Menu

Pengajaran Harus Bermartabat

UMK – Pada 25 November kemarin, bangsa Indonesia memperingati Hari Guru Nasional ke-71. Beragam harapan muncul dari masyarakat, terhadap keberadaan guru yang biasa dikenal dengan ‘Pahlawan Tanpa tanda Jasa’.

Diah Kurniati S.Pd. M.Pd., ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (Prodi PBI) Universitas Muria Kudus (UMK) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), juga memiliki harapan besar terhadap para guru. ‘’Kami berharap, guru-guru di Indonesia bisa mengemban tugas dengan baik dan menjadi guru ideal bagi anak-anak didiknya,’’ katanya.

Menurutnya, guru ideal itu tidak sekadar mengajar, juga memperhatikan berbagai aspek lain, mulai dari persiapan, bagaimana anak didik bisa memahami materi yang disampaikan, dan membuat suasana pembelajaran tidak tegang, tetapi belajar serasa bermain yang menyenangkan.

 ‘’Dengan proses pengajaran yang menarik dan menyenangkan, maka pengajaran pun menjadi bermartabat. Berbagai kasus kekerasan yang terjadi di dunia pendidikan akhir-akhir ini, juga mesti menjadi bahan introspeksi guru dan dunia pendidikan secara umum,’’ ungkap Diah yang juga ketua Kantor Urusan Internasional (KUI) UMK itu.

Terkait Tunjangan Profesi Guru (TPG) atau sertifikasi guru, Diah berharap bisa menjadi pelecut guru untuk memberikan yang terbaik pada anak didiknya. ‘’Sertifikasi tujuan awalnya adalah untuk meningkatkan kualitas guru, sehingga diharapkan berdampak positif bagi perkembangan siswa, baik dari sisi akademik, sikap, dan juga perilakunya,’’ tuturnya.

Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FKIP 2016/2017, M. Izzuddin Khoirul Chabiba, berharap TPG ini tetap dipertahankan. ‘’Menurut kami, TPG jangan sampai dihapus. Namun kewajiban dari adanya tunjangan ini harus disadari oleh para guru, yakni dengan meningkatkan kinerjanya dan memberikan pendidikan yang terbaik bagi anak didiknya,’’ katanya. (Wahab, Khusnul Farida-Portal)

Info Kopertis Wilayah VI

Info RISTEKDIKTI

Tajug

Informasi, Inspirasi dan Penumbuh Harapan

Oleh Dr. Suparnyo SH. MS.

9 Februari, diperingati sebagai Hari Pers Nasional (HPN). Untuk itu, secara pribadi maupun institusi, Saya mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional, semoga pers kita akan semakin baik secara kualitas, sehingga benar-benar bisa mengambil peran maksimal sebagai pilar keempat demokrasi.


Kepedulian Sosial Pasca Ramadhan

Oleh H. Suparnyo

Tak terasa, Ramadhan 1437 H / 2016 M akan segera berlalu dan Idul Fitri sudah di depan mata. Selama Ramadhan, umat Islam berlomba-lomba memperbanyak amal ibadahnya, salah satunya ditandainya dengan tumbuhnya rasa kepedulian sosial atau kedermawanan.


Ramadhan dan Etos Keilmuan Santri

Oleh H. Suparnyo

Mengawali tulisan ini, atas nama pimpinan Universitas Muria Kudus (UMK), saya ucapkan selamat menunaikan puasa Rama-dhan 1347 H. / 2016 M. kepada segenap sivitas akademika UMK secara khusus dan umat Islam sedunia umumnya.


Read More

Pengunjung

06805593
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Total
83
248
1917
6800280
5313
15138
6805593

IP: 192.168.1.34
Jam Server: 2019-12-14 03:51:16

Kami memiliki 49 tamu online

UMK DI GOOGLE MAP

Polling

Menurut Anda tampilan apa saja yang perlu dibenahi dari Website UMK ?

Desain - 43.1%
Warna - 16.5%
Menu - 11.8%
Tata Letak - 23.3%
Tidak Ada - 5.3%

Total votes: 399

Fakultas

Ekonomi
Hukum
FKIP
Pertanian
Teknik
Psikologi

Pascasarjana

Ilmu Hukum

Manajemen

Pendidikan Dasar

Fasilitas

Webmail
Portal Akademik
Repository UMK
Perpustakaan
E-learning
Jurnal
Jurnal Internasional
Portal Ketrampilan Wajib
Pengabdian Masyarakat

Pusat Studi

Pusat Studi Kawasan Muria
Pusat Studi Kretek Indonesia

Pusat Studi Wanita/Gender
Pusat Studi Lingkungan
Pusat Studi Pemerintah Daerah
Pusat Studi Saint,Teknologi dan HAKI

Kemahasiswaan

Pena Kampus
KSR PMI
Menwa Gondho Wingit

Scan this QR Code!
Go to top