Menu

Kasdam Kupas Persoalan Bela Negara, Wakapolda Ingatkan Bahaya Cyber Crime

UMK – Bela negara menjadi tanggung jawab semua rakyat di negeri ini. Namun manifestasi dalam membela dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), satu sama lain, bisa bermacam-macam bentuknya, sehingga tidak mesti dengan mengangkat senjata.

Itulah catatan penting yang disampaikan Kasdam IV/ Diponegoro Brigjen TNI Joni Supriyanto saat menjadi narasumber talkshow kebangsaan yang digelar BEM UMK di Auditorium Kampus UMK, Sabtu lalu (14/1/2017).

"Bela negara tidak harus dengan senjata dan militerisme. Anda jadi anak yang baik, jadi mahasiswa yang baik, itu juga bagian dari bela negara," katanya di hadapan sekitar seribu peserta talkshow yang terdiri atas mahasiswa, pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Resimen Mahasiswa (Menwa) di Jawa Tengah, Ormas keagamaan serta organisasi kepemudaan.

Kasdam pun berpesan, agar dalam hal pembangunan bangsa, mahasiswa dan generasi muda bisa mengambil peran maksimal. "Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia sangat hebat. Saya yakin, Indonesia tidak akan kalah bersaing dengan luar negeri, apalagi Indonesia juga kaya dengan Sumber Daya Alam (SDA). Indonesia surga dunia, semua ada di sini," tegasnya.

Wakil Kepala Polda Jawa Tengah, Brigjen Pol Drs. Firli M.Si., salah satu narasumber, berpesan agar para generasi muda menjaga diri dari serangan cyber. "Serangan cyber sangat dahsyat. Saya minta generasi muda, khususnya mahaaiswa bisa memilah dan memilih informasi yang diterima," katanya.

Dia mengemukakan, mahasiswa dan generasi muda harus menilai informasi yang diterima, apakah benar atau salah, dan apakah ada manfaatnya atau tidak. "Kalau informasi itu benar dan ada manfaatnya, silakan bagikan (ke publik-red). Tetapi jika informasi itu tidak benar, mengandung unsur provokasi, menghasud dan menyebar kebencian, maka hapus saja.Ini pesan saya menghadapi cyber crime,’’ tegasnya.

Dr. Subarkah SH. M.Hum, menyampaikan, sekalipun Islam dianut oleh mayoritas penduduk, namun ekspresi sosio cultural dan politik kaum muslimin tidak pernah tunggal, melainkan sangat beragam.

‘’Indonesia merupakan sebuah mozaik kepulauan, etnisitas, agama dan budaya yang indah dan menawan, jika rakyatnya pandai menjaga dan memeliharanya. Menjaga dan memelihara mozaik ini menjadi keniscayaan, karena kegagalan merawat keanekaragaman yang ada, bisa berakibat munculnya pemberontakan dan konflik sosial,’’ ungkapnya dalam talkshow yang dibuka Rektor UMK, Dr. Suparnyo SH. MS.

Sedang KH. Ahmad Badawi Basyir, mengutarakan, Allah SWT. menciptakan manusia bersuku-suku dan berbangsa-bangsa, untuk saling mengenal satu sama lain. Tetapi menurutnya, yang menarik, di Indonesia tidak pernah ada Nabi yang lahir atau diutus, tetapi pemeluk Islam sangat besar dan tidak pernah ada pertikaian antarsekte keagamaan.

‘’Ini karena di Indonesia ada yang namanya kiai. Kiai tidak sekadar orang ‘alim, tetapi juga panutan ummat. Semakin takwanya kuat, komitmen kebangsaannya semakin kuat. Hubbul wathan minal iman. Cinta tanah air itu bagian dari pada iman,’’ terangnya. (Eros-Portal)

Info Kopertis Wilayah VI

Info RISTEKDIKTI

Tajug

Informasi, Inspirasi dan Penumbuh Harapan

Oleh Dr. Suparnyo SH. MS.

9 Februari, diperingati sebagai Hari Pers Nasional (HPN). Untuk itu, secara pribadi maupun institusi, Saya mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional, semoga pers kita akan semakin baik secara kualitas, sehingga benar-benar bisa mengambil peran maksimal sebagai pilar keempat demokrasi.


Kepedulian Sosial Pasca Ramadhan

Oleh H. Suparnyo

Tak terasa, Ramadhan 1437 H / 2016 M akan segera berlalu dan Idul Fitri sudah di depan mata. Selama Ramadhan, umat Islam berlomba-lomba memperbanyak amal ibadahnya, salah satunya ditandainya dengan tumbuhnya rasa kepedulian sosial atau kedermawanan.


Ramadhan dan Etos Keilmuan Santri

Oleh H. Suparnyo

Mengawali tulisan ini, atas nama pimpinan Universitas Muria Kudus (UMK), saya ucapkan selamat menunaikan puasa Rama-dhan 1347 H. / 2016 M. kepada segenap sivitas akademika UMK secara khusus dan umat Islam sedunia umumnya.


Read More

Pengunjung

06805704
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Total
194
248
2028
6800280
5424
15138
6805704

IP: 192.168.1.34
Jam Server: 2019-12-14 04:42:54

Kami memiliki 19 tamu online

UMK DI GOOGLE MAP

Polling

Menurut Anda tampilan apa saja yang perlu dibenahi dari Website UMK ?

Desain - 43.1%
Warna - 16.5%
Menu - 11.8%
Tata Letak - 23.3%
Tidak Ada - 5.3%

Total votes: 399

Fakultas

Ekonomi
Hukum
FKIP
Pertanian
Teknik
Psikologi

Pascasarjana

Ilmu Hukum

Manajemen

Pendidikan Dasar

Fasilitas

Webmail
Portal Akademik
Repository UMK
Perpustakaan
E-learning
Jurnal
Jurnal Internasional
Portal Ketrampilan Wajib
Pengabdian Masyarakat

Pusat Studi

Pusat Studi Kawasan Muria
Pusat Studi Kretek Indonesia

Pusat Studi Wanita/Gender
Pusat Studi Lingkungan
Pusat Studi Pemerintah Daerah
Pusat Studi Saint,Teknologi dan HAKI

Kemahasiswaan

Pena Kampus
KSR PMI
Menwa Gondho Wingit

Scan this QR Code!
Go to top