Menu

Dosen UMK Dilatih SCL Metode PBL

UMK – Selama dua hari, 25-26 November 2016, dosen Universitas Muria Kudus (UMK) dari berbagai Program Studi (Prodi) yang ada, mengikuti pelatihan Student Centered Learning (SCL) di Perguruan Tinggi (PT), dengan menerapkan metode Problem-Based Learning (PBL).

Kegiatan yang digelar di Ruang Seminar Lantai IV Gedung Rektorat, ini dibuka oleh Wakil Rektor II Dr. Zainuri MM. Instruktur pelatihan, Kamarza Mulia Ph.D dan Elsa Krisanti Ph.D dari Departemen Teknik Kimia, Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FT UI).

Kamarza Mulia menyampaikan, ada beberapa macam sikap pembelajar, yakni konstruktif, eksploratif, aktif, kolaboratif, dan refelktif. ‘’Sedang pembelajaran yang baik, yaitu terdapat umpan balik, pembalajar memantau proses belajarnya, ada interaksi dengan lingkungan, serta menggunakan cara-cara efektif untuk meningkatkan daya ingat,’’ jelasnya.

Untuk menuju pembelajaran model itu, lanjutnya diamini Elsa Krisanti, perlu paradigma dari teacher-centered menuju student-centered. ‘’SCL adalah pembelajaran yang menempatkan pembelajar sebagai fokus pembelaran,’’ tegasnya.

Karena itu, jelasnya, pembelajar bertanggung jawab pada apa yang akan dipelajari, bagaimana belajarnya, dan bagaimana hasil pembelajaran tersebut dinilai. ‘’Pendeknya, pembelajar berinisiatif dalam pembelajaran danpengajar memfasilitasi,’’ ungkapnya.

Mengenai keterampilan yang dikembangkan dalam SCL, yakni meliputi keterampilan belajar, keterampilan berpikir tingkat tinggi, keterampilan bekerja sama dalam kelompok, dan keterampilan berkomunikasi yang efektif.

Sementara itu, PBL memiliki beragam kriteria. Yaitu pembelajaran dipicu dari permasalahan, informasi yang diperlukan tidak dijelaskan terlebih dahulu, masalah diselesaikan dalam kelompok kecil yang tetap, dan diskusi kelompok difasilitasi oleh fasilitator.

‘’Perbedaan PBL dengan SBL (Subject Based Learning), jika dalam SBL diberi tahu apa yang perlu diketahui, baru belajar dan diberi masalah untuk menerapkan pengetahuan, di PBL masalah diberikan untuk diidentifikasi masalahnya berikut informasi yang diperlukan, yang dijadikan sebagai bahan belajar, baik secara mandiri maupun kolaborasi, lalu menerapkan pengetahuan baru untuk mendapatkan solusi,’’ terang Kamarza diamini Elsa Krisanti. (Eros-Portal)

Info Kopertis Wilayah VI

Info RISTEKDIKTI

Tajug

Informasi, Inspirasi dan Penumbuh Harapan

Oleh Dr. Suparnyo SH. MS.

9 Februari, diperingati sebagai Hari Pers Nasional (HPN). Untuk itu, secara pribadi maupun institusi, Saya mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional, semoga pers kita akan semakin baik secara kualitas, sehingga benar-benar bisa mengambil peran maksimal sebagai pilar keempat demokrasi.


Kepedulian Sosial Pasca Ramadhan

Oleh H. Suparnyo

Tak terasa, Ramadhan 1437 H / 2016 M akan segera berlalu dan Idul Fitri sudah di depan mata. Selama Ramadhan, umat Islam berlomba-lomba memperbanyak amal ibadahnya, salah satunya ditandainya dengan tumbuhnya rasa kepedulian sosial atau kedermawanan.


Ramadhan dan Etos Keilmuan Santri

Oleh H. Suparnyo

Mengawali tulisan ini, atas nama pimpinan Universitas Muria Kudus (UMK), saya ucapkan selamat menunaikan puasa Rama-dhan 1347 H. / 2016 M. kepada segenap sivitas akademika UMK secara khusus dan umat Islam sedunia umumnya.


Read More

Pengunjung

06805653
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Total
143
248
1977
6800280
5373
15138
6805653

IP: 192.168.1.34
Jam Server: 2019-12-14 04:04:52

Kami memiliki 70 tamu online

UMK DI GOOGLE MAP

Polling

Menurut Anda tampilan apa saja yang perlu dibenahi dari Website UMK ?

Desain - 43.1%
Warna - 16.5%
Menu - 11.8%
Tata Letak - 23.3%
Tidak Ada - 5.3%

Total votes: 399

Fakultas

Ekonomi
Hukum
FKIP
Pertanian
Teknik
Psikologi

Pascasarjana

Ilmu Hukum

Manajemen

Pendidikan Dasar

Fasilitas

Webmail
Portal Akademik
Repository UMK
Perpustakaan
E-learning
Jurnal
Jurnal Internasional
Portal Ketrampilan Wajib
Pengabdian Masyarakat

Pusat Studi

Pusat Studi Kawasan Muria
Pusat Studi Kretek Indonesia

Pusat Studi Wanita/Gender
Pusat Studi Lingkungan
Pusat Studi Pemerintah Daerah
Pusat Studi Saint,Teknologi dan HAKI

Kemahasiswaan

Pena Kampus
KSR PMI
Menwa Gondho Wingit

Scan this QR Code!
Go to top