Menu

UMK Kerja Sama dengan Empat Universitas Cambodia

MALANG – Kerja sama dengan perguruan tinggi (PT) dan institusi lain di luar negeri, diyakini menjadi salah satu pilar penting dalam memajukan Universitas Muria Kudus (UMK). Untuk itulah, berbagai kerja sama pun dilakukan.

Belum lama ini, tepatnya pada Senin (21/11/2016) lalu, UMK juga kembali menjalin kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi luar negeri, yakni dari empat universitas Cambodia. Kerja sama yang difasilitasi Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komputer Indonesia (Aptikom) Wilayah VII Jawa Timur di Hotel Horison, Malang.

Empat PT asal Camodia yang bekerja sama dengan UMK, adalah Industrial Technical Institute (ITI), Regional Polytechnic Institute Techo Sen Takeo (RPITST), Regional Polytechnic Institute Techno Sen Battambang (RPITSB), dan Battambang Institute of Technology (BIT).

Selain dengan UMK, empat PT asal Cambodia itu juga melakukan kerja sama dengan berbagai PT lain di Indonesia, seperti STT Atlas Nusantara, STIKI Malang, Universitas Negeri Malang, STMIK Asia Malang, Universitas HKBP Nommensen (UHN) Medan, Universitas Negeri Semarang (Unnes), Untag Surabaya, Universitas Buana Perjuangan Karawang, dan Universitas Darul Ulum Lamongan (Unisda).

Kerja sama juga dilakukan dengan Polinema Malang, Universitas WR Supratman Surabaya, Universitas Tadulako Palu (Untad), Universitas Wiraraja Sumenep, Universitas Samawa, Universitas Halu Oleo Kendari, Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, Universitas Satya Negara Indonesia (USNI), serta Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Wakil Rektor IV UMK Bidang Kerja Sama, Drs. Muh Syafei M.Pd., mengemukakan, kerja sama dengan institusi luar negeri, ini menjadi hal penting dalam penguatan institusi. ‘’UMK sangat tertarik menjalin kerja sama dengan pihak luar negeri, dengan harapan ke depan bisa melakukan transfer kredit, student mobility dan menggelar kegiatan budaya bersama,’’ ujarnya.

Dia menyampaikan, bagi UMK, kerja sama dengan institusi luar negeri, tidak semata untuk kepentingan akreditasi. ‘’Lebih dari itu, program-program setelah jalinan kerja sama, harus diwujudkan. UMK sendiri, telah banyak melakukan berbagai program, dan yang belum lama berlangsung, yaitu digelarnya Muria Cultural Program (MCP) yang diikuti mahasiswa dari 14 negara,’’ tuturnya.

Kerja Sama Kolektif

Kerja sama yang dilakukan secara kolektif yang diinisiasi Aptikom Wilayah VII itu, mendapatkan apresiasi positif akademisi dari berbagai PT. ‘’Acara ini sangat baik, karena memfasilitasi kerja sama secara kolektif. Tuntutan ke depan, salah satunya yaitu menjalin kerja sama dengan berbagai PT, termasuk PT luar negeri,’’ ujar Rektor Universitas WR Supratman, Prof.  Dr. Ir. Nyoman Puspa Asri MS.

Apresiasi lain dilontarkan Prof. Marsetyo M.Sc Agr. Ph.D, ketua Kantor Urusan Internasional dari Universitas Tadulako, Palu. Dia mengatakan, banyak manfaat yang bisa didapat dari jalinan kerja sama yang terbangun dengan berbagai PT dari Cambodia tersebut.

‘’Kerja sama ini adalah pintu masuk untuk melakukan banyak hal, jadi tidak berhenti pada penandatanganan kerja sama saja. Salah satu manfaat dari kerja sama ini, tentunya akan mendambah point dalam penilaian akreditasi,’’ tuturnya.

Sementara itu, Dr. Eva Handriyantini S.Kom M.MT diamini Betty Dewi Puspasari S.Kom MT. dari Aptikom VII menjelaskan, kerja sama berbagai PT dengan empat universitas dari Cambodia, termasuk di antaranya UMK, adalah untuk mendorong penguatan PT di tanah air.

‘’Kami berharap, kerja sama ini bisa membuka peluang-peluang yang bermanfaat di antara PT yang bekerja sama, antara lain dengan melakukan pertukaran dosen, staf akademik, dan mahasiswa di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA),’’ terangnya. (Eros-Portal)

Info Kopertis Wilayah VI

Info RISTEKDIKTI

Tajug

Informasi, Inspirasi dan Penumbuh Harapan

Oleh Dr. Suparnyo SH. MS.

9 Februari, diperingati sebagai Hari Pers Nasional (HPN). Untuk itu, secara pribadi maupun institusi, Saya mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional, semoga pers kita akan semakin baik secara kualitas, sehingga benar-benar bisa mengambil peran maksimal sebagai pilar keempat demokrasi.


Kepedulian Sosial Pasca Ramadhan

Oleh H. Suparnyo

Tak terasa, Ramadhan 1437 H / 2016 M akan segera berlalu dan Idul Fitri sudah di depan mata. Selama Ramadhan, umat Islam berlomba-lomba memperbanyak amal ibadahnya, salah satunya ditandainya dengan tumbuhnya rasa kepedulian sosial atau kedermawanan.


Ramadhan dan Etos Keilmuan Santri

Oleh H. Suparnyo

Mengawali tulisan ini, atas nama pimpinan Universitas Muria Kudus (UMK), saya ucapkan selamat menunaikan puasa Rama-dhan 1347 H. / 2016 M. kepada segenap sivitas akademika UMK secara khusus dan umat Islam sedunia umumnya.


Read More

Pengunjung

06805683
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Total
173
248
2007
6800280
5403
15138
6805683

IP: 192.168.1.34
Jam Server: 2019-12-14 04:25:45

Kami memiliki 24 tamu online

UMK DI GOOGLE MAP

Polling

Menurut Anda tampilan apa saja yang perlu dibenahi dari Website UMK ?

Desain - 43.1%
Warna - 16.5%
Menu - 11.8%
Tata Letak - 23.3%
Tidak Ada - 5.3%

Total votes: 399

Fakultas

Ekonomi
Hukum
FKIP
Pertanian
Teknik
Psikologi

Pascasarjana

Ilmu Hukum

Manajemen

Pendidikan Dasar

Fasilitas

Webmail
Portal Akademik
Repository UMK
Perpustakaan
E-learning
Jurnal
Jurnal Internasional
Portal Ketrampilan Wajib
Pengabdian Masyarakat

Pusat Studi

Pusat Studi Kawasan Muria
Pusat Studi Kretek Indonesia

Pusat Studi Wanita/Gender
Pusat Studi Lingkungan
Pusat Studi Pemerintah Daerah
Pusat Studi Saint,Teknologi dan HAKI

Kemahasiswaan

Pena Kampus
KSR PMI
Menwa Gondho Wingit

Scan this QR Code!
Go to top