Menu

Jenang, Hidangan Tepat untuk Takjil

Kudus - Setelah seharian menahan lapar saat puasa, seseorang kadang kurang kontrol saat berbuka. Apa saja hidangan yang dihidangkan, seakan ingin dilahapnya. Perilaku berbuka puasa seperti inilah, yang akan membuat perut tidak stabil. Perilaku berbuka yang kurang kontrol ini, bisa membuat perut sakit.

Berbuka puasa, sebenarnya disarankan untuk makan makanan yang ringan dulu dan minum minuman yang manis, agar tubuh tidak kaget. Pada zaman Rasulullah, takjil, itu dengan memakan kurma. Sementara di Indonesia, kolak menjadi menu yang seakan wajib saat berbuka puasa.

Tetapi jangan salah. Ada satu makanan hasil karya anak bangsa, yang sebenarnya sangat cocok untuk takjil; Jenang. Ya, makanan khas Kudus yang berbahan adonan dari campuran santan, gula dan tepung ketan, ini sebenarnya sangat pas untuk takjil.

Nama jenang sendiri, kini telah menjadi ikon lain selain Kota Kretek. Di Garut, Jawa Barat, makanan jenis ini lebih dikenal dengan Dodol sebagaimana juga Malaysia.

Jenang dikemas secara ringan dan disetting sebagai cemilan, sehingga pada saat Puasa seperti ini, sangat pas sebagai menu takjil, sebagaimana di Arab Saudi ada Kurma.

Di Kudus, untuk mendapatkan atau membeli Jenang sangatlah mudah. Selain banyaknya outlet di tempat-tempat strategis, seperti di perbatasan Kudus-Demak maupun Kudus-Pati, menjamurnya pabrikan jenang juga membuat pasar jenang menjadi semarak.

Namun begitu, salah satu gerai pusat jenang yang sangat populer adalah Mubarokfood, yang lebih dikenal dengan jenang tiga-tiga oleh masyarakat Kudus. Gerai Mubarokfood ini terletak di Jalan Sunan Muria. Selain itu, ada juga toko Asia Aminah, yang tak jauh dari Simpang Tujuh. Dan masih banyak lagi.

Atau, kalau tidak ingin kesulitan muter-muter mencari di mana gerai atau toko jenang berada, anda cukup pergi ke Menara Kudus. Di sepanjang jalan tersebut, puluhan pedagang berjajar-jajar menjajakan jenang dengan berbagai merk dan kemasan.

Penasaran? Silakan dicoba. Dan satu lagi, pada saat puasa, makanan ini memang sangat cocok untuk takjil. Karena legitnya, sangat menggugah selera. Penasaran, khan? Hoery/Rosidi PortalRamadhan

Info Kopertis Wilayah VI

Info RISTEKDIKTI

Tajug

Informasi, Inspirasi dan Penumbuh Harapan

Oleh Dr. Suparnyo SH. MS.

9 Februari, diperingati sebagai Hari Pers Nasional (HPN). Untuk itu, secara pribadi maupun institusi, Saya mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional, semoga pers kita akan semakin baik secara kualitas, sehingga benar-benar bisa mengambil peran maksimal sebagai pilar keempat demokrasi.


Kepedulian Sosial Pasca Ramadhan

Oleh H. Suparnyo

Tak terasa, Ramadhan 1437 H / 2016 M akan segera berlalu dan Idul Fitri sudah di depan mata. Selama Ramadhan, umat Islam berlomba-lomba memperbanyak amal ibadahnya, salah satunya ditandainya dengan tumbuhnya rasa kepedulian sosial atau kedermawanan.


Ramadhan dan Etos Keilmuan Santri

Oleh H. Suparnyo

Mengawali tulisan ini, atas nama pimpinan Universitas Muria Kudus (UMK), saya ucapkan selamat menunaikan puasa Rama-dhan 1347 H. / 2016 M. kepada segenap sivitas akademika UMK secara khusus dan umat Islam sedunia umumnya.


Read More

Pengunjung

06783679
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Total
80
195
1407
6780136
6106
7911
6783679

IP: 192.168.1.34
Jam Server: 2019-10-23 01:59:29

Kami memiliki 30 tamu online

UMK DI GOOGLE MAP

Polling

Menurut Anda tampilan apa saja yang perlu dibenahi dari Website UMK ?

Desain - 43.1%
Warna - 16.5%
Menu - 11.8%
Tata Letak - 23.3%
Tidak Ada - 5.3%

Total votes: 399

Fakultas

Ekonomi
Hukum
FKIP
Pertanian
Teknik
Psikologi

Pascasarjana

Ilmu Hukum

Manajemen

Pendidikan Dasar

Fasilitas

Webmail
Portal Akademik
Repository UMK
Perpustakaan
E-learning
Jurnal
Jurnal Internasional
Portal Ketrampilan Wajib
Pengabdian Masyarakat

Pusat Studi

Pusat Studi Kawasan Muria
Pusat Studi Kretek Indonesia

Pusat Studi Wanita/Gender
Pusat Studi Lingkungan
Pusat Studi Pemerintah Daerah
Pusat Studi Saint,Teknologi dan HAKI

Kemahasiswaan

Pena Kampus
KSR PMI
Menwa Gondho Wingit

Scan this QR Code!
Go to top