Menu

Rektor: Tanggung Jawab PT Tidak Sekadar Meluluskan

UMK – Pusat Karir dan Pelacakan Alumni (PKPA) Universitas Muria Kudus (UMK), kembali memberikan apresiasi kepada para alumni tahun 2014, yang mengisi kuesioner data tracer study untuk Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti).

Pemberian apresiasi itu diwujudkan dalam bentuk HP Andorid untuk tiga lulusan, yakni Joko Sutrisno, Miska Irfaniati, dan Destry Arum Dewanti. ‘’Ini adalah kali kedua pemberian apresiasi untuk tracer study,’’ ujar ketua PKPA UMK, Muhammad Arifin S.Kom M.Kom.

Penyerahan apresiasi ini dilakukan oleh Rektor Dr. Suparnyo SH. MS. didampingi Wakil Rektor III Drs. Hendy Hendro HS. M.Si di Ruang Senat UMK, Rabu (30/11/2016). ‘’Tujuan pemberian apresiasi ini untuk merangsang para lulusan memberikan data diri pasca lulus dari UMK,’’ ungkapnya disaksikan ketua Program Studi (Prodi) yang ada di UMK.

Arifin menjelaskan, program ini dijalankan sejak dua tahun terakhir, berkat dukungan dana hibah dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemeristekdikti), untuk pengembangan tracer study di UMK. ‘’Kami berharap, tahun depan kembali bisa mendapatkan dana hibah ini, agar program ini bisa kami jalankan di periode berikutnya,’’ lanjutnya menambahkan.

Suparnyo mengutarakan, bagi UMK, tracer study memiliki manfaat besar, untuk mengetahui kondisi alumninya setelah lulus dari bangku kuliah. ‘’Tracer study ini sangat bermanfaat, untuk mengetahui serapan alumni kita setelah lulus,’’ ungkapnya.

Menurut rektor periode 2016-2020 yang baru dilantik awal pekan ini, mengetahui kondisi para lulusannya bagi perguruan tinggi (PT), tak terkecuali UMK, sangat diperlukan, karena tuga PT tidak sekadar mendidik mahasiswa dan meluluskannya saja. ‘’Tanggung jawab PT tidak hanya meluluskan saja, tetapi PT juga punya kewajiban moral agar lulusan yang dihasilkan diserap oleh stakeholders,’’ paparnya.

Untuk itu, dia pun mengapresiasi pihak PKPA UMK yang memberikan reward bagi lulusan yang mengisi data tracer study untuk Dirjen Dikti, karena selain sebagai database, juga sebagai sarana meminta masukan dari para lulusan untuk pengembangan kampus.

‘’UMK sendiri, dalam hal peningkatan kapasitas mahasiswa dan lulusannya, banyak hal di luar perkualiahan, di antaranya penguatan kapasitas melalui diskusi maupun seminar-seminar, dan juga melalui organisasi kemahasiswaan,’’ tuturnya. (Eros-Portal)

Info Kopertis Wilayah VI

Info RISTEKDIKTI

Tajug

Informasi, Inspirasi dan Penumbuh Harapan

Oleh Dr. Suparnyo SH. MS.

9 Februari, diperingati sebagai Hari Pers Nasional (HPN). Untuk itu, secara pribadi maupun institusi, Saya mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional, semoga pers kita akan semakin baik secara kualitas, sehingga benar-benar bisa mengambil peran maksimal sebagai pilar keempat demokrasi.


Kepedulian Sosial Pasca Ramadhan

Oleh H. Suparnyo

Tak terasa, Ramadhan 1437 H / 2016 M akan segera berlalu dan Idul Fitri sudah di depan mata. Selama Ramadhan, umat Islam berlomba-lomba memperbanyak amal ibadahnya, salah satunya ditandainya dengan tumbuhnya rasa kepedulian sosial atau kedermawanan.


Ramadhan dan Etos Keilmuan Santri

Oleh H. Suparnyo

Mengawali tulisan ini, atas nama pimpinan Universitas Muria Kudus (UMK), saya ucapkan selamat menunaikan puasa Rama-dhan 1347 H. / 2016 M. kepada segenap sivitas akademika UMK secara khusus dan umat Islam sedunia umumnya.


Read More

Pengunjung

06805664
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Total
154
248
1988
6800280
5384
15138
6805664

IP: 192.168.1.34
Jam Server: 2019-12-14 04:14:52

Kami memiliki 30 tamu online

UMK DI GOOGLE MAP

Polling

Menurut Anda tampilan apa saja yang perlu dibenahi dari Website UMK ?

Desain - 43.1%
Warna - 16.5%
Menu - 11.8%
Tata Letak - 23.3%
Tidak Ada - 5.3%

Total votes: 399

Fakultas

Ekonomi
Hukum
FKIP
Pertanian
Teknik
Psikologi

Pascasarjana

Ilmu Hukum

Manajemen

Pendidikan Dasar

Fasilitas

Webmail
Portal Akademik
Repository UMK
Perpustakaan
E-learning
Jurnal
Jurnal Internasional
Portal Ketrampilan Wajib
Pengabdian Masyarakat

Pusat Studi

Pusat Studi Kawasan Muria
Pusat Studi Kretek Indonesia

Pusat Studi Wanita/Gender
Pusat Studi Lingkungan
Pusat Studi Pemerintah Daerah
Pusat Studi Saint,Teknologi dan HAKI

Kemahasiswaan

Pena Kampus
KSR PMI
Menwa Gondho Wingit

Scan this QR Code!
Go to top