Menu

Subarkah Terpilih Pimpin Forkom Respek Kudus

KUDUS – Wakil Rektor IV Bidang Kerja Sama Universitas Muria Kudus (UMK), Dr. Subarkah SH. M.Hum terpilih sebagai ketua Forum Komunikasi (Forkom) untuk Penanggulangan Kebencanaan (Respek) Kabupaten Kudus.

Subarkah terpilih memimpin forum ini, dalam pertemuan stakeholders Penanggulangan Risiko Bencana dan Penanggulangan Bencana (PRB-PB) di Ruang Rapat Lantai II Gedung Rektorat UMK, Sabtu (4/3/2017). Dia didampingi Hidayat Noor dari Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (PP LPBI) NU Kabupaten Kudus yang didaulat menjadi sekretaris.

Pertemuan itu dihadiri berbagai unsur, yakni dari DPRD Kudus, Dinpora Kudus, TNI, Polri, UMK, PT. Djarum, PT. Wings Surya, PT. Mubarokfood Cipta Delicia, BPBD Kudus, Pengurus Pusat LPBI NU, LPBI NU Kudus, Fatayat NU Kudus, dan Pemerintah Desa Karangrowo.

Perlu Sinergi  

Pada kesempatan itu, dibahas berbagai persoalan kebencanaan dan strategi untuk mengantisipasi dan melakukan pengurangan risiko bencana. menurut Rurit Rudiyanto, diperlukan sinergi dalam penanggulangan risiko bencana dan penanggulangan bencana, sehingga penanggulangan bencana bisa dilakukan secara efektif dan tepat sasaran.

Pengurus PP LPBI NU itu mengutarakan, sinergi ini menjadi penting, karena fakta di lapangan, seringkali ada 'benturan' antara masing-masing relawan. ''Pentingnya sinergi adalah agar tidak ada benturan. Di lapangan, tak jarang saat bencana yang terjadi tidak besar, relawannya banyak. Sebaliknya, ketika bencana yang terjadi besar, relawannya malah sedikit,'' ungkapnya.

Rurit mengakui, di masing-masing seperti TNI dan Polri, telah memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam penanganan bencana, termasuk LPBI NU. ‘’Agar tidak jalan sendiri-sendiri, harus ada sinergi di lapangan,'' tegasnya.

Selain itu, disinggung pula keberadaan Peraturan Daerah (Perda) Penanggulangan Bencana di Kabupaten Kudus, apalagi di kabupaten ini sudah memiliki Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

''Secara nasional, memang sudah ada aturan terkait dengan penanggulangan bencana, hanya saja ini bersifat umum di Indonesia. Perda sendiri dibutuhkan, karena diharapkan aturan tersebut berbasis karakter lokal yang ada,'' paparnya.

Terkait Perda, Subarkah menilai, bahwa sudah waktunya Kabupaten Kudus memiliki Perda Penanggulangan Bencana. sebab, realitasnya, bencana sering terjadi di kabupaten ini, baik longsor, banjir, dan yang baru terjadi adalah puting beliung di Desa Honggosoco (Jekulo) dan Desa Kandangmas (Dawe) baru-baru ini.

''Dengan adanya Perda Penanggulangan Bencana, maka kerja-kerja penanggulangan bencana akan bisa dilakukan secara maksimal dan terkoordinasi dengan baik. Mari kita dorong agar Perda Penanggulangan Bencana di Kudus segera terwujud,'' tuturnya. (Eros-Portal)

Info Kopertis Wilayah VI

Info RISTEKDIKTI

Tajug

Informasi, Inspirasi dan Penumbuh Harapan

Oleh Dr. Suparnyo SH. MS.

9 Februari, diperingati sebagai Hari Pers Nasional (HPN). Untuk itu, secara pribadi maupun institusi, Saya mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional, semoga pers kita akan semakin baik secara kualitas, sehingga benar-benar bisa mengambil peran maksimal sebagai pilar keempat demokrasi.


Kepedulian Sosial Pasca Ramadhan

Oleh H. Suparnyo

Tak terasa, Ramadhan 1437 H / 2016 M akan segera berlalu dan Idul Fitri sudah di depan mata. Selama Ramadhan, umat Islam berlomba-lomba memperbanyak amal ibadahnya, salah satunya ditandainya dengan tumbuhnya rasa kepedulian sosial atau kedermawanan.


Ramadhan dan Etos Keilmuan Santri

Oleh H. Suparnyo

Mengawali tulisan ini, atas nama pimpinan Universitas Muria Kudus (UMK), saya ucapkan selamat menunaikan puasa Rama-dhan 1347 H. / 2016 M. kepada segenap sivitas akademika UMK secara khusus dan umat Islam sedunia umumnya.


Read More

Pengunjung

06702434
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Total
113
232
113
6699165
5980
6647
6702434

IP: 192.168.1.34
Jam Server: 2019-02-24 06:26:25

Kami memiliki 12 tamu online

UMK DI GOOGLE MAP

Polling

Menurut Anda tampilan apa saja yang perlu dibenahi dari Website UMK ?

Desain - 43.1%
Warna - 16.5%
Menu - 11.8%
Tata Letak - 23.3%
Tidak Ada - 5.3%

Total votes: 399

Fakultas

Ekonomi
Hukum
FKIP
Pertanian
Teknik
Psikologi

Pascasarjana

Ilmu Hukum

Manajemen

Pendidikan Dasar

Fasilitas

Webmail
Portal Akademik
Repository UMK
Perpustakaan
E-learning
Jurnal
Jurnal Internasional
Portal Ketrampilan Wajib
Pengabdian Masyarakat

Pusat Studi

Pusat Studi Kawasan Muria
Pusat Studi Kretek Indonesia

Pusat Studi Wanita/Gender
Pusat Studi Lingkungan
Pusat Studi Pemerintah Daerah
Pusat Studi Saint,Teknologi dan HAKI

Kemahasiswaan

Pena Kampus
KSR PMI
Menwa Gondho Wingit

Scan this QR Code!
Go to top