Menu

Pentingnya Mengenali Bakat untuk Pengembangan Karir

UMK – Ilmi(kajian) psikologi itu luas, paling tidak meliputi lima bidang berikut, yakni pendidikan, perkembangan, sosial, industri, dan olahraga. Namun hingga kini, minat terbesar masih di bidang pendidikan, perkembangan, dan psikologi industri.

Hal itu terungkap dalam kuliah umum (stadium general) yang diselenggarakan oleh Fakultas Psikologi di Lantai IV Ruang Seminar Gedung Rektorat Universitas Muria Kudus (UMK), belum lama ini.

Tak pelak, tak sedikit mahasiswa yang terkadangdiliputi kebimbangan untuk memilih diantara bidang-bidang tersebut. Bahkantidak sedikit mahasiswa yang tidak tahu atau belum memahami bidang apa yang diminatinya.

Analisa Widyaningrum S.Psi.M.Psi., berbicara dalam kuliah tamu, mengemukakan, salah satu faktor yang membuat mahasiswa bimbang pada bidang apa harus meniti karir, karena mahasiswa tidak mengetahui nilai peluang yang ada.

‘’Maka semestinya mahasiswa menentukan bidikan, akan jadi apa setelah lulus kuliah. Tentunya sesuai bakat dan passion yang dimiliki,’’ kata psikolog jebolan Universitas Gadjah Mada (UGM) yang kini bekerja di Rumah Sakit ‘JIH’ Yogyakarta.

Dia menyampaikan, agar mudah menetukan prospek karir, selayaknya mahasiswa harus memiliki personal branding atau nilai jual kompetensi yang dimiliki. Menurut founder Analisa Personality Development Center (APDC)  Indonesia ini, mahasiswa harus menemukan pelabuhan karirnya (discover your brand).

‘’Passion, vision, dan mission harus jelas dan sinkron. Ini penting, agar mahasiswa selalu fokus pada tujuan awal. Selain itu, hal lain yang penting dalam pengembangan karir adalah communication skill,percaya diri, menguasai apa yang diucapkan, dan memiliki ketenangan,’’ paparnya. 

Dekan Fakultas Psikologi, Iranita Hervi Mahardayani S.Psi.M.Psi., berharap, mindsetmahasiswa semakin terbuka setelah mendaptkan pencerahan dari psikolog Analisa Widyaningrum. ‘’Mahasiswadituntut mampu belajar dari banyak orang, terbuka, dan tidak menyia-nyiakan kesempatan. Jangan seperti katak dalam tempurung,’’ pesannya.(Arofatul Ulya-Portal)

Info Kopertis Wilayah VI

Info RISTEKDIKTI

Tajug

Informasi, Inspirasi dan Penumbuh Harapan

Oleh Dr. Suparnyo SH. MS.

9 Februari, diperingati sebagai Hari Pers Nasional (HPN). Untuk itu, secara pribadi maupun institusi, Saya mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional, semoga pers kita akan semakin baik secara kualitas, sehingga benar-benar bisa mengambil peran maksimal sebagai pilar keempat demokrasi.


Kepedulian Sosial Pasca Ramadhan

Oleh H. Suparnyo

Tak terasa, Ramadhan 1437 H / 2016 M akan segera berlalu dan Idul Fitri sudah di depan mata. Selama Ramadhan, umat Islam berlomba-lomba memperbanyak amal ibadahnya, salah satunya ditandainya dengan tumbuhnya rasa kepedulian sosial atau kedermawanan.


Ramadhan dan Etos Keilmuan Santri

Oleh H. Suparnyo

Mengawali tulisan ini, atas nama pimpinan Universitas Muria Kudus (UMK), saya ucapkan selamat menunaikan puasa Rama-dhan 1347 H. / 2016 M. kepada segenap sivitas akademika UMK secara khusus dan umat Islam sedunia umumnya.


Read More

Pengunjung

06805565
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Total
55
248
1889
6800280
5285
15138
6805565

IP: 192.168.1.34
Jam Server: 2019-12-14 03:46:10

Kami memiliki 21 tamu online

UMK DI GOOGLE MAP

Polling

Menurut Anda tampilan apa saja yang perlu dibenahi dari Website UMK ?

Desain - 43.1%
Warna - 16.5%
Menu - 11.8%
Tata Letak - 23.3%
Tidak Ada - 5.3%

Total votes: 399

Fakultas

Ekonomi
Hukum
FKIP
Pertanian
Teknik
Psikologi

Pascasarjana

Ilmu Hukum

Manajemen

Pendidikan Dasar

Fasilitas

Webmail
Portal Akademik
Repository UMK
Perpustakaan
E-learning
Jurnal
Jurnal Internasional
Portal Ketrampilan Wajib
Pengabdian Masyarakat

Pusat Studi

Pusat Studi Kawasan Muria
Pusat Studi Kretek Indonesia

Pusat Studi Wanita/Gender
Pusat Studi Lingkungan
Pusat Studi Pemerintah Daerah
Pusat Studi Saint,Teknologi dan HAKI

Kemahasiswaan

Pena Kampus
KSR PMI
Menwa Gondho Wingit

Scan this QR Code!
Go to top