Menu

Mapala Arga Dahana Masuk Nominasi Raih Kalpataru Jateng

UMK – Tahun 2017 ini, UKM Mapala Arga Dahana Universitas Muria Kudus (UMK), berhasil masuk nominasi untuk meraih penghargaan Kalpataru tingkat Jateng kategori mahasiswa penyelamat lingkungan.

Tahun sebelumnya (2016), UKM Pecinta Linkungan kebanggaan UMK ini bahkan sudah berhasil meraih Kalpataru dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, untuk serupa. Sehingga, ini adalah tahun kedua Mapala Arga Dahana UMK meraih penghargaan kedua serupa, jika berhasil lolos dalam penilaian yang dilakukan tim verifikasi lapangan.

Tim Korespondensi dan Verifikasi Lapangan kepada UKM Mapala Arga Dahana UMK sebagai calon penerima Kalpataru tingkat Jateng, digelar di ruang rapat lantai II Gedung Rektorat UMK, Selasa lalu (21/2/2017).

Tim itu antara lain terdiri atas Ammy Rita Manalu dan Joko Tri Hartanto (Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Jateng), Ananto Aji (Universitas Negeri Semarang), Ifdrol Syukri (PKP Jateng), serta Khoiri Nurokhim (Yayasan Bintari).

Nampak hadir dalam kesempatan itu, di antaranya Rektor UMK Dr. Suparnyo SH. MS., Rohmad Winarso ST. MT. (Wakil Rektor III), Dr. Subarkah SH. M.Hum (Wakil Rektor IV), Hendy Hendro HS. M.Si (pemerhati lingkungan UMK), Indriatmoko (Dinas PKPLH Kudus), dan para aktivis Mapala Arga Dahana UMK.

Oleh Tim Korespondensi dan Verifikasi Lapangan, UKM Mapala Arga Dahana diminta mempresentasikan berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan, yang kemudian diwakili Divisi Litbang, M. Amin Ma'ruf.

Amin mengemukakan, bahwa sudah banyak aktivitas terkait pelestarian lingkungan, yang telah dilakukan UKM Mapala Arga Dahana. ‘’Antara lain penyuluhan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan bagi masyarakat dengan melibatkan perangkat desa. Tujuannya agar  masyarakat memahami tentang pelestarian lingkungan dan mengimplementasikan di kehidupan sehari-hari,’’ ujarnya.

Dia menambahkan, UKM Mapala Arga Dahana secara kontinu, juga melakukan penghijauan di berbagai tempat dan melakukan bersih gunung. ‘’Untuk bersih gunung yang pernah dilakukan, di antaranya di Puncak 29, Gunung Semeru, dan Gunung Lawu,’’ jelasnya.

Selain itu, terangnya, menggelar Environment Education Programe for Children (EEPC) untuk Sekolah Dasar (SD), dengan materi pengenalan lingkungan hidup, pembibitan, penanaman dan perawatan pohon, sampai dengan pengelolaan sampah dan pendidikan tanggap bencana. (Eros-Portal)

Info Kopertis Wilayah VI

Info RISTEKDIKTI

Tajug

Informasi, Inspirasi dan Penumbuh Harapan

Oleh Dr. Suparnyo SH. MS.

9 Februari, diperingati sebagai Hari Pers Nasional (HPN). Untuk itu, secara pribadi maupun institusi, Saya mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional, semoga pers kita akan semakin baik secara kualitas, sehingga benar-benar bisa mengambil peran maksimal sebagai pilar keempat demokrasi.


Kepedulian Sosial Pasca Ramadhan

Oleh H. Suparnyo

Tak terasa, Ramadhan 1437 H / 2016 M akan segera berlalu dan Idul Fitri sudah di depan mata. Selama Ramadhan, umat Islam berlomba-lomba memperbanyak amal ibadahnya, salah satunya ditandainya dengan tumbuhnya rasa kepedulian sosial atau kedermawanan.


Ramadhan dan Etos Keilmuan Santri

Oleh H. Suparnyo

Mengawali tulisan ini, atas nama pimpinan Universitas Muria Kudus (UMK), saya ucapkan selamat menunaikan puasa Rama-dhan 1347 H. / 2016 M. kepada segenap sivitas akademika UMK secara khusus dan umat Islam sedunia umumnya.


Read More

Pengunjung

06776121
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Total
130
135
130
6774866
6459
10126
6776121

IP: 192.168.1.34
Jam Server: 2019-09-22 19:33:56

Kami memiliki 5 tamu online

UMK DI GOOGLE MAP

Polling

Menurut Anda tampilan apa saja yang perlu dibenahi dari Website UMK ?

Desain - 43.1%
Warna - 16.5%
Menu - 11.8%
Tata Letak - 23.3%
Tidak Ada - 5.3%

Total votes: 399

Fakultas

Ekonomi
Hukum
FKIP
Pertanian
Teknik
Psikologi

Pascasarjana

Ilmu Hukum

Manajemen

Pendidikan Dasar

Fasilitas

Webmail
Portal Akademik
Repository UMK
Perpustakaan
E-learning
Jurnal
Jurnal Internasional
Portal Ketrampilan Wajib
Pengabdian Masyarakat

Pusat Studi

Pusat Studi Kawasan Muria
Pusat Studi Kretek Indonesia

Pusat Studi Wanita/Gender
Pusat Studi Lingkungan
Pusat Studi Pemerintah Daerah
Pusat Studi Saint,Teknologi dan HAKI

Kemahasiswaan

Pena Kampus
KSR PMI
Menwa Gondho Wingit

Scan this QR Code!
Go to top