Menu

Prof DYP. Sugiharto: PT Ibarat Menyiapkan Jembatan Masa Depan Bangsa

UMK – Perguruan Tinggi (PT), termasuk terkecuali Universitas Muria Kudus (UMK), ibarat menyiapkan jembatan masa depan bangsa, melalui lulusan- lulusannya. Sehingga, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Beberapa hal tersebut, jembatan harus terhubung oleh titik sekarang, masa lalu dengan masa depan; karena untuk mengantarkan generasi ke masa depan, maka jembatan harus kuat dan kokoh; harus ada penerangan (pencerahan) dan manajemen yang mengaturnya.

Prof. Dr. DYP Sugiharto M.Pd. Kons, mengutarakan hal itu dalam sambutannya pada pelantikan Dr. Suparnyo SH. MS. sebagai Rektor Universitas Muria Kudus (UMK) periode 2016-2020 di Auditorium Kampus, Senin (28/11/2016).

‘’Kami mengapresiasi UMK yang menunjukkan kemajuan luar biasa dari waktu ke waktu. Mencermati keberadaannya yang terus menunjukkan perkembangan dan kemajuan, maka orientasinya sudah harus diarahkan pada perwujudan perguruan tinggi (PT) yang bermutu dan unggul,’’ tegas koordinator Kopertis Wilayah VI Jateng itu.

Dia berharap, rektor yang baru saja dilantik, melakukan penguatan tata kelola UMK yang baik, dengan disangga oleh enam pilar, yakni transparansi, perngorganisasian, partisipasi, responsivitas, efisiensi dan efektivitas, serta akuntabilitas.

‘’Dengan mengimplementasikan enam pilar tersebut, akan mampu mengantarkan kepemimpinan rektor menciptakan suasana kerja kondusif, serta memotivasi sivitas akademika bekerja secara produktif, dalam mencapai visi misi PT,’’ ujarnya.

Bupati Kudus H. Mustofa, dalam sambutannya yang dibacakan Asisten II Setda Kudus, Budi Rahmat, mengemukakan, pendidikan merupakan bekal yang teramat penting bagi masa depan generasi bangsa dan keberlanjutan pembangunan negara.

‘’Mudah-mudahan, rektor terpilih bisa mewujudkan ini dan membawa UMK menjadi universitas terpandang, serta menghasilkan insan-insan pembangunan yang bermutu, berdaya saing tinggi, dengan biaya pendidikan yang terjangkau,’’ katanya.

Bupati pun berpesan, supaya UMK memperhatikan relevansi kurikulum pendidikannya dengan kebutuhan di dunia kerja. ‘’Ini sangat penting, untuk menyiapkan generasi muda memasuki dunia kerja dengan lebih mudah, karena telah memiliki pengetahuan dan keterampilan dari bangku kuliah yang memiliki relevansi dengan dunia kerja,’’ paparnya. (*)

Sementara itu, pelantikan Dr. Suparnyo SH. MS. sebagai Rektor dilakukan ketua Yayasan Pembina (YP.) UMK, Drs. H. Djuffan Ahmad. Hadir antara lain pada kesempatan itu, bupati serta jajarannya atau yang mewakili di Eks Karesidenan Pati, Forum Komunikasi Kepala Daerah (Forkompinda) Kudus, serta pembina, pengawas dan pengurus YP. UMK.

Usai melantik, Djuffan meminta agar Rektor bisa bekerja lebih keras lagi untuk memajukan UMK. ‘’Selama menjabat sebagai Rektor Antar Waktu menggantikan Prof. Sarjadi, banyak prestasi yang telah didapat. Kami berharap, prestasi yang telah diraih ditingkatkan di waktu-waktu mendatang,’’ tuturnya. (Eros-Portal)

Info Kopertis Wilayah VI

Info RISTEKDIKTI

Tajug

Informasi, Inspirasi dan Penumbuh Harapan

Oleh Dr. Suparnyo SH. MS.

9 Februari, diperingati sebagai Hari Pers Nasional (HPN). Untuk itu, secara pribadi maupun institusi, Saya mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional, semoga pers kita akan semakin baik secara kualitas, sehingga benar-benar bisa mengambil peran maksimal sebagai pilar keempat demokrasi.


Kepedulian Sosial Pasca Ramadhan

Oleh H. Suparnyo

Tak terasa, Ramadhan 1437 H / 2016 M akan segera berlalu dan Idul Fitri sudah di depan mata. Selama Ramadhan, umat Islam berlomba-lomba memperbanyak amal ibadahnya, salah satunya ditandainya dengan tumbuhnya rasa kepedulian sosial atau kedermawanan.


Ramadhan dan Etos Keilmuan Santri

Oleh H. Suparnyo

Mengawali tulisan ini, atas nama pimpinan Universitas Muria Kudus (UMK), saya ucapkan selamat menunaikan puasa Rama-dhan 1347 H. / 2016 M. kepada segenap sivitas akademika UMK secara khusus dan umat Islam sedunia umumnya.


Read More

Pengunjung

06805622
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Total
112
248
1946
6800280
5342
15138
6805622

IP: 192.168.1.34
Jam Server: 2019-12-14 03:57:12

Kami memiliki 77 tamu online

UMK DI GOOGLE MAP

Polling

Menurut Anda tampilan apa saja yang perlu dibenahi dari Website UMK ?

Desain - 43.1%
Warna - 16.5%
Menu - 11.8%
Tata Letak - 23.3%
Tidak Ada - 5.3%

Total votes: 399

Fakultas

Ekonomi
Hukum
FKIP
Pertanian
Teknik
Psikologi

Pascasarjana

Ilmu Hukum

Manajemen

Pendidikan Dasar

Fasilitas

Webmail
Portal Akademik
Repository UMK
Perpustakaan
E-learning
Jurnal
Jurnal Internasional
Portal Ketrampilan Wajib
Pengabdian Masyarakat

Pusat Studi

Pusat Studi Kawasan Muria
Pusat Studi Kretek Indonesia

Pusat Studi Wanita/Gender
Pusat Studi Lingkungan
Pusat Studi Pemerintah Daerah
Pusat Studi Saint,Teknologi dan HAKI

Kemahasiswaan

Pena Kampus
KSR PMI
Menwa Gondho Wingit

Scan this QR Code!
Go to top