Menu

Guru Daerah Bersiap Siap Dikirim ke Daerah Terpencil

Sumber republika.co.id Senin, 26 Desember 2011
REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) akan merekrut putra daerah untuk memenuhi kebutuhan guru di daerah-daerah tertinggal. Hal tersebut akan difasilitasi dengan program Pendidikan Profesi Guru Terintegrasi (PPGT) bernama 'Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia'.

Program tersebut memberikan beasiswa kepada lulusan sekolah lanjutan atas untuk disekolahkan di lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK). Nantinya mereka diharuskan kembali ke daerahnya untuk mengajar.

"Tujuan program PPGT untuk mencari model pendidik serta menutupi atau mengatasi masalah kekurangan guru di daerah terpencil serta daerah tertinggal," kata Direktur Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ditjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud, Supriadi Rustad.

Jumlah guru di daerah tertinggal saat ini hanya sebanyak 6.645 orang. Supriadi menegaskan kekurangan guru saat ini tidak hanya bisa dipenuhi lewat program PPGT. Oleh karena itu, Kemendikbud juga mengadakan program Sarjana Mendidik di Daerah Terpencil, Terluar, dan Tertinggal (SM3T).


"Program SM3T ini merekrut sarjana pendidikan kemudian diberi penugasan selama satu tahun dan diberi pendidikan profesi selama setahun," kata Supriadi.

PPGT dan SM3T masing-masing merekrut sebanyak 3000 orang. Program itu sudah berjalan sejak 2011 dan direncanakan akan berlangsung hingga 2015 mendatang.

Redaktur: Didi Purwadi
Reporter: Fernan Rahadi

STMIK AMIKOM

 

Info Kopertis Wilayah VI

Info RISTEKDIKTI

Tajug

Informasi, Inspirasi dan Penumbuh Harapan

Oleh Dr. Suparnyo SH. MS.

9 Februari, diperingati sebagai Hari Pers Nasional (HPN). Untuk itu, secara pribadi maupun institusi, Saya mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional, semoga pers kita akan semakin baik secara kualitas, sehingga benar-benar bisa mengambil peran maksimal sebagai pilar keempat demokrasi.


Kepedulian Sosial Pasca Ramadhan

Oleh H. Suparnyo

Tak terasa, Ramadhan 1437 H / 2016 M akan segera berlalu dan Idul Fitri sudah di depan mata. Selama Ramadhan, umat Islam berlomba-lomba memperbanyak amal ibadahnya, salah satunya ditandainya dengan tumbuhnya rasa kepedulian sosial atau kedermawanan.


Ramadhan dan Etos Keilmuan Santri

Oleh H. Suparnyo

Mengawali tulisan ini, atas nama pimpinan Universitas Muria Kudus (UMK), saya ucapkan selamat menunaikan puasa Rama-dhan 1347 H. / 2016 M. kepada segenap sivitas akademika UMK secara khusus dan umat Islam sedunia umumnya.


Read More

Pengunjung

06805703
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Total
193
248
2027
6800280
5423
15138
6805703

IP: 192.168.1.34
Jam Server: 2019-12-14 04:40:37

Kami memiliki 21 tamu online

UMK DI GOOGLE MAP

Polling

Menurut Anda tampilan apa saja yang perlu dibenahi dari Website UMK ?

Desain - 43.1%
Warna - 16.5%
Menu - 11.8%
Tata Letak - 23.3%
Tidak Ada - 5.3%

Total votes: 399

Fakultas

Ekonomi
Hukum
FKIP
Pertanian
Teknik
Psikologi

Pascasarjana

Ilmu Hukum

Manajemen

Pendidikan Dasar

Fasilitas

Webmail
Portal Akademik
Repository UMK
Perpustakaan
E-learning
Jurnal
Jurnal Internasional
Portal Ketrampilan Wajib
Pengabdian Masyarakat

Pusat Studi

Pusat Studi Kawasan Muria
Pusat Studi Kretek Indonesia

Pusat Studi Wanita/Gender
Pusat Studi Lingkungan
Pusat Studi Pemerintah Daerah
Pusat Studi Saint,Teknologi dan HAKI

Kemahasiswaan

Pena Kampus
KSR PMI
Menwa Gondho Wingit

Scan this QR Code!
Go to top