Menu

PEKERTI Dorong Peningkatan Trust Masyarakat kepada PT

UMK – Pelatihan Program Pengembangan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) tidak sekadar memiliki manfaat meningkatkan kapasitas dosen Perguruan Tinggi (PT). Lebih dari itu, pelatihan ini juga bisa berdampak positif mendorong tingkat kepercayaan (trust) masyarakat kepada PT.

Hal itu dikemukakan Koordinator Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah, Prof. Dr. DYP. Sugiharto M.Pd. Kons dalam sambutannya sebelum membuka pelatihan PEKERTI di Lantai IV Ruang Seminar Gedung Rektorat Universitas Muria Kudus (UMK) dan Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah, 6-10 Ferbuari 2017.

Pelatihan yang diselenggarakan oleh UMK dan Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah, ini pun diikuti dengan antusias oleh para dosen dari berbagai PT Swasta di Jawa Tengah. Tercatat, 52 dosen ikut dalam kesempatan ini.

Selain dari UMK sendiri, peserta antara lain datang dari Stikes Muhammadiyah Kudus, STT Ronggolawe Cepu Blora, Universitas Pandanaran Semarang, dan Stikes Cendekia Utama Kudus.

Para narasumber dalam pelatihan ini, yaitu Prof. Dr. DYP. Sugiharto M.Pd. Kons, Prof. Dr. Sunandar M.Pd., Dr. Retnaningdyastuti M.Pd., Dra. Intan Indiati M.Pd., Wawan Laksito YS. S.Si. M.Kom., dan Sugeng Slamet ST. MT.

Sedang materi pelatihan antara lain meliputi strategi peningkatan kualitas pendidikan tinggi dan kebijakan Kopertis Wilayah VI, pendidikan sebagai sistem, teori belajar dan motivasi, desain instruksional, komunikasi dan keterampilan dasar mengajar, serta model-model pembelajaran inovatif.

Rektor UMK, Dr. Suparnyo SH. MS., dalam sambutannya menyampaikan, dosen memiliki tanggung jawab yang tidak ringan, karena mesti mampu mentransformasikan ilmu pengetahuan kepada anak didiknya (mahasiswa).

‘’Ending dari pelatihan PEKERTI ini, yaitu meningkatnya kualitas lulusan PT. Untuk ini, dalam mengajar dosen tidak bisa cuma melaksanakan kewajiban, tetapi harus mampu memotivasi agar anak didiknya bisa menjadi generasi bangsa yang cerdas, kreatif, inovatif dengan dilambari keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa,’’ katanya.

Dengan peningkatan kualitas lulusan itulah, diharapkan para lulusan PT, khususnya PT Swasta di Jawa Tengah, bisa bersaing dengan lulusan dari PT lain. ‘’Persaingan ini tidak hanya dengan lulusan PT dari dalam negeri, juga dengan lulusan PT luar negeri,’’ ujarnya.

Prof. DYP. Sugiharto, mengemukakan, para peserta PEKERTI mesti bersyukur, karena berkesempatan menjadi dosen. Menurutnya, banyak orang yang memiliki kualifikasi pendidikan minimal S2, namun tidak punya kesempatan menjadi dosen. ‘’Supaya dalam mengikuti pelatihan ini bersemangat, mari kita bangun dengan rasa syukur,’’ katanya.

Dia menjelaskan, PEKERTI sangat strategis, apalagi PT saat ini terpacu menjadi kampus bertaraf internasional. ‘’Harapan dari pelatihan PEKERTI adalah penguatan kinerja dosen, sehingga berdampak positif pada peningkatan trust universitas di masyarakat,’’ paparnya sembari mengingatkan bahwa tugas utama dosen adalah mengajar. (Eros-Portal)

Info Kopertis Wilayah VI

Info RISTEKDIKTI

Tajug

Informasi, Inspirasi dan Penumbuh Harapan

Oleh Dr. Suparnyo SH. MS.

9 Februari, diperingati sebagai Hari Pers Nasional (HPN). Untuk itu, secara pribadi maupun institusi, Saya mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional, semoga pers kita akan semakin baik secara kualitas, sehingga benar-benar bisa mengambil peran maksimal sebagai pilar keempat demokrasi.


Kepedulian Sosial Pasca Ramadhan

Oleh H. Suparnyo

Tak terasa, Ramadhan 1437 H / 2016 M akan segera berlalu dan Idul Fitri sudah di depan mata. Selama Ramadhan, umat Islam berlomba-lomba memperbanyak amal ibadahnya, salah satunya ditandainya dengan tumbuhnya rasa kepedulian sosial atau kedermawanan.


Ramadhan dan Etos Keilmuan Santri

Oleh H. Suparnyo

Mengawali tulisan ini, atas nama pimpinan Universitas Muria Kudus (UMK), saya ucapkan selamat menunaikan puasa Rama-dhan 1347 H. / 2016 M. kepada segenap sivitas akademika UMK secara khusus dan umat Islam sedunia umumnya.


Read More

Pengunjung

06794047
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Total
59
486
1570
6787054
8905
7569
6794047

IP: 192.168.1.34
Jam Server: 2019-11-20 01:53:49

Kami memiliki 11 tamu online

UMK DI GOOGLE MAP

Polling

Menurut Anda tampilan apa saja yang perlu dibenahi dari Website UMK ?

Desain - 43.1%
Warna - 16.5%
Menu - 11.8%
Tata Letak - 23.3%
Tidak Ada - 5.3%

Total votes: 399

Fakultas

Ekonomi
Hukum
FKIP
Pertanian
Teknik
Psikologi

Pascasarjana

Ilmu Hukum

Manajemen

Pendidikan Dasar

Fasilitas

Webmail
Portal Akademik
Repository UMK
Perpustakaan
E-learning
Jurnal
Jurnal Internasional
Portal Ketrampilan Wajib
Pengabdian Masyarakat

Pusat Studi

Pusat Studi Kawasan Muria
Pusat Studi Kretek Indonesia

Pusat Studi Wanita/Gender
Pusat Studi Lingkungan
Pusat Studi Pemerintah Daerah
Pusat Studi Saint,Teknologi dan HAKI

Kemahasiswaan

Pena Kampus
KSR PMI
Menwa Gondho Wingit

Scan this QR Code!
Go to top