Menu

Tips MAMPU dan 4 T dari Prof. Didi Suherdi

UMK – Mengusung tema “Literate Teachers 21st Century learners: Are you literate enough?”, kuliah tamu yang diselenggarakan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (Prodi PBI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muria Kudus (UMK), itu menarik perhatian para mahasiswa.

Tidak sekadar karena kuliah tamu itu menghadirkan pakar sekelas Prof. Dr. Didi Suherdi M.Ed. Tetapi lantaran materi yang disampaikan guru besar dari UPI Bandung, itu benar-benar mampu memberikan pencerahan.

Dibuka oleh Dekan FKIP Dr. Slamet Utomo M.Pd., dalam kuliah umum yang diselenggarakan di Lantai IV Ruang Seminar Gedung Rektorat itu, Prof. Didi menyampaikan berbagai hal yang menarik terkait bagaimana menjadi pengajar (pendidik) yang baik.

Menurutnya, ada motto menarik yang bisa jadi bahan pembelajaran bersama, yakni MAMPU. MAMPU adalah akronim dari Memiliki Akhlak Mulia Prestasi Unggul. ‘’Para peserta kuliah umum bisa mencoba motto ini, jika ingin menjadi orang yang berakhlak mulia dan memiliki prestasi yang unggul,’’ katanya.

Selain itu, dia juga menyampaikan prinsip 4T. Yaitu ta’aruf, ta’alluf, tafhim, dan tasykil. ‘’Ta’aruf berarti memastikan siswa mengenal gurunya dengan baik, ta’alluf yaitu melibatkan proses belajar secara bertahap karena siswa perlu penyesuaian diri, tafhim adalah mengaitkan bakat siswa dengan apa yang dipelajari, sedang tasykil yaitu pembentukan sikap siswa dengan bakat dan apa yang telah dipelajari,’’ jelasnya.

Dr. Slamet Utomo dalam sambutannya, berharap, agar para mahasiswanya kelak bisa menjadi guru teladan. ‘’Jadilah guru yang baik, sehingga menjadi teladan bagi siswa, jangan menjadi guru yang monoton. Berikan sedikit guyonan, agar siswa tidak merasa bosan dan dapat membuka diri untuk menerima pelajaran tersebut,’’ pesannya.

Kepala Prodi PBI FKIP, Diah Kurniati S.Pd. M.Pd., menyampaikan, bahwa sudah lama pihaknya merencanakan menggelar kuliah tamu ini. ‘’Sudah sejak awal semester kami rencanakan, namun karena Prof. Didi baru ada waktu, sehingga baru bisa terselenggara saat ini,’’ tuturnya. (Vega Afifah, Arofatul Ulya-Portal)

Info Kopertis Wilayah VI

Info RISTEKDIKTI

Tajug

Informasi, Inspirasi dan Penumbuh Harapan

Oleh Dr. Suparnyo SH. MS.

9 Februari, diperingati sebagai Hari Pers Nasional (HPN). Untuk itu, secara pribadi maupun institusi, Saya mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional, semoga pers kita akan semakin baik secara kualitas, sehingga benar-benar bisa mengambil peran maksimal sebagai pilar keempat demokrasi.


Kepedulian Sosial Pasca Ramadhan

Oleh H. Suparnyo

Tak terasa, Ramadhan 1437 H / 2016 M akan segera berlalu dan Idul Fitri sudah di depan mata. Selama Ramadhan, umat Islam berlomba-lomba memperbanyak amal ibadahnya, salah satunya ditandainya dengan tumbuhnya rasa kepedulian sosial atau kedermawanan.


Ramadhan dan Etos Keilmuan Santri

Oleh H. Suparnyo

Mengawali tulisan ini, atas nama pimpinan Universitas Muria Kudus (UMK), saya ucapkan selamat menunaikan puasa Rama-dhan 1347 H. / 2016 M. kepada segenap sivitas akademika UMK secara khusus dan umat Islam sedunia umumnya.


Read More

Pengunjung

06805588
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Total
78
248
1912
6800280
5308
15138
6805588

IP: 192.168.1.34
Jam Server: 2019-12-14 03:50:36

Kami memiliki 44 tamu online

UMK DI GOOGLE MAP

Polling

Menurut Anda tampilan apa saja yang perlu dibenahi dari Website UMK ?

Desain - 43.1%
Warna - 16.5%
Menu - 11.8%
Tata Letak - 23.3%
Tidak Ada - 5.3%

Total votes: 399

Fakultas

Ekonomi
Hukum
FKIP
Pertanian
Teknik
Psikologi

Pascasarjana

Ilmu Hukum

Manajemen

Pendidikan Dasar

Fasilitas

Webmail
Portal Akademik
Repository UMK
Perpustakaan
E-learning
Jurnal
Jurnal Internasional
Portal Ketrampilan Wajib
Pengabdian Masyarakat

Pusat Studi

Pusat Studi Kawasan Muria
Pusat Studi Kretek Indonesia

Pusat Studi Wanita/Gender
Pusat Studi Lingkungan
Pusat Studi Pemerintah Daerah
Pusat Studi Saint,Teknologi dan HAKI

Kemahasiswaan

Pena Kampus
KSR PMI
Menwa Gondho Wingit

Scan this QR Code!
Go to top