Menu

Dr. Mahir Sampaikan Pentingnya Cinta Tanah Air

- Dari Kunjungan Dr. Mahir Hasan Al-Munajjid di UMK (Bagian-2)

UMK– Di Kabupaten Kudus, cendekiawan muslim asal Syiria, Dr. Mahir Hasan Al-Munajjid melakukan berbagai kunjungan dan ceramah di beberapa tempat, dimulai dari Universitas Muria Kudus (UMK).

Di UMK, ceramah dikemas dalam Halaqah Qur’aniyyah yang mengusung tema ‘’Pesan Damai dan Cinta Tanah Air dalam Kajian Alqur’an’’. Acara dilangsungkan di Aula Masjid Darul Ilmi, Jum’at (20/1/2016) mulai sekitar 09.00 sedari pagi hingga menjelang ashar.

Pada kesempatan itu, Dr. Mahir mengulas pentingnya rasa cinta tanah air (hubbul wathan). ‘’Hubbul watahan adalah tema yang besar, yakni sebuah hal yang menjadi keharusan karena saat ini banyak negara Islam hancur karena ulah rakyat mereka sendiri, yang tidak kenal dan mengenal cinta tanah air,” tegasnya.

Dalam pandangannya, konflik di dunia Islam dipicu oleh kecenderungan meruncingnya perbedaan baik secara aqidah, pemikiran, ataupun golongan. “Apakah kalian semua tahu, bahwa semasa Rasulullah SAW adakah golongan Syiah, Khawarij, Murji’ah, dan Qodariyyah? Semua Sahabat hidup menepati satu akidah, sehingga hal yang relevan saat ini yaitu dengan berpegang teguh kepada jamaah (mayoritas) sebagai representasi kebenaran,’’ paparnya.

Doktor ahli al-Qur’an yang menguasai qira’at asyrah itu pun menegaskan, bahwa hubbul wathon (cinta tanah air) adalah sebuah keharusan (keniscayaan), kendati pemimpin yang ada dzalim dan fasiq sekalipun.

‘’Sedzalim apapun penguasa, kita tidak boleh memerangi, memusuhi apalagi sampai mengkudeta, karena hal itu hanya akan menghasilkan fitnah dan kekacauan yang lebih besar. Maka dari itu, gunakan dan kedepankanlah Ilmu yang bersumber dari para Ulama,’’ pesannya.

Di akhir ceramahnya, Dr. Mahir yang juga pakar ushul fiqh ini menekankan sekali lagi pentingnya cinta tanah air. ‘’Kewajiban kita saat ini, adalah bagaimana menjadi unsur masyarakat yang bisa menjaga negara serta tanah air. Jangan sampai menjadi unsur-unsur masyarakat yang justru merobohkan serta merusak negara dan tanah air kita,’’ tandasnya. (Wahab-Portal)

Info Kopertis Wilayah VI

Info RISTEKDIKTI

Tajug

Informasi, Inspirasi dan Penumbuh Harapan

Oleh Dr. Suparnyo SH. MS.

9 Februari, diperingati sebagai Hari Pers Nasional (HPN). Untuk itu, secara pribadi maupun institusi, Saya mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional, semoga pers kita akan semakin baik secara kualitas, sehingga benar-benar bisa mengambil peran maksimal sebagai pilar keempat demokrasi.


Kepedulian Sosial Pasca Ramadhan

Oleh H. Suparnyo

Tak terasa, Ramadhan 1437 H / 2016 M akan segera berlalu dan Idul Fitri sudah di depan mata. Selama Ramadhan, umat Islam berlomba-lomba memperbanyak amal ibadahnya, salah satunya ditandainya dengan tumbuhnya rasa kepedulian sosial atau kedermawanan.


Ramadhan dan Etos Keilmuan Santri

Oleh H. Suparnyo

Mengawali tulisan ini, atas nama pimpinan Universitas Muria Kudus (UMK), saya ucapkan selamat menunaikan puasa Rama-dhan 1347 H. / 2016 M. kepada segenap sivitas akademika UMK secara khusus dan umat Islam sedunia umumnya.


Read More

Pengunjung

06805577
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Total
67
248
1901
6800280
5297
15138
6805577

IP: 192.168.1.34
Jam Server: 2019-12-14 03:48:21

Kami memiliki 33 tamu online

UMK DI GOOGLE MAP

Polling

Menurut Anda tampilan apa saja yang perlu dibenahi dari Website UMK ?

Desain - 43.1%
Warna - 16.5%
Menu - 11.8%
Tata Letak - 23.3%
Tidak Ada - 5.3%

Total votes: 399

Fakultas

Ekonomi
Hukum
FKIP
Pertanian
Teknik
Psikologi

Pascasarjana

Ilmu Hukum

Manajemen

Pendidikan Dasar

Fasilitas

Webmail
Portal Akademik
Repository UMK
Perpustakaan
E-learning
Jurnal
Jurnal Internasional
Portal Ketrampilan Wajib
Pengabdian Masyarakat

Pusat Studi

Pusat Studi Kawasan Muria
Pusat Studi Kretek Indonesia

Pusat Studi Wanita/Gender
Pusat Studi Lingkungan
Pusat Studi Pemerintah Daerah
Pusat Studi Saint,Teknologi dan HAKI

Kemahasiswaan

Pena Kampus
KSR PMI
Menwa Gondho Wingit

Scan this QR Code!
Go to top