daerah. Kerjasama dengan BATAN, penelitian uji analisis dan sosialisasi produk Pertanian BATAN.

 

Pengembangan

Fakultas Pertanian UMK memiliki ruang kuliah dan Laboratorium untuk praktek yang memadai. Selain itu juga dilengkapi kebun percobaan dan Green House. Laboratorium tersebut antara lain adalah Laboratorium Kimia dan Fisika, Laboratorium Produksi Tanaman, Laboratorium Ilmu Tanah, Laboratorium Hama-Penyakit Tanaman dan Laboratorium Kultur Jaringan "in vitro". Dalam rangka pengembangan IPTEKS dan pelaksanaan Pengabdian pada Masyarakat, maka fungsi dan pemanfaatan sarana Laboratorium tersebut layak untuk dikembangkan. Sebagai contoh, Laboratorium Hama-Penyakit Tanaman melayani tugas mengidentifikasi penyebab kerusakan tanaman oleh Hama/Patogen, hasil identifikasi tersebut dapat berguna bagi pengambilan keputusan pengedalian hama/patogen tanaman yang akurat. Selain itu, dengan dibantu Laboratorium Kultur Jaringan, berguna untuk mengisolasi dan memperbanyak musuh alami hama yang dapat dimanfaatkan petani/masyarakat sebagai insektisida hayati bagi pengendalian hama tanaman. Fungsi Laboratorium Kultur Jaringan dan Laboratorium Produksi Tanamanjuga dapat dikembangkan untuk melestarikan dan memperbanyak plasma nutfah bibit tanaman buah asli Kudus, diantaranya tanaman Duku Sumber, Durian Pelang dan Jeruk Japan, dengan metode Kultur Jaringan.


Program Studi Agroteknologi


Visi, Misi dan Tujuan tidak berbeda dengan Visi, Misi dan Tujuan yang ada di Fakultas Pertanian karena di Fakultas Pertanian UMK hanya ada satu Program Studi yaitu Program Studi Agroteknologi. Kurikulum yang disajikan berdasar pada Kurikulum Berbasis Kompetensi dengan sajian dan sebaran mata kuliah sperti tertera padaTabel Struktur Kurikulum.


Profil lulusan Program Studi Agroteknologi :

  1. Pelaku di bidang pertanian
  2. Manajer
  3. Pengusaha
  4. Peneliti
  5. Pendidik

Info Kopertis Wilayah VI

Info RISTEKDIKTI

Tajug

Informasi, Inspirasi dan Penumbuh Harapan

Oleh Dr. Suparnyo SH. MS.

9 Februari, diperingati sebagai Hari Pers Nasional (HPN). Untuk itu, secara pribadi maupun institusi, Saya mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional, semoga pers kita akan semakin baik secara kualitas, sehingga benar-benar bisa mengambil peran maksimal sebagai pilar keempat demokrasi.


Kepedulian Sosial Pasca Ramadhan

Oleh H. Suparnyo

Tak terasa, Ramadhan 1437 H / 2016 M akan segera berlalu dan Idul Fitri sudah di depan mata. Selama Ramadhan, umat Islam berlomba-lomba memperbanyak amal ibadahnya, salah satunya ditandainya dengan tumbuhnya rasa kepedulian sosial atau kedermawanan.


Ramadhan dan Etos Keilmuan Santri

Oleh H. Suparnyo

Mengawali tulisan ini, atas nama pimpinan Universitas Muria Kudus (UMK), saya ucapkan selamat menunaikan puasa Rama-dhan 1347 H. / 2016 M. kepada segenap sivitas akademika UMK secara khusus dan umat Islam sedunia umumnya.


Read More

Pengunjung

06804151
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Total
475
241
475
6800280
3871
15138
6804151

IP: 192.168.1.34
Jam Server: 2019-12-08 20:05:50

Kami memiliki 75 tamu online

UMK DI GOOGLE MAP

Polling

Menurut Anda tampilan apa saja yang perlu dibenahi dari Website UMK ?

Desain - 43.1%
Warna - 16.5%
Menu - 11.8%
Tata Letak - 23.3%
Tidak Ada - 5.3%

Total votes: 399

Fakultas

Ekonomi
Hukum
FKIP
Pertanian
Teknik
Psikologi

Pascasarjana

Ilmu Hukum

Manajemen

Pendidikan Dasar

Fasilitas

Webmail
Portal Akademik
Repository UMK
Perpustakaan
E-learning
Jurnal
Jurnal Internasional
Portal Ketrampilan Wajib
Pengabdian Masyarakat

Pusat Studi

Pusat Studi Kawasan Muria
Pusat Studi Kretek Indonesia

Pusat Studi Wanita/Gender
Pusat Studi Lingkungan
Pusat Studi Pemerintah Daerah
Pusat Studi Saint,Teknologi dan HAKI

Kemahasiswaan

Pena Kampus
KSR PMI
Menwa Gondho Wingit

Scan this QR Code!
Go to top