Menu

Lemdik Gelar Seminar Penanaman Nilai Karakter

UMK – Lembaga Pendidikan (Lemdik) Universitas Muria Kudus (UMK) menyelenggarakan seminar Kurikulum Pendidikan Tinggi (KPT) terkait ialah Penyusunan Kurikulum Bermuatan Pendidikan Karakter Kebangsaanyang berorientasi pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia(KKNI).

Seminar yang diselenggarakan di Ruang Seminar Lantai IV Gedung Rektorat, Sabtu (17/12/2016)lelu, itu bekerjasama dengan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (KemenristekDikti).

Sebanyak 87 peserta yang terdiri dosen dan mahasiswa, ikut dalam seminar yang bertujuan agar kampus dapat menentukan profil lulusan dan capaian pembelajaran,disamping penyusunan mata kuliah, SKS, dan membuat rencana pembelajaran yang tepat dan berkarakter.

Prof. Dr. Maman RachmanM.Sc., narasumber seminar, mengatakan,betapa pentingpenerapan karakter kebangsaanberorientasi KKNI. Guru besar Universitas Negeri Semarang (Unnes) ini pun kemudian mengilustrasikan apa yang telah diterapkan di kampus tempatnya mengajar.

‘’Di sana (Unnes-Red), terdapat dua tokoh fiksi yang menjadi cerminan karakter kebangsaan,yakni Pa’de Kara dan Ujang Ukon.Pa’de Kara adalah Padepokan Karakter, sedang Ujang Ukon yaitu Unit Jaringan Unnes Konservasi,’’ paparnya.

‘’Unnes mendirikan Pa’de Kara dan Ujung Ukon ini, adalah dalam rangka dosen maupun mahasiswa dapat bersinggungan secara langsung dengan pendidikan karakter,” lanjutnya dalam seminar yang dibuka Rektor Dr. Suparnyo SH. MS.

Lebihlanjut Maman Rachman mengemukakan, bahwa penanaman nilai-nilai karakter,dapat diimplementasikan secara fisik maupun non fisik. ‘’Secara fisik, karakter kebangsaan yang berorientasi KKNI bisa dilakukan dengan design tempat ataupun ruangan. Sedangnon fisiknya,diimplementasikan melalui hasil penelitian, prosiding, buku-buku bertemakan karakter. Dengan penanaman nilai-nilai karakter ini, kampus diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang berintegritas,’’ jelasnya.(Ulya, Wahab-Portal)

Info Kopertis Wilayah VI

Info RISTEKDIKTI

Tajug

Informasi, Inspirasi dan Penumbuh Harapan

Oleh Dr. Suparnyo SH. MS.

9 Februari, diperingati sebagai Hari Pers Nasional (HPN). Untuk itu, secara pribadi maupun institusi, Saya mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional, semoga pers kita akan semakin baik secara kualitas, sehingga benar-benar bisa mengambil peran maksimal sebagai pilar keempat demokrasi.


Kepedulian Sosial Pasca Ramadhan

Oleh H. Suparnyo

Tak terasa, Ramadhan 1437 H / 2016 M akan segera berlalu dan Idul Fitri sudah di depan mata. Selama Ramadhan, umat Islam berlomba-lomba memperbanyak amal ibadahnya, salah satunya ditandainya dengan tumbuhnya rasa kepedulian sosial atau kedermawanan.


Ramadhan dan Etos Keilmuan Santri

Oleh H. Suparnyo

Mengawali tulisan ini, atas nama pimpinan Universitas Muria Kudus (UMK), saya ucapkan selamat menunaikan puasa Rama-dhan 1347 H. / 2016 M. kepada segenap sivitas akademika UMK secara khusus dan umat Islam sedunia umumnya.


Read More

Pengunjung

06805637
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Total
127
248
1961
6800280
5357
15138
6805637

IP: 192.168.1.34
Jam Server: 2019-12-14 04:00:05

Kami memiliki 81 tamu online

UMK DI GOOGLE MAP

Polling

Menurut Anda tampilan apa saja yang perlu dibenahi dari Website UMK ?

Desain - 43.1%
Warna - 16.5%
Menu - 11.8%
Tata Letak - 23.3%
Tidak Ada - 5.3%

Total votes: 399

Fakultas

Ekonomi
Hukum
FKIP
Pertanian
Teknik
Psikologi

Pascasarjana

Ilmu Hukum

Manajemen

Pendidikan Dasar

Fasilitas

Webmail
Portal Akademik
Repository UMK
Perpustakaan
E-learning
Jurnal
Jurnal Internasional
Portal Ketrampilan Wajib
Pengabdian Masyarakat

Pusat Studi

Pusat Studi Kawasan Muria
Pusat Studi Kretek Indonesia

Pusat Studi Wanita/Gender
Pusat Studi Lingkungan
Pusat Studi Pemerintah Daerah
Pusat Studi Saint,Teknologi dan HAKI

Kemahasiswaan

Pena Kampus
KSR PMI
Menwa Gondho Wingit

Scan this QR Code!
Go to top