Menu

Berprestasi Berkat Ketekunan dan Kerja Keras

Catatan Awal Tahun 2017 (Bagian-1)

Dalam beberapa tahun terakhir, prestasi mahasiswa Universitas Muria Kudus (UMK), secara akademik, selalu mengalami peningkatan. Berbagai prestasi itu, tentu tak lepas dari proses belajar dan kerja keras mahasiswa dengan penuh ketekunan.

Berbagai prestasi itu, antara lain bisa dilihat dari lolosnya duta UMK dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) 2015 di Universitas Halu Oleo, Kendari dan Pimnas 2016 di Intitut Pertanian Bogor (IPB).

Pada Pimnas 2015, penelitian tim mahasiswa UMK yang berhasil lolos adalah ‘’Kacamata Super Transparan (Kamasutra)’’. Tim terdiri atas lima mahasiswa, yaitu Taufiqurrohman (Prodi Teknik Informatika), Zuliva Ermaningtyas (Prodi PGSD), Rifki Husaini (Prodi Teknik Elektro), Canggih Pamungkas (Prodi Teknik Elektro), dan Afif Budiliyani (Prodi Teknik Informatika).

Menurut penjelasan Endang Supriyati S.Kom M.Kom, pembimbing Pimnas, Kamasutra ini hasil penelitian yang sangat menarik. ‘’Kamasutra memiliki keunggulan bisa mendeteksi hologram pada mata uang dengan LED UV (Ultra Violet) diameter 5 mm. Dengan kata lain, Kamasutra mampu mendeteksi uang palsu,’’ jelasnya.

Untuk Pimnas 2016, UMK mengirimkan dua tim. Tim pertama terdiri dari lima mahasiswa Fakultas Teknik (FT), yakni Rahmawan Wijaya, Raditya Rifky Herdiansyah, Mufti Mubarok, Syafiq Bullah Amin, dan Ryan Andika dengan rancangan ‘’Pup Baby’’ (Pupa Incubator Portable for Baby)-nya.

‘’Pub Baby diharapkan berkontibusi menekan tingginya angka kematian pada bayi akibat hipotermia, yang seringkali kasusnya terjadi karena daerahnya jauh dari akses kesehatan, khususnya di daerah pedalaman,’’ ujar Syafiq Bullah Amin, tim peneliti.

Tim kedua dari UMK dalam Pimnas 2016, terdiri atas tiga mahasiswa Fakultas Teknik, yaitu Ardi Irfanto, Desty Amilia Puspasari, dan Anis Fajar Prakoso dengan ‘’My Tour Guide Kudus’’, sebuah situs yang dibuat untuk mempermudah akses informasi mengenai potensi dan peta wisata di Kabupaten Kudus melalui jaringan internet.

Forum Internasional

Tak hanya di level nasional, mahasiswa UMK juga sudah mampu menunjukkan kualitasnya di forum internasional. Antara lain ditunjukkan dengan lolosnya dua mahasiswa UMK dalam ASEAN Innovation on Social Scineces Exhibition and Conference (AISEC) 2016 di University Utara Malaysia (UUM), Oktober lalu.

Dua mahasiswa itu adalah Adji Joyo Kerto (Prodi Pendidikan Bahasa Inggris) dan Anita Afifatuz Zahro (Prodi Teknik Informatika). Anita Afifatuz Zahro pada kesempatan itu mempresentasikan hasil risetnya ‘’My Blood as a Media Information of Blood Donor Services Based on Android in Blood Donor Unit (UDD) of Kudus Regency’’.

Sedang Adji Joyo Kerto memaperkan karya posternya berjudul ‘’Local Wisdom as an Inspiration for Kudus People Daily Life’’. ‘’Karya poster saya ini mengulas beragam potensi budaya dan kearifan lokal yang dimiliki Kota Kudus, khususnya tradisi Buka Luwur di Menara,’’ ujar mahasiswa asal Kota Jepara itu.

Rektor Dr. Suparnyo SH. memandang, dengan berpartisipasi di forum nasional, apalagi internasional, banyak manfaat positif yang akan didapat mahasiswa, dan secara tidak langsung juga ikut mengharumkan nama institusi.

 ‘’Dengan mengikuti forum internasional seperti AISEC dan forum internasional lain, bisa menjadi sarana pengembangan diri dan memperluas hubungan di level internasional. Pemuda dan mahasiswa, yang notabene calon-calon pemimpin masa depan, harus menggunakan kesempatan seperti ini sebaik-baiknya,’’ katanya. Semoga ke depan, prestasi UMK akan semakin meningkat dan membanggakan. (Eros-Portal)

Info Kopertis Wilayah VI

Info RISTEKDIKTI

Tajug

Informasi, Inspirasi dan Penumbuh Harapan

Oleh Dr. Suparnyo SH. MS.

9 Februari, diperingati sebagai Hari Pers Nasional (HPN). Untuk itu, secara pribadi maupun institusi, Saya mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional, semoga pers kita akan semakin baik secara kualitas, sehingga benar-benar bisa mengambil peran maksimal sebagai pilar keempat demokrasi.


Kepedulian Sosial Pasca Ramadhan

Oleh H. Suparnyo

Tak terasa, Ramadhan 1437 H / 2016 M akan segera berlalu dan Idul Fitri sudah di depan mata. Selama Ramadhan, umat Islam berlomba-lomba memperbanyak amal ibadahnya, salah satunya ditandainya dengan tumbuhnya rasa kepedulian sosial atau kedermawanan.


Ramadhan dan Etos Keilmuan Santri

Oleh H. Suparnyo

Mengawali tulisan ini, atas nama pimpinan Universitas Muria Kudus (UMK), saya ucapkan selamat menunaikan puasa Rama-dhan 1347 H. / 2016 M. kepada segenap sivitas akademika UMK secara khusus dan umat Islam sedunia umumnya.


Read More

Pengunjung

06805732
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Total
222
248
2056
6800280
5452
15138
6805732

IP: 192.168.1.34
Jam Server: 2019-12-14 05:03:25

Kami memiliki 25 tamu online

UMK DI GOOGLE MAP

Polling

Menurut Anda tampilan apa saja yang perlu dibenahi dari Website UMK ?

Desain - 43.1%
Warna - 16.5%
Menu - 11.8%
Tata Letak - 23.3%
Tidak Ada - 5.3%

Total votes: 399

Fakultas

Ekonomi
Hukum
FKIP
Pertanian
Teknik
Psikologi

Pascasarjana

Ilmu Hukum

Manajemen

Pendidikan Dasar

Fasilitas

Webmail
Portal Akademik
Repository UMK
Perpustakaan
E-learning
Jurnal
Jurnal Internasional
Portal Ketrampilan Wajib
Pengabdian Masyarakat

Pusat Studi

Pusat Studi Kawasan Muria
Pusat Studi Kretek Indonesia

Pusat Studi Wanita/Gender
Pusat Studi Lingkungan
Pusat Studi Pemerintah Daerah
Pusat Studi Saint,Teknologi dan HAKI

Kemahasiswaan

Pena Kampus
KSR PMI
Menwa Gondho Wingit

Scan this QR Code!
Go to top