Menu

Enam Profesi Unik yang Bisa Kamu Pilih

Sumber kampus.okezone.com Senin, 26 Desember 2011
DI TENGAH kondisi ekonomi global yang tidak menentu, tingkat pengangguran memang cenderung meningkat, termasuk untuk kita yang bergelar sarjana. Tetapi,
di antara statistik yang tidak menyenangkan tersebut, ada beberapa pilihan pekerjaan baru yang sebelumnya bahkan tidak terpikirkan oleh kita sebelumnya.

Asyiknya, profesi-profesi baru ini tidak membutuhkan spesifikasi program studi (prodi) khusus. Artinya, semua orang punya peluang yang sama untuk mendapatkannya. Termasuk kamu!

Pilihan karier unik terbaru seperti dilansir Huffingtonpost, Senin (26/12/2011) di antaranya:

1. Blogger bayaran

Berbagai perusahaan kini menyadari keuntungan memiliki 'keberadaan' di dunia maya. Mereka pun menyewa para pekerja paruh atau purna waktu untuk menjadi blogger.

Menjadi blogger bayaran seperti ini tidak hanya membutuhkan keahlian menulis, tetapi juga pengetahuan dan penguasaan akan jenis industri perusahaan yang bersangkutan.


Prodi yang disarankan: sastra, komunikasi, marketing, public relations.

'Syarat' lain: buatlah sebuah blog pribadi dan fokuskan isinya pada industri yang ingin kamu masuki. Coba juga berkontribusi untuk blog lainnya. Kamu mungkin akan butuh menulis dua hingga tujuh artikel per minggu untuk menunjukkan keseriusanmu, sekaligus membuat blogmu diperhatikan orang-orang.

2. Manajer jejaring sosial

Lebih dari 59 persen perusahaan besar di dunia membuat divisi khusus yang menangani berbagai akun jejaring sosial mereka. Divisi khusus ini biasanya berada di bawah lingkup departemen public relations (PR).

Seperti halnya blogger bayaran, manajer jejaring sosial ini membantu suatu perusahaan memproyeksikan diri mereka. Para manajer ini biasanya bekerja melalui akun-akun Facebook, Twitter, dan Google+.

Beberapa pekerjaan sang manajer juga membutuhkan keahlian teknis seperti menggunakan aplikasi Facebook atau mengintegrasikan jejaring sosial dengan website resmi perusahaan.

Prodi yang disarankan: PR, komunikasi, teknologi informasi (TI), marketing, statistik

'Syarat' lain: banyak perusahaan memiliki standar tersendiri untuk mengukur pengaruh di jejaring sosial. Pastikan semua akun jejaring sosialmu bersih dan fokus pada bidang tertentu yang kamu tuju.

Kamu juga perlu memposting sedikitnya tiga hingga lima kali per hari di akun Twitter dan satu hingga dua kali di akun Facebook-mu. Tapi yang paling penting adalah, menjalin hubungan dengan orang-orang di bidang yang sedang kamu kejar. Kamu enggak akan tahu siapa yang akan kamu temui dengan aktif secara online, kan?

3. User dan desainer berpengalaman

Perusahaan-perusahaan kini lebih memilih para user dan desainer berpengalaman. Meski pekerjaan ini berbasis teknologi dan piranti lunak (software), faktanya, siapa pun bisa memasuki bidang ini.

Salah satu kualifikasi yang harus kamu miliki jika ingin menerjunkan diri menjadi user dan desainer adalah memiliki keunggulan dalam memperhatikan detail. Kamu juga perlu memiliki rasa dalam mendesain, dan kedekatan dengan sudut pandang konsumen.

Prodi yang disarankan: psikologi, ilmu pemasaran ritel, desain fashion, marketing, desain grafis, arsitektur, desain industri, dan TI

'Syarat' lain: memiliki portofolio desain atau konsep akan menjadi keuntungan utamamu dalam bidang ini. Mulailah membiasakan diri dengan berbagai software desain seperti photoshop, CAD, atau program lainnya yang sesuai dengan industri yang kamu minati. Pelajari, dan mungkin menulisnya sendiri, studi-studi kasus tentang kebiasaan konsumen dan tren belanja mereka, serta buatlah portofolio.

4. Desainer grafis 3-D

Enggak diragukan lagi, teknologi 3-D sekarang sedang jadi primadona, terutama dalam industri film. Bahkan, para praktisi video games kini menyasar pengguna yang lebih luas dengan memanfaatkan teknologi serupa, misalnya seperti yang diterapkan di X-Box.

Berbagai perusahaan membutuhkan desainer grafis baik itu dalam teknologi animasi maupun 3D untuk membuat variasi dalam materi iklan, website, dan pemasaran mereka.

Jika kamu tidak memiliki latar belakang akademik dalam bidang ini, seringlah berlatih atau bahkan mengikuti kursus untuk meningkatkan keahlianmu.

Prodi yang disarankan: desain grafis, periklanan, ilmu film, marketing, ilmu komputer, TI, seni rupa.

'Syarat' lain: seperti biasa, sebuah perusahaan akan lebih memilih mereka yang berpengalaman ketimbang harus melatih seseorang yang baru lulus kuliah. Mulailah pelajari perangkat apa saja yang biasa digunakan para perusahaan dalam bidang industri incaranmu. Ketika kamu sudah menguasainya, buatlah portofolio. Dengan begitu, kamu akan lebih percaya diri ketika memasuki ruang interview dengan membawa contoh hasil karyamu, kan?

5. Konsultan lingkungan

Belakangan ini, kepedulian dan kesadaran akan kelestarian lingkungan makin meningkat. Pemerintah beberapa negara bahkan tidak segan menghukum perusahaan-perusahaan bandel yang tidak menjaga lingkungan.

Kondisi ini menjentikkan kesadaran perusahaan bahwa, konsep 'hijau' menjual. Mereka pun berusaha ekstra keras untuk memberikan produk-produk yang lebih ramah lingkungan. Tidak hanya itu, gaya hidup hijau juga makin membudaya di kalangan perusahaan misalnya dengan menghemat penggunaan listrik, kertas, dan air; membangun dengan konstruksi gedung yang efisien, serta mengurangi konsumsi bahan bakar.

Nah, di sinilah peran para konsultan lingkungan. Para konsultan ini tidak hanya menjadikan sebuah perusahaan menjadi ramah lingkungan, tetapi sekaligus menyelamatkan uang perusahaan untuk hal-hal yang tidak perlu.

Prodi yang disarankan: teknik atau ilmu kimia, teknik, ilmu politik, ilmu lingkungan, ekonomi.

'Syarat' lain: jika memungkinkan, ambil mata kuliah pilihan dalam bidang kebijakan lingkungan dan ilmu lingkungan. Biasakan dirimu dengan pengetahuan tentang ilmu dan hukum lingkungan, seiring dengan konsep ekonomi tentang penghematan energi. Bekal ini akan menjadi amunisimu ketika menjalani wawancara kerja sebagai konsultan lingkungan.

6. Pengacara pasien

Perkembangan kebijakan di dunia pengobatan yang berkembang pesat dalam 10-15 tahun terakhir telah meningkatkan kesadaran pasien akan haknya ketika berobat. Pengacara pasien memahami kebijakan dan praktik umum di berbagai rumah sakit dan klinik kesehatan.

Dia juga memastikan bahwa komunikasi antara dokter, perawat, pasien, dan perusahaan asuransi jelas dan dapat dimengerti semua pihak. Sebab, sering kali terjadi, keluarga pasien yang sedang meregang nyawa tidak mampu menghadapi kesibukan dan keruwetan mengurusi berbagai formulir pembayaran, bernegosiasi dengan pihak asuransi, atau menghubungi dokter. Keberadaan pengacara pasien akan sangat membantu dalam kondisi ini.

Prodi yang disarankan: ilmu keperawatan, ilmu kedokteran, komunikasi, sosiologi, psikologi

'Syarat' lain: pengalaman dalam dunia medis akan lebih disukai. Menjadi sukarelawan di rumah sakit atau lembaga kesehatan dapat menjadi jalan untuk belajar mengerti dan memahami bagaimana dunia kesehatan berjalan. Kamu juga perlu memastikan bahwa dirimu siap menjalani pekerjaan ini karena kamu akan dikelilingi orang sakit dan sekarat.(rfa)

 

Info Kopertis Wilayah VI

Info RISTEKDIKTI

Tajug

Informasi, Inspirasi dan Penumbuh Harapan

Oleh Dr. Suparnyo SH. MS.

9 Februari, diperingati sebagai Hari Pers Nasional (HPN). Untuk itu, secara pribadi maupun institusi, Saya mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional, semoga pers kita akan semakin baik secara kualitas, sehingga benar-benar bisa mengambil peran maksimal sebagai pilar keempat demokrasi.


Kepedulian Sosial Pasca Ramadhan

Oleh H. Suparnyo

Tak terasa, Ramadhan 1437 H / 2016 M akan segera berlalu dan Idul Fitri sudah di depan mata. Selama Ramadhan, umat Islam berlomba-lomba memperbanyak amal ibadahnya, salah satunya ditandainya dengan tumbuhnya rasa kepedulian sosial atau kedermawanan.


Ramadhan dan Etos Keilmuan Santri

Oleh H. Suparnyo

Mengawali tulisan ini, atas nama pimpinan Universitas Muria Kudus (UMK), saya ucapkan selamat menunaikan puasa Rama-dhan 1347 H. / 2016 M. kepada segenap sivitas akademika UMK secara khusus dan umat Islam sedunia umumnya.


Read More

Pengunjung

06805598
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Total
88
248
1922
6800280
5318
15138
6805598

IP: 192.168.1.34
Jam Server: 2019-12-14 03:52:15

Kami memiliki 54 tamu online

UMK DI GOOGLE MAP

Polling

Menurut Anda tampilan apa saja yang perlu dibenahi dari Website UMK ?

Desain - 43.1%
Warna - 16.5%
Menu - 11.8%
Tata Letak - 23.3%
Tidak Ada - 5.3%

Total votes: 399

Fakultas

Ekonomi
Hukum
FKIP
Pertanian
Teknik
Psikologi

Pascasarjana

Ilmu Hukum

Manajemen

Pendidikan Dasar

Fasilitas

Webmail
Portal Akademik
Repository UMK
Perpustakaan
E-learning
Jurnal
Jurnal Internasional
Portal Ketrampilan Wajib
Pengabdian Masyarakat

Pusat Studi

Pusat Studi Kawasan Muria
Pusat Studi Kretek Indonesia

Pusat Studi Wanita/Gender
Pusat Studi Lingkungan
Pusat Studi Pemerintah Daerah
Pusat Studi Saint,Teknologi dan HAKI

Kemahasiswaan

Pena Kampus
KSR PMI
Menwa Gondho Wingit

Scan this QR Code!
Go to top